Skip to main content

Taman Nasional Way Kambas, Lebih dekat dengan Alam

Anaya Lariencia

Berkunjung Ke Taman Nasional Way Kambas


Area Taman Nasional merupakan salah satu lokasi yang menjadi tempat yang dapat dikunjungi. Selain sebagai pengetahuan mengenai flora dan Fauna, Alaminya Taman Nasional menjadikan suasana ditambah dengan udara yang sejuk adalah kenangan yang tidak dapat dilupakan. Indonesia, memiliki aneka macam Taman nasional yang bagus dan harus anda dikunjungi.

Lokasi Wisata Ke Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas yang berada di Jl. Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia di kota Lampung dimana merupakan salah satu wisata yang pantas untuk dikunjungi. 

Di tempat ini, ada banyak Flora dan Fauna yang dapat dilihat, dijadikan pelajaran, bahkan dijadikan tempat untuk selfie. Anda ingin tahu tentang lokasi tempat tersebut, mari kita jelajahi artikel dibawah ini.

Gambaran Tentang Taman Nasional Way Kambas

Tempat ini dapat dikatakan sebagai surga yang berada di Pulau Sumatera Selatan. Letak tepatnya, ada di Provinsi Lampung. Dengan banyaknya hutan yang berjejer dengan dataran rendah, hutan rawa air tawar, hutan pantai, semak-semak belukar, padang rumput, serta satwa liar dengan tingkah yang lucu.

Luas wilayah tempat tersebut sekitar 125.000 hektar. Bagusnya lagi, pada bagian besar tempat tersebut masih berbentuk hutan rimba. Tempat ini akan memberikan suguhan kepada wisatawan dengan adanya gajah sumatera yang dapat dikatakan sebuah ikon pada tempat tersebut. karena memang Gajah Sumatera sudah hampir punah saat ini.
Lokasi ini dibuat di tahun 1936 oleh Resident Lampung Mr. Rookmaker. Alasan dibuatnya lokasi tersebut sebagai salah satu pelestarian alam juga perlindungan bagi satwa yang tersebar di sana sebagai contoh tapir, kijang, harimau sumatera, serta badak sumatera, enam jenis primate, beruang madu.

Kawasan Konservasi Gajah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, lokasi tersebut memang sudah menjadi pusat konservasi gajah dimana merupakan ikon way kambas. Apa hal yang menarik disini? Gajah Sumatera merupakan hewan yang saat ini menjadi salah satu perhatian sebab keadaannya yang  memprihatinkan.

Ditempat tersebut memiliki sisi yang menarik, teman-teman akan melihat hiburan dengan banyak atraksi yang dapat anda lakukan oleh gajah-gajah tersebut. Diantaranya adalah olahraga sepakbola yang dapat dimainkan. Melihat suasana berolahraga merupakan pemandangan yang seru juga menarik. 
Banyak pengunjung yang melihat dan ikut terhanyut pada keseruan yang ada disana. Selain olahraga sepakbola, teman-teman juga dapat menyaksikan gajah-gajah yang akan dimandikan, dimana tingkah gajah yang cukup lucu serta menggemaskan. Sebagai contoh anak-anak yang sedang dimandikan. Sungguh membuat tawa para pengunjungnya.

Yang lebih lucu lagi, gajah-gajah disana dilepaskan begitu saja. Dan sore hari serta malam hari gajah tersebut akan pulang. Namun ada juga gajah yang tersesat sampai masuk ke wilayah pemukiman penduduk. Jika, hal tersebut terjadi maka warga akan menghubungi pihak taman nasional, sebab warga juga merasa waspada.

Di tempat ini, juga ada lokasi rumah sakit yang bisa menjadi rumah sakit gajah di Indonesia satu-satunya. Rumah sakit tersebut seperti layaknya rumah sakit manusia. Dimana, anda dapat mengatasi stress serta uka-luka. Beberapa dokter disana dengan sikap yang lembut juga penuh kasih sayang dalam mengobati atau memeriksa gajah sakit yang berada disana.

Mau mencoba naik gajah? Anda dapat naik di atas punggung gajah juga menikmati banyak pemandangan yang indah. Pemandangannya memang berada di hutan, namun suasana yang dapat dirasakan berbeda dimana akan membuat pengunjung kagum terus menerus tanpa berhenti. Hal tersebut dapat menjadi kenangan tidak terlupakan. Jika ingin mempelajari gajah tersebut anda dapat datang ke museum yang dibangun di kawasan tersebut.

Konservasi Wahana Wisata Hewannya

Kemungkinan, pada waktu tersebut sobat anda dapat memandang secara dekat antara hewan dan manusia. Jika anda tahu bahwa, mereka tidak mudah akrab terhadap hewan-hewan tersebut karena membutuhkan waktu terlebih dulu. Namun, berteman dengan hewan itu bukan sesuatu yang gampang seperti berteman dengan manusia.

Anda dapat menikmati sungai sambil naik perahu motor. Namun, perahu tersebut cuma dapat dinaiki oleh 6 orang saja. Tak hanya berkeliling sungai. Namun, memakai perahu motor tersebut anda dapat melihat cara hidup asli satwa-satwa liar yang ada disana.

Kemudian Ekosistem

Membahas mengenai ekosistem, lokasi tersebut adalah rumahnya hutan pada dataran rendah. Ada sebagian jenis yang dapat dirasakan seperti rengas, meranti, puspa, keruing. Jika anda ikut memakai paket tour dan travel, anda dapat belajar banyak pada hal yang disampaikan saat dijelaskan. 

Ketika anda berkeliling sungai menggunakan perahu motor. Anda dapat merasakan hutan rawa yang cukup eksotis. Hutan rawa tersebut adalah air tawar yang memiliki tingkat yang sama dan cukup. Ada juga beberapa burung yang dapat dinikmati yang datang silih berganti.

Hutan rawa ini jenisnya dapat dinikmati salah satunya adalah kantong semar, palm merah, nibung, pandan. Jika anda berkunjung kesana silahkan di perhatikan lebih dalam, jenis vegetasi ini memiliki akar lutut serta tunggang., ini merupakan ciri ekosistem yang ada di hutan rawa.

Rute Perjalanan Ke Taman Nasional Way

Saat berada di Rajabasa lama, Labuhan Ratu, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur. Anda dapat memakai beberapa cara yang dapat dilalui untuk menuju lokasi tersebut, dapat memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Apabila anda berangkat dari Jakarta, anda naik pesawat ke lampung. Lalu, lanjut memakai taksi, bus turun di kota metro atau Turun di desa gajah batu. Lalu, naik ojek ke pintu masuk taman nasional way kambas.

Sumber referensi : nativeindonesia.com
Taman Nasional Way Kambas, Lebih dekat dengan Alam

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar