Kamis, 20 Februari 2020

4+ Wisata Alam Sukabumi, Pemandangannya Bikin Adem

Wisata Alam Populer di Sukabumi


Hai para pecinta travelling, jumpa lagi dengan mimin yang paling kece se kabupaten. Rasanya tidak pernah ada jenuhnya yah mimin mengulas tempat wisata yang bagus-bagus untuk dikunjungi para pelancong nusantara. 

Kali ini mimin kasih rekomendasi tempat wisata di daerah Jawa Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Sukabumi. Di Kabupaten Sukabumi terdapat beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi maupun waterpark. Dilansir oleh tim redaksi 

Topwisata, terangkum lah 5 tempat wisata dengan tema alam di Kabupaten Sukabumi yang wajib kalian kunjungi.

1. Wisata Situ gunung




Terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Berada di Taman Nasional Gunung menjadikan tempat ini menjadi yang favorit dan lokasi ini sangat mudah untuk ditemukan.

Ada banyak spot wisata di dalam Situgunung. Seperti, Jembatan Gantung Situgunung, Danau dan panorama alam yang sangat menawan. Diantara yang paling poluler di Situgunung ialah Jembatan gantung yang melintang panjang. Bukan hanya alam saja yang indah, pengunjung bisa bersantai dan berpiknik di pinggir danau yang berada di Situ Gunung. Bahkan tak sedikit juga para wisatawan yang datang untuk berkemah di tempat ini.

Para wisatawan juga bisa mangarungi danau, berkeliling dengan menggunakan perahu kayu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dan yang menjadi ikonik wisata Situgunung adalah Jembatan Gantungnya. Diantara semua tempat wisata di dalam Situgunung, Jembatan gantung lah yang paling padat pengunjungnya. Jembatan Gantung yang melintang sangat panjang dan ditemani oleh kesejukan alam yang dingin dengan pesona alam yang indah membuat mata serasa fresh.

Harga tiket masuk kawasan ini sangat murah mengingat banyak tempat yang ditawarkan, dihari kerja sebesar Rp. 16.000 dan untuk hari libur sebesar Rp. 18.500. Jika ingin berkemah akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 24.000 untuk hari kerja dan Rp. 29.000 untuk hari libur.

2. Curug Cikaso



Air Terjun Cikaso atau lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso merupakan salah satu ait terjun yang berada di Kabupaten Sukabumi. Curuk Cikaso terbentuk dari 3 titik air terjun yang berdampingan dalam satu tempat. Titik pertama bernama Curug Aseupan, titik kedua bernama Curug Menong dan yang ketiga bernama Curug Aki.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan dikenakan tiket masuk yang sangat terjangkau dikantong. Per mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 27.000 ditambah uang parkir sebesar Rp. 6.000. Jika anda berjalan kaki, cukup dengan Rp. 3.000 per orang sudah bisa memasuki kawasan wisata ini. Dan ada pula biaya kebersihan yang dikenakan bagi para pengunjung sebesar Rp. 2.000 per orang.

Curug Cikaso cukup mudah ditemukan karena letaknya hanya sekitar 8 Km dari Surade. Dari Jampang Kulon berjarak sekitar 26 Km, namun jika anda berada di Pelabuhan Ratu, jarak yang ditempuh sekitar 70 Km.

Tidak hanya panorama air terjun saja yang bisa dinikmati di lokasi wisata, terdapat juga persewaan perahu. Tarif yang di patok seharga Rp. 60.000 per perahu. Setiap perahunya hanya mampu menampung hingga 10 orang. Anda juga tak perlu khawatir, disini juga terdapat fasilitas toilet umum, jadi jangan buang air sembarangan yah.

3. Geopark Ciletuh



Geopark Ciletuh ialah satu wisata yang bisa dikatakan lengkap. Dataran tinggi dengan bentang alam talap kuda ini meliputi cagar alam. Diantaranya ialah Taman Wisata Alam Sukawayana, Vagar Alam Tangkubanperahu, Kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh dan Sukawayana. Obyek wisata ini merupakan Geopark Internasional oleh UNESCO. Geopark Ciletuh memiliki kawasan seluas 126.100 hektare yang mencakup 8 kecamatan dan 74 desa.

Geopark Ciletuh menyimpan banyak hal yang sangat menarik yang harus diperhitungkan, terutama bagi para pecinta alam. Di lokasi ini pengunjung akan menemukan banyak keaneka-ragaman mulai dari geoligi, biologi hingga keragaman budaya. Tempat yang paling tepat untuk belajar tentang alam.

Untuk bisa menikmati kawasan wisata ini para wisatawan tidak dikenakan tarif apapun, alias masih gratis. Namun didalam wisata ini ada beberapa obyek wisata yang menentukan tarif tapi masih terbilang sangat murah. Kawasan wisata ini buka hingga 24 jam, sedangkan untuk waktu berkunjung yang relatif aman mulai pagi hingga sore hari.

Geopark Cileuh memiliki beragam kekayaan alam yang sangat beragam sebagai obyek wisata lengkap. Terdapat Air terjun, Cagar alam, Pulau kecil dan keragaman geologi dan hayati serta budaya.

Lokasi wisata ini berada di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Didaerah sekitar tempat wisata sudah terdapat beberapa penginapan. Hal ini tak lepas dari usaha pemerintah guna memajukan desa dan tempat wisata. Akomodasi seperti homestay, guest house serta vila ada disini. Harga penginapan terbilang masih dapat dijangkau oleh para wisatawan, mulau dari Rp. 200.000 - Rp. 600.000.

4. Pantai Pelabuhan Ratu



Apa yang terfikir jika ada seseorang yang mengatakan Pantai Pelabuhan Ratu? Beberapa orang mungkin akan terfikir tempatnya Nyi Roro Kidul. Pantai yang memiliki kawasan yang mistis ini merupakan pantai yang agak berbahaya, bagaimana tidak ombak disekitar pantai sangat deras dan kuat jadi jika ada yang ingin berenang diharuskan berhati-hati. Pantai Pelabuhan Ratu adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di daerah Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi.

Terlepas dari hal berbau mistis tersebut, Pantai Pelabuhan Ratu sangat layak dijadikan tempat kunjungan wisata keluarga. Karena pantai tersebut memiliki keindahan panorama yang khas. Obyek wisata ini cukup terkenal hingga mancanegara berkat topografi panorama alamnya yang begitu indah, udara yang menyejukkan, hamparan pasir yang luas, terdapat tebing yang terjal, hempasan ombak yang kuat dan juga hutan cagar alam.

Meski tempat ini mungkin sedikit berbahaya, namun jangan khawatir. Karena di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat Tim penyelamat atau SAR. jadi dipastikan aman dari segala marabahaya. Tak hanya pantai saja yang indah, pengunjung juga dapat melihat Sunrise bahkan Sunset di areal pantai.

Akses menuju arah pantai termasuk mudah dijangkau. Dari terminal Bogor menuju Sukabumi bisa menaiki transportasi umu yang bertarif Rp. 15.000. Setibanya di Sukabumi dilanjutkan menaiki transportasi umum jurusan Sukabumi - Pelabuhan Ratu. Tidak perlu khawatir jika anda sampai lokasi pada malam hari, karena jam buka pantai ini 24 jam.

Sebelum memasuki pantai, pengunjung harus membeli tiket masuk. Untuk pejalan kaki tarifnya sebesar Rp. 3.000, motor sebesar Rp. 8.000, untuk kendaran mobil dikenakan tarif sebesar Rp. 20.000, sedangkan untuk mini bus atau ELF dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000.

Sebagai daerah tempat wisata, di sekitar pantai sudah disediakan tempat untuk bermalam, seperti Hotel. Untuk fasilitas umum juga ada beberap yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Mulai dari tempat parkir, Masjid atau Mushola, Pusat Informasi Wisata, bahkan ada juga playground untuk anak. Disekitar pantai juga banyak warung makan, dan jika anda ingin menyewa kuda juga tersedia disini. Bahkan ada persewaan Papan Surfing bak di Bali.

Demikian ulasan mimin tentang spot terbaik di daerah Kabupaten Sukabumi. Jangan buang sampah sembarangan karena alam harus kita jaga agar cucu kita kelak bisa menikmati keindahan alam. Sampai jumpa di tur berikutnya.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments