Lompat ke konten
Home » Video » Bisa Berenang dan Berkemah Seru di Curug Panjang

Bisa Berenang dan Berkemah Seru di Curug Panjang

Curug Panjang7 (1)

Curug Panjang

Tidak berlebihan jika menyebut daerah Bogor sebagai surga dari wisata air terjun. Berbagai macam air terjun indah yang tersembunyi di lereng-lereng gunung mengelilingi kota ini.

Di lereng barat Gunung Paseban ada air terjun yang menarik sekali, yakni Curug Panjang. Ada di tengah hutan air terjun satu ini tawarkan suasana yang sangat alami dan segar.

Dibandingkan dengan air terjun lain di daerah Bogor, air terjun ini mempunyai visual berbeda dan unik. Curug ini tak terlalu tinggi serta konturnya agak miring. Sehingga jika tampak sekilas mirip dengan seluncuran air di waterboom.

Di bawahnya ada kolam dengan air yang jernih dan sangat bersih. Air di sini berasal dari mata air Gunung Paseban.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Panjang

Curug Panjang1
Curug Panjang1

Untuk dapat memasuki kawasan wisata air terjun, wisatawan akan dikenai biaya retribusi. Harga tiket masuk wisata dapat dikatakan murah meriah. Satu tiketnya sudah termasuk pula akses masuk ke wisata Curug Naga yang ada di sebelah Curug Panjang. Sementara untuk akhir pekan serta hari libur lain ada perbedaan harga tiket masuk.

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp15.000
  • Tiket Camping Domestik/lokal Rp 50.000
  • Tiket Camping Wisatawan Mancanegara Rp 100.000

Harga tersebut dapat berubah kapanpun sesuai kebijakan pengelola.

Jam Operasional Wisata Curug Panjang

Wisatawan bisa berkunjung ke objek wisata ini kapan saja. Sebab obyek wisata Curug Panjang buka dari pagi hingga sore setiap harinya. Jam buka wisata setiap Hari 08.00 – 16.00.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru Bisa Dilakukan di Objek Wisata Curug Panjang

Jika biasanya, curug atau air terjun bentuknya seperti tebing vertikal, berbeda dengan Curug Panjang. Air terjun ini berada pada bebatuan miring yang memiliki aliran air deras. Itu membuat pesona dari air terjun satu ini mirip dengan peluncuran yang ada di Waterboom.

Baca Juga :  Alas Veenuz Trawas, Wisata Outdoor yang ramah keluarga

Sesuai dengan namanya, curug ini mempunyai aliran yang panjang sekali. Walaupun seperti peluncuran tapi wisatawan tak dapat meluncur sebab debit air yang deras sekali.

Aliran curug ini berasal dari mata air Gunung Paseban. Sepanjang aliran air membentuk empat curug, yakni Curug Panjang, Curug Bunder, Curug Naga, serta Curug Barong. Suasana di sekitar kawasan curug ini masih alami. Sebab areanya masih termasuk ke dalam kawasan hutan lindung. Objek wisata ini cocok dijadikan sebagai destinasi liburan untuk Anda yang suka dengan wisata petualangan.

  • Trekking untuk Menuju Curug Panjang
Curug Panjang5
Curug Panjang5

Wisatawan harus trekking dahulu untuk bisa sampai ke area curug. Setelah Anda parkir kendaraan dan bayar tiket masuk, perjalanan yang ditempuh akan melewati jalanan berbatu yang lebarnya sekitar 1 meter. Perjalanan tak begitu panjang sebab hanya butuhkan waktu kurang lebih 5 hingga 10 menit. Pemandangan yang indah akan temani Anda sepanjang jalur trekking.

Di kanan jalur suguhan pesona pemandangan lembah yang hijau begitu memanjakan mata. Pepohonan tinggi tumbuh di pinggir jalur membuat suasana sekitar terasa asri dan teduh. Berikutnya, di tengah perjalanan pun ada air terjun yang memiliki aliran air tak begitu deras.

  • Keindahan Alam Sekitar Wisata Curug Panjang
Curug Panjang2
Curug Panjang2

Tidak lama setelah trekking Anda akan menemukan aliran sungai yang di atasnya terdapat jembatan. Itulah tanda jika sudah dekat dengan Curug Panjang. Para wisatawan hanya tinggal melewat8 jembatan serta jalur menurun. Setelah itu, pesona keindahan air terjun akan langsung dapat Anda lihat. Suara aliran air yang mengalir deras terasa begitu segar.

Baca Juga :  Harga Tiket Masuk Wisata di Malang, Ada yang Rp3 Ribu? Ini Dia!

Para wisatawan bisa nikmati keindahan curug dengan duduk di pinggir sungai. Suasana sekitar sangat sejuk sebab dikelilingi oleh pohon-pohon besar. Tempat wisata ini cukup rapi dilengkapi bunga dan tanaman hias yang menambah keindahan mempesonanya. Jika Anda ingin menikmati curug secara lebih dekat, para wisatawan dapat duduk di batu-batu besar yang ada di area sungai.

  • Berenang dan Bermain Air
Curug Panjang
Curug Panjang

Rasanya ada yang kurang jika Anda berkunjung ke wisata air terjun tapi tidak berenang atau bermain air. Deru aliran air yang deras dan jernih seakan-akan menggoda untuk menceburkan diri ke air.

Tepat di bawah curug ada kolam yang ukurannya cukup besar. Para wisatawan bisa bermain air di sana. Kedalaman kolam bervariasi dan yang terdalam adalah di bagian tengah kolam. Namun tak perlu merasa khawatir sebab ada penyewaan pelampung.

Bagi Anda yang takut bermain air di aliran sungai, di area tersebut bisa tetap nikmati kesegaran air. Selain itu, sangat cocok pula untuk main air bagi anak-anak. Pastinya, objek wisata satu ini cocok untuk segala umur.

  • Camping atau Berkemah
Curug Panjang7 (1)
Curug Panjang7 (1)

Di sekitar curug pun memungkinkan sekali untuk mendirikan tenda camping atau berkemah. Di pinggir aliran sungai terdapat dataran luas untuk dirikan tenda. Para wisatawan bisa rasakan sensasi malam hari yang damai ditemani oleh deru aliran air terjun.

Jika Anda ingin camping atau berkemah, perlu diingat untuk membawa logistik yang cukup. Sebab fasilitas warung di sana hanya buka hingga sore.

Fasilitas Tersedia di Wisata Curug Panjang

Objek wisata curut ini sudah sediakan fasilitas memadai. Ada area parkir, kamar mandi dan toilet, mushola, gazebo sampai warung kuliner.

Baca Juga :  5 Tempat Menikmati Keindahan City Light of Bandung

Lokasi Wisata Curug Panjang

Objek wisata ini beralamat di Desa Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Bogor jaraknya sekitar 24 Km. Perjalanan yang dapat ditempuh dalam waktu selama sekitar 1 Jam 30 Menit. Akses ke lokasi wisata sudah sangat bagus dan bisa dilewati kendaraan motor maupun mobil.

Nah, demikianlah pembahasan singkat mengenai salah satu wisata air terjun di daerah Bogor yang jangan sampai Anda lewatkan untuk dikunjungi saat liburan. Semoga informasi ini membantu Anda yang sedang mencari referensi objek wisata bagus di Bogor. Selamat berlibur!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan