Lompat ke konten
Home » Video » Wisata Gunung Bongkok Jangan Sampai di Skip Jika ke Purwakarta

Wisata Gunung Bongkok Jangan Sampai di Skip Jika ke Purwakarta

Wisata Gunung Bongkok (1)

Wisata Gunung Bongkok

Gunung Bongkok Purwakarta merupakan salah satu wisata di Purwakarta terbaru yang tawarkan atraksi wisata pendakian, pemandangan alam perbukitan hijau, serta kolam renang di lerengnya.

Wisata alam ini sangat menarik dan juga direkomendasikan khususnya untuk para wisatawan yang suka kegiatan outdoor menantang. Lalu, ada fasilitas dan atraksi wisata apa saja yang tersedia? Mari simak informasi lebih lengkapnya berikut ini.

Sekilas Mengenai Gunung Bongkok

Wisata Gunung Bongkok
Wisata Gunung Bongkok

Wisata gunung ini sangat terkenal dengan keindahan dan kemolekan panorama alamnya. Di wisata ini, para wisatawan bisa menyaksikan deretan bukit serta gunung batu cantik yang diselimuti tumbuhan hijau.

Sejarah Gunung Bongkok pun tidak kalah menarik. Konon ini berkaitan dengan asal usul penamaan gunung sendiri. Berdasarkan cerita legenda, ada sosok bernama Jongkrang Kalapitung yang mempunyai kekuatan supernatural.

Tubuhnya besar dan punya kemampuan melompat dari satu gunung ke gunung yang lain, termasuk Gunung Parang serta beberapa gunung lain. Pada awalnya, gunung ini tidak mempunyai bentuk seperti sekarang. Namun, karena ukuran tubuh Jongkrang Kalapitung yang besar sekali, saat kakinya menginjak gunung ini, gunung menjadi bongkok. Oleh karena itu, gunung ini dinamakan dengan nama Gunung Bongkok.

Alamat Lokasi Gunung Bongkok

Alamat Gunung Bongkok Purwakarta berlokasi di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jabar. Wisata ini bisa ditempuh melalui jalur Cikampek-Padalarang selama sekitar 1 jam 9 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka Wisata Gunung Bongkok

Seperti wisata gunung umumnya, jam buka wisata Gunung Bongkok ini selama 24 jam penuh, kecuali beberapa objek wisata yang terdapat di kaki gunung.

Rata-rata wisata serta fasilitas pendukung beroperasi dari pagi hari sampai sore hari saja. Jadi, para wisatawan yang punya rencana untuk dirikan camp atau tenda untuk bermalam, pastikan sudah bawa bekal cukup. Pasalnya, beberapa tempat wisata kuliner Purwakarta hanya beroperasi sampai sore hari saja. Ketika malam, warung-warung akan tutup.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bongkok

Wisata Gunung Bongkok1
Wisata Gunung Bongkok1

Tiket masuk wisata Gunung Bongkok Purwakarta murah meriah, tapi belum termasuk biaya parkir kendaraan serta biaya yang lainnya.

Jika ada wisatawan yang ingin berkemah tapi tidak membawa tenda serta perlengkapannya, di sini pun terdapat pusat persewaan tenda dengan tarif yang cukup terjangkau. Berikut ini informasi semua biaya yang dibutuhkan:

Baca Juga :  Keindahan Salju di Gunung Bromo

Harga tiket masuk untuk nikmati sunrise di puncak Gunung Bongkok adalah sebesar Rp 12.000 per orang. Sementara, biaya parkir motor sebesar Rp 5.000 dan parkir mobil dikenakan Rp 10.000. Lalu, tarif untuk berkemah atau camping sebesar Rp 10.000 per malam.

Pastinya Anda membutuhkan budget lebih besar lagi jika ingin juga berbelanja souvenir ataupun oleh-oleh khas Purwakarta. Beragam pilihan produk banyak sekali dan Anda bisa membelinya dengan harga lebih murah tapi tetap berkualitas.

Beberapa Daya Tarik Wisata Gunung Bongkok

Wisata Gunung Bongkok2
Wisata Gunung Bongkok2

Daya tarik yang disajikan tempat wisata alam ini cukup beragam dan tidak main-main. Terdapat spot yang paling menarik berada di atas puncak gunung, yakni Puncak Watu Tumpuk. Kemudian, ada pula kegiatan berkemah (camping) serta berburu sunrise. Lalu, daya tarik yang lainnya adalah cliff climbing, jungle trekking, serta berenang di kolam renang lereng gunung.

Berikut penjelasan dan gambaran lebih detail berbagai daya tarik Gunung Bongkok.

● Puncak Watu Tumpuk

Daya tarik utama dari wisata Gunung Bongkok adalah Watu Tumpuk atau Batu Tumpuk. Spot ini berada di puncak gunung, dan di sini Anda bisa melihat secara jelas seluruh Kota Purwakarta serta gunung-gunung di sekitarnya, seperti Gunung Lembu dan Gunung Parang yang tampak gagah serta indah dari atas puncak ini. Walaupun berupa tumpukan batu, spot ini cukup aman dan nyaman untuk duduk dan juga beristirahat.

Banyak wisatawan yang tidak sia-siakan kesempatan untuk mengabadikan keberadaan mereka di Puncak Watu Tumpuk melalui video atau foto. Apalagi saat fajar tiba, pemandangan yang dilihat sungguh sempurna.

● Camping

Di wisata gunung ini, ada area khusus untuk berkemah atau camping. Tempatnya berada setelah Pos II sebelum capai spot Watu Tumpuk. Area berkemah ini biasanya jauh lebih ramai ketika akhir pekan tiba.

Banyak campers, apalagi yang berasal dari luar kota, datang ke gunung ini dan ingin mencoba trek pendakian. Walaupun trek atau jalur pendakian masih terbilang lumayan sulit, tapi rata-rata pendaki menyukainya.

Baca Juga :  Wisata gurun pasir Bintan mirip Gurun Sahara

Apalagi ada panorama matahari terbenam atau sunset yang siap untuk menyambut para pendaki. Pastinya, para pendaki di sini akan semakin tertarik untuk berkemah di camping area Gunung Bongkok.

Namun, satu hal perlu Anda ingat, bawalah perbekalan cukup sebab pada sekitar camping ground tak ada fasilitas warung. Jadi, sangat mungkin Anda akan sulit untuk menemukan kuliner yang enak seperti makanan khas Purwakarta.

● Sunrise

Anda jangan sampai salah, sunrise di kawasan puncak Gunung Bongkok merupakan pemandangan sunrise yang terbaik di Purwakarta.Sebab, Kabupaten Purwakarta tak punya pantai, sehingga spot inilah menjadi spot satu-satunya untuk melihat pemandangan sunrise terbaik.

Anda harus abadikan setiap momen sunrise di hadapan Anda dengan menggunakan kamera yang terbaik. Pastikan Anda memotret serta merekam dengan angle tepat serta pengaturan pencahayaan juga tepat.

● Jungle Trekking

Liburan ke Gunung Bongkok jika tanpa mencoba jungle trekking akan kurang lengkap rasanya. Oleh sebab itu, Anda boleh sesekali mencoba jalur ataupun trek pendakian lewat kegiatan wisata pendakian.

Kabarnya, Gunung Bongkok merupakan salah satu gunung cukup bersahabat dengan para pendaki pemula. Jadi, untuk Anda baru pertama kalinya mendaki, rasanya mungkin akan aman. Namun dengan catatan wajib dalam kondisi fisik prima dan fit. Terlebih didukung dengan perlengkapan pendakian memadai. Khususnya urusan logistik yang tidak boleh sampai diabaikan.

Bawa perbekalan ringan seperti snack serta air mineral. Snack tersedia di sini pun beragam. Ada berupa oleh-oleh khas Purwakarta yang memiliki bermanfaat bagi stamina tubuh, seperti manisan buah pala yang dapat menghangatkan.

● Cliff Climbing

Ada satu lagi daya tarik unik yang jarang ada pada gunung lain, yakni Cliff Climbing. Cliff Climbing merupakan kegiatan panjat tebing batu memakai bantuan seutas tali.

Kegiatan satu ini cukup berbahaya serta hanya boleh dipraktekkan oleh profesional. Anda dan para pemula lain boleh menjajalnya tapi wajib mendapatkan pengawasan trainer profesional.

Pastinya pula dengan perlengkapan sangat memadai, terlebih kostum serta penunjangnya. Bagaimana? Anda tertarik memanjat salah satu tebing tinggi?

Fasilitas di Gunung Bongkok

Wisata Gunung Bongkok3
Wisata Gunung Bongkok3

Begitu tiba di wisata Gunung Bongkok, Anda akan dapati beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan secara gratis maupun berbayar. Sejumlah fasilitas tersebut, seperti:

Baca Juga :  Patung GWK Ikonik NuArt Sculpture Park

● area parkir kendaraan

● arena cliff climbing

● mushola

● toilet

● gazebo

● kantin

● kolam renang

● layanan tour guide

Jika sudah tidak sabar untuk camping, cliff climbing, jungle trekking, atau sekedar ingin ke kawasan Puncak Watu Tumpuk, sebaiknya Anda rencanakan liburan ke tempat ini dengan baik dari sekarang.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Bongkok

Akses menuju ke destinasi ini dapat dikatakan cukup mudah dan bisa dilalui dengan motor serta mobil hingga ke lokasi parkiran area wisata.

Dari arah pusat Purwakarta, Anda dapat menuju langsing ke daerah Plered, dan dari sini Anda bisa langsung saja meneruskan ke arah Desa Cikandang. Nantinya, Anda bisa dengan mudah temukan Pos Munclu.

Di pos ini, para wisatawan bisa dapat memilih opsi keluar pintu tol Ciganea, lalu ambil jalur kanan, sebab jalur ke kiri adalah rute ke Taman Air Mancur Sri Baduga.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info