Lompat ke konten
Home » Video » Tiket Masuk Terjangkau dan Banyak Aktivitas Seru Bisa Dilakukan, Curug Cikaso Jadi Destinasi Wisata Menarik di Sukabumi

Tiket Masuk Terjangkau dan Banyak Aktivitas Seru Bisa Dilakukan, Curug Cikaso Jadi Destinasi Wisata Menarik di Sukabumi

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Curug Cikaso adalah salah satu air terjun paling indah yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Suasana di sekitar wisata ini sejuk dengan air yang jernih hijau kebiruan, dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Pesona keindahan air terjun ini sangat menawan, dan bahkan banyak pengunjung wisata yang mengatakan keindahannya mirip lukisan.

Beragam Aktivitas Wisata Seru di Curug Cikaso Sukabumi

Memasuki kawasan air terjun, para wisatawan akan merasa seperti masuk ke dalam taman indah. Pemandangan alami di sekitar air terjun membuat nuansa alam yang alami, subur, dan segar.

Ada banyak aktivitas yang seru bisa dilakukan para wisatawan di wisata ini. Berikut ini beberapa aktivitas seru tersebut:

● Trekking dan Naik Perahu

Curug Cikaso4
Curug Cikaso4

Untuk ke Curug Cikaso, para wisatawan perlu treking dahulu. Perjalanan dengan jalan kaki berjarak sekitar 1 km.

Para wisatawan akan menempuh perjalanan dengan menyusuri jalan setapak yang berbatu ditemani oleh pemandangan yang alami, sejuk, serta indah. Sebelum sampai air terjun, para wisatawan akan lewati persawahan, serta area hutan. Mendekati lokasi air terjun, para wisatawan akan mendengar suara air terjun berketinggian 80 m yang bergemuruh.

Pilihan lainnya, para wisatawan bisa memakai jalur sungai dengan sewa perahu yang harga sewanya Rp. 60.000, dengan kapasitas 10 orang per perahu. Selama di perjalanan, para wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan dan pesona kawasan hutan tropis dan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan megah.

● Susuri Sungai Cikaso

Curug Cikaso3
Curug Cikaso3

Aktivitas wisata yang seru lain adalah menyusuri Sungai Cikaso. Alam sekitar wisata terasa sejuk dan asri sebab dikelilingi pepohonan yang rimbun. Sungai Cikaso bertingkat dengan bebatuan yang banyak pada bagian tengahnya.

Aliran air sungai sangat jernih sehingga membuat dasar sungai mudah untuk terlihat. Sungai ini jadi tempat terbaik untuk dapatkan pemandangan wisata air terjun. Sebab di sini, Air Terjun akan tampak megah dan juga indah.

● Menikmati Keindahan Pesona Air Terjun

Curug Cikaso2
Curug Cikaso2

Air terjun Cikaso mempunyai tiga curahan air yang ketinggiannya mencapai 80 meter, serta lebar kurang lebih 100 meter. Suasana alam yang asri dan dinginnya udara membuat kawasan sekitar air terjun tampak begitu menakjubkan dan menawan. Suara deru gemuruh air menambah pesona dan kemegahan curug.

Baca Juga :  Padang Punya Surga Alam yang Tersembunyi, Air Terjun Lubuk Hitam Jadi Wisata Indah dan Unik dengan Harga Tiket Terjangkau

Ketiga terjunan di sini asalnya dari satu sungai yang alirannya terbelah oleh bebatuan tebing. Terjunan paling kiri adalah Curug Asepan, lalu yang di tengah Curug Meong , serta yang paling kanan merupakan Curug Aki. Di bawah ketiga air terjun, ada kolam warna hijau kebiru-biruan. Air di wisata ini bermuara sampai ke muara Tegal Buleud yang ada di bawah Curug Cikaso.

● Berburu Objek Fotografi dan Berfoto Selfie

Curug Cikaso1
Curug Cikaso1

Keindahan Curug Cikaso yang menawan dan mempesona sering dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto yang keren. Mulai dari wisatawan yang baru belajar fotografi sampai fotografer profesional.

Berdiri di atas bebatuan merupakan sudut paling favorit para wisatawan untuk berfoto. Apalagi ditambah latar belakang foto adalah dua aliran air terjun yang berasal dari Curug Asepan dan Curug Meong,

● Peringatan Keamanan serta Mitos Wisata Curug Cikaso

Di bawah air terjun ada kolam besar serta dalam. Sejumlah papan peringatan dipasang supaya wisatawan tak berenang di bawah air terjun karena dalam, sehingga dikhawatirkan bisa terjadi sesuatu tak diinginkan.

Di balik keindahan Curug Cikaso, air terjun ini pun menyimpan cerita mistis yang kemudian berkembang jadi mitos. Konon, Curug Aseupan merupakan lokasi bersemayamnya Nyi Blorong. Sedangkan, Curug Meong adalah tempat Eyang Santang, serta Curug Aki didiami oleh Prabu Siliwangi. Dikarenakan cerita mistis itu, para wisatawan harus hati-hati, apalagi dalam berucap dan juga bertindak.

● Bermain Air di Aliran Air Terjun

Curug Cikaso
Curug Cikaso

Para wisatawan yang ingin berenang bisa memakai aliran bawah sungai lebih dangkal. Aliran ini masih murni serta jernih yang membuat airnya memiliki warna hijau kebiruan. Sangat dilarang bermain air dan berenang tepat di bawah terjunan air sebab wisatawan bisa terhanyut atau tenggelam.

Bagi wisatawan yang ingin berbasah-basah ria dan juga bermain air bisa ke Curug Aki yang berada di sisi barat. Di dekat Curug Aki, para wisatawan bisa mandi dan juga berfoto ria di bawah terjunan air.

Akses ke Wisata Curug Cikaso

Akses jalan ke wisata Curug Cikaso cukup baik. Jalan menuju wisata ini sudah aspal hitam mulus yang dilengkapi marka jalan cukup jelas. Jalan meliuk-liuk dengan pemandangan hijau memberikan kesegaran dan kesejukkan tersendiri. Sekitar 100 meter jelang masuk area parkir, jalan sedikit menurun dan berbatu.

Baca Juga :  Keindahan Bentang Alam Ranu Manduro, Lokasi & Spot Foto

Air terjun ini jika dari pusat Kota Sukabumi berjarak sekitar 70 km atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Para wisatawan akan lintasi Jampang Kulon dan Surade, lalu tiba di Ujung Genteng. Letak air terjun berada persis sebelum masuk daerah Surade di kiri jalan.

Fasilitas Tersedia di Wisata Curug Cikaso

Para wisatawan disarankan untuk bawa baju ganti jika rencana main air di Curug Cikaso. Fasilitas umum seperti ruang ganti dan toilet sudah cukup memadai di area wisata ini. Diharapkan wisatawan membawa kantong sampah, sebab di kawasan ini masih minim tempat sampah.

Pada sekitar air terjun ada sejumlah warung yang jual makanan dan minuman hangat. Para wisatawan pun bisa beristirahat di sini. Sejumlah toko cendera mata pun ada di sekitar kawasan wisata air terjun, yang menjual souvenir khas tempat wisata seperti kaos serta pernak-pernik lainnya.

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Curug Cikaso 

  • Harga Tiket Masuk Wisata: Rp. 5.000/orang,
  • Biaya Naik Perahu Maksimal 10 orang: Rp. 65.000.
  • (Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola wisata).

Jam Buka Wisata Air Terjun Curug Cikaso

Wisata alam ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00. Disarankan datang saat pagi hari agar bisa merasakan kesejukkan kawasan sekitar air terjun.

Lokasi Curug Cikaso

Wisata air terjun ini berada di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat 43172. Jika dari pusat kota Sukabumi, waktu tempuhnya sekitar 3 jam berkendara.

Tips Berwisata ke Curug Cikaso

Sebelum berwisata, berikut ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan:

● Jangan lupa bawa kamera untuk mendokumentasikan dan abadikan keindahan dan pesona tiga titik air terjun Cikaso.

● Disarankan berwisata saat pagi hari agar sinar matahari terbit bisa terlihat jelas dari butir-butir air terjun dan cuaca tak terlalu panas.

Baca Juga :  Tempat wisata yang cocok dikunjungi saat musim hujan

● Jalan ke air terjun Cikaso cukup licin, ada baiknya memakai sepatu ataupun sandal jepit saja.

● Debit air terjun pun bisa dengan tiba-tiba bertambah sehingga tak disarankan berenang ketika musim hujan.

● Ketika akan sewa perahu atau sampan, ada baiknya Anda ikut rombongan supaya lebih mudah untuk ditawar dan harga tak terlalu mahal.

● Pastikan kelayakan kondisi kendaraan yang akan dipakai menuju ke wisata air terjun ini. Pasalnya banyak jalan berlubang, medan jalan berat,  tanjakan dan turunan yang curam, serta tikungan tajam.

● Pakailah jasa pemandu wisata supaya tak tersesat sebab lokasi curug yang masih sangat minim petunjuk jalan.

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata Curug cikaso yang dapat Anda kunjungi untuk tempat liburan dan sekaligus menikmati salah satu pesona keindahan alam Indonesia. Bermainlah keluar rumah sebentar dan kunjungi tempat-tempat wisata yang seru dan indah untuk melepas penat di kepala Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan