Skip to main content

Wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor, Harga Tiket dan Daya Tarik

Anaya Lariencia

Wisata Curug Leuwi Lieuk Di Bogor

Harga Tiket Dan Aneka Daya Tarik Wisata Curug leuwi Lieuk Di Bogor

Wisata curug leuwi lieuk ini dibuka pada pukul 6.00 pagi sampai pukul 17.30 sore. Untuk harga tiketnya sendir adalah Rp.10.000 /orang. Apabila anda mau berkunjung kesana lokasi curug leuwi lieuk berada di kampung cibeureum jl. Gunung Wangun kota bogor jawa barat. 

Tiket Masuk masuk dibayar oleh wisatawan tidak berbeda meskipun usia dewasa atau anak-anak. Tapi ada tambahan tiket masuk, wisatawan yang menggunakan kendaraan sendiri harus membayar biaya parkir.
Merupakan lokasi air terjun yang sering dijadikan tempat refreshing di kota Bogor yakni Curug Leuwi Lieuk. Air terjun di bogor disandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran sebab banyak dilihat karena pesonanya. Walaupun harus menaiki gunung serta lewat lembah, air terjun itu masih tetap menjadi lokasi yang disayangkan apabila dilewatkan.

Jam Buka Curug Leuwi Lieuk

Air terjun itu dibuka bagi masyarakat umum untuk setiap harinya. Anda diminta untuk datang ketika musim kemarau, kira-kira bulan April sampai Oktober. Jika sedang musim hujan, rute jalan akan susah ditempuh juga debit air disana bertambah. Arus air terjun serta sungainya dianggap berbahaya untuk pengunjung.

Curug Leuwi Lieuk merupakan tempat yang air terjunnya paling banyak di lokasi Sentul, Bogor. Kata "leuwi" adalah bahasa Sunda yang artinya lubuk. Lubuk merupakan sisi yang paling dalam di sungai tersebut.
Air terjun itu letaknya berada di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Bogor. Rute agar dapat sampai ke tempat tersebut tidak dapat dibilang mudah. Pada saat musim hujan seperti ini, jalan yang mesti dilewati wisatawan akan basah juga berlumpur, ini akan membuat sulit saat dilewati. Namun, rasa capek saat nanti anda tiba, itu akan langsung terobati saat anda sudah sampai di tempat itu juga melihat indahnya panorama air terjun.

Kembaran 'Green Canyon' Pangandaran

Sungai yang jadi sumber mata aliran air Curug Leuwi Lieuk dijepit oleh tebing batu yang tinggi. Tebing yang memiliki warna hitam tersebut tingginya hingga 10 meter lebih. Macam-macam vegetasi liar turut mempercantik pemandangan pada sekeliling curug ini.

Letak air terjun yang terjepit tebing tersebut dijadikan keunggulan di curug leuwi lieuk. Tebing yang tinggi menjadi air terjun terlihat misterius dan eksotis karena diapit diantaranya. Sekilas, anda akan menemukan sedikit kesamaan dengan Green Canyon yang lokasinya itu ada di Pangandaran, Tempat wisata alam seperti sungai yang dijepit pada dinding batu yang tinggi juga hutan yang mengitarinya.
Perbedaan air Curug Leuwi Lieuk adalah airnya lebih jernih juga warnanya biru kehijauan. Dimana memiliki kedalaman sampai 4 meter, disana pengunjung dapat berenang atau mungkin hanya sekadar bermain air saja. Perpaduan antara air berwarna  biru dan tebing batu warna hitam jelas kontras juga memanjakan mata anda.

Cliff Jumping

Di bagian telaga yang ada di Curug Leuwi Lieuk dikelilingi dinding batu yang tinggi. Tingginya hingga melebihi 7 meter. Tebing tersebut sering dipakai sebagai cliff jumping dengan istilah lompat melalui tebing ke air oleh pengunjung yang suka tantangan.

Wisatawan dapat memilih tinggi batu yang dia inginkan untuk tempat melompat. Tingginya bermacam-macam dari 3 meter, 5 meter, bahkan 6-7 meter. Melompat melalui tebing kemudian mendarat di telaga di air yang segar pada alam terbuka pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak dilupakan.

Curug Leuwi Hejo

Apabila masih belum puas berwisata di Curug Leuwi Lieuk, masyarakat dapat pindah ke curug yang ada di dekat sana dan tidak jauh dari air terjun curug leuwi lieuk. Curug ini memiliki nama Leuwi Hejo yang jaraknya kira-kira 20 menit dengan berjalan dari Curug Leuwi Lieuk. Jalan naik dengan menggunakan anak tangga yang cukup banyak. Apabila mau datang kesana, anda harus memperhatikan kesiapan fisik sebab jalannya akan terus naik.
Kata "hejo" ini dari bahasa Sunda yang artinya 'hijau'. Sesuai dengan nama, di telaga tersebut airnya memantulkan warna hijau yang mempesona. Warna yang ada bukan menandakan kotor dan berlumut. Wisatawan dapat melihat ke dalam sungai melalui atas sebab airnya jernih dan bersih.

Curug Leuwi Hejo dapat dibilang air terjun kecil juga air terjunnya rendah. Tempatnya dikelilingi batu serta tanaman liar. Telaga disini tidak dalam, jadi dapat menjadi lokasi santai jika hanya sekadar menyelam, berenang juga bermain air.

Fasilitas Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet dan ruang bilas, serta mushola. Terdapat banyak warung dan kios yang menjajakan makanan di sini. Jika membawa bekal, jangan sampai meninggalkan sampah agar kebersihan lokasi wisata ini tetap terjaga.

Rute Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk posisinya ada di tengah bukit kawasan Sentul. Jika mau mencapai tempat tersebut, anda harus lewat rute yang menanjak atau turunan dengan akses jalan yang meliuk-liuk. Keadaan jalan tidak begitu bagus, namun disarankan bagi anda yang memakai kendaraan diharapkan pada keadaan sehat.

Tempat Curug Leuwi Lieuk

Wisata air terjun itu berada di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Kabupaten Bogor. Masyarakat harus jalan kira-kira 30 menit untuk ke tempat parkir menuju curug. Rutenya banyak yakni tanah merah juga naikkan maka diharapkan agar kondisi tubuh dipersiapkan supaya tidak kelelahan.

Sumber referensi: travelspromo.com


Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar