Lompat ke konten
Home » Video » Spot Seru Didukung Fasilitas Memadai, Patut Mampir Liburan di Danau Gunung Tujuh

Spot Seru Didukung Fasilitas Memadai, Patut Mampir Liburan di Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh (1)

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang menawan berlokasi di Kabupaten Kerinci. Danau satu ini tercatat sebagai danau paling tinggi di Asia Tenggara serta terbesar setelah Danau Toba. Danau ini menawarkan berbagai keindahan panorama alam yang mempesona, dan hawa sejuk khas daerah dataran tinggi.

Hamparan keindahan alam Kerinci menawarkan banyak pesona. Wilayah dataran tinggi ini seperti menjadi surga yang para pecinta alam buru.

Hamparan alam indah Kerinci menawarkan beribu keindahan. Daerah dataran tinggi ini seperti menjadi surga, yang paling diburu oleh pecinta alam. Deretan bukit, gunung, dan air terjun dengan segala pesona mampu untuk menyihir tiap mata yang melihat. Kerinci pun punya sejumlah danau yang menawan wajib untuk wisatawan singgahi, salah satunya yakni Danau Gunung Tujuh.

Air yang jernih, dan tujuh gunung mengelilingi danau ciptakan panorama menawan. Kondisi alam yang terjaga, dengan hawa yang sejuk pun menambahkan daya tarik wisata danau ini.

Tempat wisata di Kerinci ini pun jadi salah satu spot populer dan favorit untuk berkemah. Bagi para wisatawan yang punya hobi berpetualang dan menikmati pesona keindahan alam liar, danau ini dapat menjadi tujuan wisata menarik.

Secara geografis, Danau Gunung Tujuh berada di Desa Pelompek, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci, Jambi. Berjarak sekitar 54 km dari Kota Sungai Penuh, untuk ke lokasi danau ini para wisatawan setidaknya harus menempuh perjalanan selama satu jam. Para pengunjung dapat memakai angkutan umum, atau juga kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Sampai di Desa Pelompek, perjalanan akan dimulai dari pos pendakian Gunung Tujuh. Para pengunjung pun harus bayar biaya retribusi, dan mengisi identitas diri sebelum mulai pendakian. Perjalanan ke danau pun dimulai dengan trekking selama sekitar 3 jam. Terdapat dua jalur pendakian yang dapat dipakai para wisatawan. Namun, di jalur ini lebih dipilih sebab medannya yang tak begitu berat, walaupun membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama.

Pesona Keindahan Danau Gunung Tujuh

Petualangan dimulai, dari pos pendakian para wisatawan harus trekking melalui jalur menanjak dengan kondisi jalan tanah yang berbatu. Selama perjalanan, para wisatawan akan lewati perbukitan dan hamparan ladang milik masyarakat sekitar. Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang lebat pun harus ditaklukan untuk dapat menikmati keindahan pesona danau ini.

Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik yang terbentuk karena aktivitas gunung merapi ratusan ribu tahun lalu. Letusan gunung berapi ciptakan lubang kawah yang besar, yang mana lama kelamaan terisi oleh air hujan dan pada akhirnya terbentuk danau yang cantik dan menawan. Tercatat danau ini pun masih termasuk ke kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang dilindungi.

Baca Juga :  Hutan Pinus Mangunan, Suasana Asri Pinggiran Kota

Terletak di ketinggian sekitar 1.950 mdpl, danau ini tercatat sebagai danau yang paling tinggi di Asia Tenggara. Danau ini punya luas kurang lebih 12.000 hektar, dan kedalaman hingga 40 meter. Selain menawarkan panorama alam yang memukau, air danau ini pun mengaliri sebagian besar sawah dan ladang di Kabupaten Kerinci.

Air danau ini sangat jernih, dan sudah sempat dilakukan penelitian bahwa air adalah air baku terbaik di Asia Tenggara. Air danau ini pun dimanfaatkan menjadi sumber PDAM Kabupaten Kerinci. Diketahui pula Danau Gunung Tujuh mengaliri berbagai sungai besar di Kerinci, salah satunya yakni sungai Air Terjun Telun Berasap.

Sesuai dengan namanya, wisata Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh deretan pegunungan berjumlah tujuh. Gunung-gunung tersebut, yakni Gunung Tujuh, Gunung Hulu Tebo, Gunung Lumut, Gunung Jar Panggang, Gunung Selasih, Gunung Madura Besi, dan Gunung Hulu Sangir. Deretan gunung ini pun jadi sumber air danau sehingga danau tak akan kekeringan.

Tak hanya indah dan mempesona, danau ini pun dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai danau keramat. Ada sebuah mitos bawah danau jadi tempat tinggal sepasang naga gaib. Tak hanya itu, ada juga kisah hidup manusia kerdil setinggi 50 cm di sekitaran danau. Cerita ini sudah ada turun temurun, bahkan pernah ada penelitian didanai organisasi World Wild Fund.

Konon manusia kerdil tersebut mampu untuk menghilang secepat kilat, dan sejumlah orang mengatakan sudah pernah melihatnya. Sesepuh desa sekitar juga percaya di Danau Gunung Tujuh ini sudah tinggal dua makhluk tak kasat mata, Lbei Sakti dan Sri Menanti. Kedua makhluk tersebut dipercaya punya pasukan gaib yang berwujud harimau.

Terlepas kisah misterinya, keindahan alam danau ini memang sangat menawan. Jernih dan dingin air, serta hamparan pasir pada tepi danau membuat para wisatawan seperti berada di tepi laut. Panorama pun kian sempurna dengan deretan pegunungan, dan pepohonan hijau yang mengelilingi danau.

Fasilitas Wisata Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh

Lokasi objek wisata ini berada cukup jauh dari pemukiman warga, membuat fasilitas yang dapat ditemukan cukup terbatas. Para pengunjung tak akan temukan fasilitas seperti mushola atau toilet. Jika para wisatawan datang dengan kendaraan pribadi, maka dapat menitipkan kendaraan di dekat pos pendakian Gunung Tujuh.

Baca Juga :  Berburu keindahan HeHa Sky View Gunungkidul

Para wisatawan disarankan untuk bawa perbekalan logistik selama pendakian ke danau. Sebab pada sekitar danau tak akan ditemukan pedagang ataupun warung yang jual makanan. Di sekitaran danau juga tak ada penginapan ataupun hotel yang akan dijumpai, tapi di Desa Pelompek serta Desa Lempur ada homestay yang dapat dipakai para wisatawan untuk menginap.

Berpetualang di alam dan juga berkunjung ke wisata Danau Gunung Tujuh akan berikan pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Berikut ini sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di danau:

  • Menikmati Pesona Keindahan Danau
Danau Gunung Tujuh3
Danau Gunung Tujuh3

Panorama keindahan yang ditawarkan oleh wisata Danau Gunung Tujuh memang sangat memukau dengan deretan tujuh gunung yang ada di sekelilingnya. Anda dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling serta menelusuri tiap sudut danau memakai sampan yang biasa dipakai oleh nelayan setempat untuk menangkap ikan. Hawa yang sejuk di sekitaran danau juga akan buat Anda merasa enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Selain itu, hamparan pasir dan bebatuan besar di tepi danau pun menambah kecantikannya. Anda pun bisa mandi di air danau yang segar dan jernih. Air danau sangat dingin sebab lokasinya di dataran tinggi. Alam yang terjaga dan lestari adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin melepas stres dan penat, serta melupakan keramaian kota sejenak.

  • Hunting Foto
Danau Gunung Tujuh2
Danau Gunung Tujuh2

Bagi penggemar fotografi, wisata danau ini pun dapat menjadi tujuan untuk hunting foto menarik. Ada cukup banyak panorama keindahan alam yang dapat diabadikan dengan kamera di sini. Anda bisa mencari berbagai spot memotret yang terbaik untuk dapatkan hasil foto diinginkan. Di sini hobi fotografi Anda akan terpuaskan dengan berbagai macam objek yang menawan untuk dibidik dengan kamera.

Para wisatawan biasanya pun tidak lupa abadikan momen ketika berkunjung ke wisata danau ini dengan berfoto. Anda bisa memanfaatkan panorama alam sekitar sebagai latar belakang berfoto, seperti hamparan danau yang luas, batu-batu besar di tepi danau, dan masih banyak lainnya. Jika Anda punya drone, Anda pun dapat mengambil gambar dari ketinggian untuk dapatkan gambar yang lebih cantik dan menarik.

  • Camping atau Berkemah
Danau Gunung Tujuh1
Danau Gunung Tujuh1

Tepat di tepi Danau Gunung Tujuh, banyak pengunjung wisata yang sering mendirikan tenda serta bermalam di sekitaran danau. Jika Anda pecinta alam dan punya hobi menikmati keindahan malam hari di alam, Anda pun dapat merasakan sensasi berkemah atau camping di danau ini. Di waktu tertentu, danau ini akan dipadati oleh wisatawan yang juga melakukan kegiatan kemah.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Lembah Anai

Pastinya dengan berkemah di sekitaran danau, Anda dapat menikmati keindahan danau pada malam hari. Selain itu, Anda pun akan dapatkan pengalaman menarik yang mungkin saja tak akan Anda dapatkan untuk yang kedua kalinya. Saat malam, Anda dapat membakar kayu kering serta membuat api unggun untuk hangatkan tubuh dari udara dingin.

Tips Wisata di Danau Gunung Tujuh

  • Sebelum memulai pendakian, ada baiknya Anda memastikan cuaca sedang cerah.
  • Sebaiknya pakai jalur yang melalui pos pendakian Gunung Tujuh, karena medan lebih mudah untuk dilalui.
  • Bawa secukupnya perbekalan logistik, untuk keperluan di wisata danau ini.
  • Jangan bawa barang terlalu banyak, sebab bisa beratkan perjalanan Anda.
  • Jika Anda belum pernah mendaki, ada baiknya ajak teman yang tahu jalan menuju ke danau.
  • Jaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dan jangan merusak lingkungan sekitar selama perjalanan maupun saat Anda sudah berada di danau. Lalu, bawa kembali sampah-sampah makanan yang dibawa.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan