Wisata Danau Sentani, Keindahan Indonesia di Ujung Timur

Liburan Danau Sentani Di Papua

Danau sentani adalah sebuah danau dengan tinggi 75 mdpl yang panjang sekitar 30 km serta mempunyai 22 pulau yang ada di setiap danau. Keindahan danau memiliki pesona dan memandang hamparan luas dimana keindahannya meneduhkan hati. Sudah pasti wisata ditempat ini akan memberikan keseruan bagi pengunjungnya.

Disana anda dapat memancing, menaiki perahu, berenang di sebuah danau yang akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan sehingga anda tidak bosan. Air yang berada di tempat ini asalnya dari air hujan dan 32 sumber mata air yang ada di pegunungan dimana airnya selalu mengalir.
Akan tetapi sekarang 13 mata air yang mengalir dan kini sudah mengering akibat penebangan dan pembukaan lahan. 

Makna Dari Danau Sentani

Dari pribahasa apa arti nama? Kadang-kadang nama merupakan harapan, doa bahkan cita-cita. Sama juga dengan nama sebuah danau. Dimana memiliki harapan yang tinggi dengan memberikan nama yang memiliki makna. Untuk penduduk papua sentani memiliki arti "disini kami tinggal dengan damai". Nama tersebut pada danau cantik ini disematkan oleh pendeta kristen BL bin. Danau tersebut memiliki cita-cita besar serta memiliki harapan agar membawa kedamaian.

Wisata Yang Asik Di Danau Sentani
Tempat wisata ini akan memberikan anda liburan seru dimana anda mengunjungi danau yang khas dan unik. Untuk lengkapnya anda dapat lihat penjelasan dibawah ini 

Akses Ke Danau Sentani

Danau sentani masuk pada wilayah kota jayapura di Papua. Yakni dimana dari Bandara sentani di jayapura, bisa menggunakan angkutan umum ke arah abepura dengan waktu kira-kira 20 menit. Sekarang maskapai sudah melayani jalur ke danau sentani contohnya adalah lion air, merpati, sriwijaya, garuda. Bandara sentani memiliki jarak ke danau sentani. Anda dapat menempuh jarak sekitar 10 Menit saja. Anda bisa naik kendaraan umum dengan menyewa mobil jika ingin liburan ke danau sentani.

Untuk Akomodasinya

jika sudah sampai di danau sentani anda dapat menyewa perahu yang ada disana. Disana anda dapat mengelilingi danau. Pulau disana yang menjadi salah satu yang terkenal adalah pulau ayapo yaitu pulau yang memiliki masyarakat pengrajinnya. Dimana masyarakat pengrajin disana dapat melukis pakaian serta melakukan banyak hal yang menarik.

Jika anda mau lama berada di danau, anda dapat memilih penginapan yang ada disekitar danau tersebut dimana penginapan itu dilengkapi dengan banyak fasilitas. Meskipun penginapan itu dikatakan hotel melati. Untuk menunjang fasilitas bagi wisatawan, di sana anda dapat menemukan bank, juga transportasi bisa dibilang cukup memadai di sekeliling danau sentani.

Kegiatan Di Danau Sentani

Untuk anda yang mau berkeliling, dan melihat banyak jenis ikan anda bisa melakukan kegiatan snorkeling. Ditempat tersebut wisatawannya banyak yang datang untuk snorkeling karena untuk keamanannya dijamin. Banyak pengalaman dibawah lautan dan memberikan keseruan bagi anda.

Selain bermain snorkeling, anda juga dapat bermain yang lainnya yaitu seperti mancing, lalu bermain ski air, dan juga berenang. Jika anda telah bermain semua hiburan yang ada di danau, disana anda dapat bersantai sambil makan mengisi perut yang kosong dan lapar dengan menu udang serta ikan air tawar yang enak rasanya.

Jika bermain ke tempat itu, anda akan menemukan rumah makan yang menyediakan masakan ikan gabus yang diolah menjadi bumbu asam manis. Sambil merasakan indahnya danau sentani yang luar biasa bagus.

Menaiki Perahu Untuk Menyusuri Danau

Setiap danau pasti akan menyediakan tempat untuk naik perahu karena merupakan salah satu aktivitas yang selalu dilakukan banyak pengunjung yang berlibur. Anda bisa berjalan keliling danau dengan memakai perahu dengan penduduk lokal yang disediakan untuk wisatawan.

Apabila disana anda jangan lupa untuk singgah di satu pulau yang ada danaunya. Pemandunya akan mengajak anda untuk beristirahat di pulau asei yang paling dekat. Sambil berputar-putar danau, disana anda akan merasakan udara yang segar ditambah pemandangan dimana penduduknya tinggal diatas air karena rumahnya dibangun diatas air.

Pada saat tiba di pulau asei, anda akan langsung melihat banyak masyarakat yang berdagang dengan gelaran barang yang dijual adalah lukisan dan kerajinan kulit kayu. Lukisan yang dijual harganya sekitar Rp. 75.000 namun anda bisa menawarnya. Lukisan yang dijual biasanya bergambar honai, burung cendrawasih, atau ornamen ciri khas papua.

Yang lebih kreatifnya lagi, lukisan tersebut dibuat dengan kerjasama, dimana lukisan tersebut dibuat para pria nya dan di warna oleh para mama. Mereka menggunakan pewarna yang masih alami seperti warna kuning dari kunyit kemudian warna putihnya memakai kapur, dan warna merahnya memakai tanah.

Mengambil Foto Di Danau Sentani

Danau sentani memiliki tempat wisata gunung dimana background tersebut dapat dijadikan tempat untuk berselfie. Selain itu pengunjung juga dapat melihat bukit yang bagus dari kejauhan ketika diatas pesawat atau anda naik ke tugu Macarthur. Tempat tersebut ada di gunung cyclop komplek rindam jaya kodam 8 trikora di markas TNI.

Oleh Oleh Yang Dapat Dibeli

Anda dapat membeli oleh-oleh di Pulau Asei seperti kain kulit dari kayu, lukisan seorang seniman yang indah, dan souvenir yang indah. Sebagai contoh motif nya buaya, danau sentani. Demikianlah info yang bisa kami berikan mengenai wisata di danau sentani.

Sumber referensi : tempatwisataseru.com
Danau Sentani, Keindahan Indonesia di Ujung Timur
Langganan Surel
Langganan