Home » Jelajah Wisata Di Kota Alen – Alen Trenggalek Jawa Timur

Jelajah Wisata Di Kota Alen – Alen Trenggalek Jawa Timur

Jelajah Wisata Di Kota Alen – Alen

Kota yang berada di barat daya Jawa Timur ini memiliki potensi wisata alam yang tak kalah menariknya dengan kota ataupun kabupaten lainnya di Jawa Timur. 

Hampir 2/3 dari total luas wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan bagian selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Karena letak geografisnya yang sangat strategis membuat Trenggalek patut untuk dikunjungi. 
Bukan cuman pantainya yang eksotis, masih banyak destinasi  wisata lainnya yang tak kalah menariknya dan sayang kalau dilewatkan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Trenggalek yang patut untuk dikunjungi

1. Destinasi Pantai dan Hutan Mangrove


Kecamatan Watulimo dan kecamatan panggul dari Kabupaten Trenggalek ini terkenal karena potensi wisata alamnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Kedua kecamatan tersebut memiliki pantai – pantai dengan view yang oke. Pantai – pantai yang berada di kecamatan tersebut antara lain Pantai Damas, Pantai Konang, Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, 
Pantai Pelang dan Pantai Taman Kili – kili. Pantai – pantai tersebut berada dalam 1 garis pantai dan letaknya saling bersebelahan. Ombak di pantai tersebut tidak terlalu besar seperti ombak pantai selatan yang lainnya sehingga pengunjung bisa bermain di bibir pantai tersebut.


Menikmati keindahan pantai yang udaranya segar sambil berenang di ombak yang relatif tenang merupakan hal yang menyenangkan bukan ? 

Di pantai tersebut selain bermain air pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti memancing dan bermain voli pantai. Di sekitaran pantai juga banyak fasilitas persewaan perahu untuk memuaskan hasrat para pengunjung pantai yang ingin berlayar menjelajahi pantai.
Oh iya selain pantai ada juga Hutan Mangrove Cengkerong yang masih berada di kecamatan watulimo yang menyuguhkan keindahan wisata alam dan wisata edukasi dengan ekosistem hutan bakau yang asri. 
Jenis tanaman bakau yang ada di mangrove ini sungguhlah beragam. Selain memiliki fungsi estetika, tanaman ini menjaga lingkungan dari abrasi. Terdapat jembatan – jembatan kayu yang dibangun di antara pohon bakau, mengunjungi bisa menyusuri jembatan tersebut sambil mengeksplorasi tanaman bakau yang ada di sana. 
Tersedia juga persewaan perahu dan tentunya gazebo atau rumah gubuk yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda yang banyak dijual oleh pedagang yang merupakan penduduk asli kecamatan tersebut.
 

Baca Juga :  Indahnya bunga Sakura di Sumba Timur

2. Perbukitan dengan landscape terepic !


Suka hiking dan fotografi ? bisa kalian coba berkunjung ke beberapa spot perbukitan yang ada di Kabupaten Trenggalek ini. Bukit Banyon, lokasinya terletak di Widoro Kecamatan Gandusari di bukit ini anda bisa melihat jajaran awan yang terbentang di langit yang biru. 

Masyarakat sekitar menyebut bukit Banyon ini sebagai negeri di atas awan. Pemandangan sunrise hingga sunset ditambah syahdunya lautan kabut yang sangat memanjakan mata. Saat malam hari bukit ini akan terlihat indah dengan gemerlap lampu – lampu rumah penduduk sehingga menciptakan suasana yang romantis.
 
Kecamatan Durenan juga memiliki perbukitan yang tak kalah menariknya dengan bukit Banyon, namanya bukit Tunggangan. Bukit ini terletak di ketinggian sekitar 250 mdpl yang memiliki akses jalan cukup terjal sehingga cocok bagi anda yang suka liburan dengan aktivitas ekstrim. 

Bukit Tunggangan ini sering juga digunakan sebagai tempat untuk paralayang. Terdapat gardu pandang yang bisa pengunjung jadikan sebagai tempat selfie dengan background yang luar biasa cantic.

Baca Juga :  Destinasi wisata hits Pacitan sepanjang 2019

3. Air terjun atau curug


Selain pantai dan perbukitan, terdapat salah satu pesona wisata dari Kabupaten Trenggalek yang tak boleh dilewatkan yakni air terjun. Bahkan ada juga lho air terjun yang posisinya berada di pesisir pantai, air terjun Pelang contohnya. 

Air terjun eksotis ini memiliki pemandangan yang sangat asri ditambah suasananya yang masih sangat alami dengan tiupan angin yang sepoi – sepoi. Aliran air terjunnya mengalir di antara tebing bebatuan dan langsung bermuara ke laut. Untuk jenis air nya masih termasuk normal kok guys, jadi bukan air payau atau air laut yang rasanya asin. Banyak spot foto yang keren, bisa dijadikan untuk background foto.

Baca Juga :  Pemandian Kebon Agung Kaliwates Jember dari sumber air alami


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *