Jumat, 03 Januari 2020

Wisata Tebing Pelangi Tuban, Harga Tiket + Lokasi

Wisata Tebing Pelangi











Kota Tuban memiliki kontur alam yang sangat indah, meskipun terletak di utara pulau jawa. Tuban tidak memiliki pesisir pantai yang indah, Tuban juga memiliki pemandangan perbukitan yang tidak kalah menarik juga untuk kita kunjungi.

Perbukitan-perbukitan yang dikembangan pengelola daerah seperti area pertambangan, disulapnya menjadi tempat wisata ciamik yang sangat bagus. Salah satu tempat wisata itu adalah Tebing Pelangi. Tempat wisata yang memanfaatkan bekas galian tambang kemudian dibangun menjadi tempat instagramable dan menarik.

Tempat wisata ini memang baru saja dibangun dan diresmikan pada tahun 2018 lalu, namun antusias para pengunjung begitu luar biasa untuk mengunjungi tempat wisata ini. Ada yang merasa penasaran, ada pula yang sudah berulang kali mengunjungi tempat wisata Tebing Pelangi Tuban.

Tempat wisata Tebing Pelangi ini tak ayal seperti tempat-tempat wisata lainnya ya. Menyajikan beragam wahana seru untuk para pengunjung yang menikmati keindahan alam Kabupaten Tuban. Berbagai spot foto keren nan instagramable disajikan di Tebing Pelangi seperti Ayunan Cinta, Sepeda Trek, Rajutan Bunga Love, Gubuk Pengantin dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kalian yang penasaran yang tempat wisata Tebing Pelangi Tuban ini. Yuk, simak ulasan topwisata berikut.

Lokasi wisata Tebing Pelangi Tuban

Lokasi wisata Tebing Pelangi Tuban ini terletak di alamat Unnamed Road Krajan, Tuwiri Kulon, Kec. Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62355.

Tempat wisata Tebing Pelangi Tuban ini terletak kurang lebih 15 kilometer atau membutuhkan waktu tempu 30 menit dari pusat kota tuban. Untuk menuju ke tempat Tebing Pelangi, para pengunjung akan menemukan jalan yang belum beraspal kurang lebih 1 kilometer ya.

Meskipun belum beraspal namun masih layak kok untuk dilalui, karena jalannya sudah dipadatkan dan cukup aman untuk roda kendaraan kalian.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, kalian tidak akan kesulitan. Karena beberapa meter menuju tempat wisata sudah ada plang untuk menuju Tebing Pelangi Tuban. Jika kalian masih bingung dengan tujuan wisata tebing Pelangi Tuban, kami punya rute-rute jalur alternatif untuk sampai ke tempat wisata epic ini.

Jika topwisata tinggal didaerah selatan Tuban, bisa menggunakan Rute Air Terjun Nglirip, Sungai Kerawak, Desa Wisata Guwoterus dan Goa Putri asih. Disitu kalian masih terus berjalan ke arah utara kurang lebih 5 kilometer sampai ketemu dengan papan petunjuk wisata Tebing Pelangi Tuban.

Kemudian jika topwisata lovers memulai perjalan dari pusat kota Tuban, bisa menggunakan jalur patung Letda Sucipto menuju ke arah barat ada pertigaan belok kiri ada pertigaan lagi belok kanan lurus lagi kebarat menuju pasar Merakurak. Disitu kalian harus menembuh jarak sekitar 8 kilometer sampai ketemu dengan wisata Jati Wangi dan kawan wisata masih harus menempuh jarak kurang lebih 2 kilometer agar sampai di plang bertuliskan Wisata Tebing Pelangi.

Jika kalian masih bingung juga, nih topwisata bagikan petunjuk jalannya. Pakai GPS ya biar gak nyasar.


Harga tiket masuk dan Jam buka wisata Tebing Pelangi

Harga tiket masuk Tebing Pelangi ini terbilang sangat murah meriah ya topwisata lovers. Kalian hanya membayar sekali masuk sebesar Rp 15.000 sudah bisa menikmati semua wahana instagramable di Tebing Pelangi Tuban ini.

Jika kalian ingin berkelanjutan mengunjungi tempat wisata Tebing Pelangi ini, ada kartu membernya kok. Jadi kalau dihitung-hitung kalian cuma membayar Rp 10.000 per orang. Malah lebih murah sekali bukan.

Didalam tempat wisata Tebing Pelangi ini ada juga berbagai wahana seru lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan, wahana tersebut adalah Flying Fox dan Sepeda Layang ya. Masing-masing wahana ini dihargai Rp 20.000 saja per orang.

Untuk wahana seperti kolam renang mini di Tebing Pelangi ini gratis ya topwisata lovers, jadi kalian yang gemar berselfie bisa membujuk anak-anak untuk berendam dulu di waterpark mini tebing pelangi tuban.

Jadi kalau dirata-rata pengeluaran berwisata di Tebing Pelangi Tuban ada sebesar :

  • Tiket Masuk Rp 15.000
  • Tiket Masuk Member Rp 10.000
  • Wahana Sepeda Layang Rp 15.000
  • Wahana Flying Fox Rp 20.000
  • Atau Paket Terusan Wisata Tebing Pelangi Rp 40.000 ( Tiket Masuk, Wahana Sepeda Layang, Wahana Flying Fox)


Masih lumayan mahal dikit lah kalau menurut topwisata. Bermain dengan sepuasnya cuma mengeluarkan biaya Rp 50.000 saja per orang.

Kemudian jam buka wisata Tebing Pelangi Tuban ini mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya di tempat wisata Tebing Pelangi Tuban ini kurang lebih 2 jam ya. Jam kunjungan populer para wisatawan antara pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 pada hari minggu.

Jadi jika topwisata lovers ingin leluasa bermain di  Tebing Pelangi Tuban ini, sebaiknya hindari jam-jam padat pengunjung diatas.

Apa sih yang menarik dari Tebing Pelangi Tuban ini ?

Tebing Pelangi tuban ini adalah salah satu karya yang sangat luar biasa, terutama di daerah Kabupaten Tuban. Memadukan konsep bekas tambang yang terbengkalai bisa disulapnya menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi, bahkan sangat rekomended untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Beragam spot foto kekinian yang instagramable tersaji di Tebing Pelangi Tuban ini seperti Ayunan Cinta, Sepeda Trek, Rajutan Bunga Love, Gubuk Pengantin dan masih banyak lagi. Untuk mengabadikan momen-momen indah ini siapkan kamera terbaik kalian untuk memuatnya dalam bingkai foto.

Pastikan hasil jepretan kalian fokus / tidak blur, supaya hasil yang terekam semakin instagramable banget.

Selain berswafoto dengan fasiltias-fasilitas yang ada di Tebing Pelangi ini, kalian juga bisa mengabadikan momen dengan alam karena memiliki karakter tebing – tebing yang keren bekas tambang.

Selain fasilitas wisata yang lengkap, harga-harga untuk memborong oleh-oleh di tempat wisata Tebing Pelangi Tuban ini juga sangat terjangkau ya. Pedagang keliling yang jajakan oleh-oleh khas tuban seperti buah siwalan (ental), kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, aneka kerajinan juga ada, serta batik gedog bermotif khas yang berpusat di kecamatan  kerek dan masih banyak yang lainya bisa anda jadikan oleh-oleh untuk di bawa pulang di berikan kepada orang tersayang yang menunggu di rumah.

Terinsipirasi wisata Eropa

Menurut pantauan dari FaktualNews, tempat wisata Tebing Pelangi ini terinspirasi dari wisata yang ada di Eropa. Dimana disana terdapat alih fungsi dari bekas tambang yang terbengkalai menjadi tempat wisata yang instagramable.

Maka dari itu pemilik lokasi wisata Eny atau yang akrab disapa Cik Eny menuturkan, desain lokasi wisata itu terinspirasi dari sejumlah tempat wisata di Eropa dan harus bisa diterapkan di Kabupaten Tuban ini. Disamping menjadi tempat wisata baru yang ikonik, tempat wisata Tebing Pelangi ini juga diharapkan bisa mendongkrak kualitas hidup masyarakat sekitar tempat wisata.

“Ketika saya traveling ke Eropa dan Asia, saya sambil belajar. Kemudian menerapkannya disini,” tuturnya, kepada awak media.

Ia memastikan bahwa reklamasi bekas lahan tambang yang dijadikan wisata ini sudah aman. Bahkan Eny pun mendatangkan tim geografis dari Universitas Padayangan, Bandung untuk melakukan kajian kelayakan. Tim dari Universitas Padayangan akhirnya menyatakan jika bekas tambang kumbung aman karena tidak digunakan selama 8 tahun, sehingga makan batuannya mati.

Galeri Gambar Wisata Tebing Pelangi Tuban










Nah, bagaimana topwisata lovers ? Apakah Kalian tertarik untuk mengunjungi wisata instagramable di Tuban yaitu Tebing Pelangi ini di liburan akhir pekan kalian ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments