Kamis, 20 Februari 2020

Ingin Ajak Orang tua Wisata Paling Aman, Ini Tipsnya !

Tips Wisata Bersama Orang tua Paling Aman






Ingin mengajak Nenek dan Kakek atau Orang tua berlibur, simak dulu tips wisata bersama manula berikut ini. Berwisata bukanlah kebutuhan anak muda saja, orang tua juga butuh sesekali menikmati waktu luang dengan liburan. Tempat-tempat baru akan memberikan pengalaman dan energy baru bagi siapa saja. Suasana berwisata akan menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati.

Bagi manula tentunya merasa bosan dengan suasana di rumah yang monoton. Tidak banyak aktifitas yang bisa dikerjakan selain menonton TV dan duduk-duduk. Tak jarang menyebabkan emosi naik turun. Karena manula umumnya lebih sensitif. Mengunjungi kerabat di luar kota atau sekedar menikmati udara segar di tempat baru akan memberikan efek positif. Berikut ini adalah tips berwisata bersama manula, antara lain:

Perhatikan Kebutuhannya!


Tips wisata bersama manula yang pertama adalah perhatikan kebutuhan. Orang tua yang sudah Manula lebih mudah kelelahan, jadi kursi roda menjadi barang wajib yang harus dibawa. Meskipun tidak digunakan setiap saat di tempat wisata tetapi dalam kondisi tertentu ada baiknya menggunakan kursi roda untuk mobilitas. Sehingga eksplorasi tempat wisata dapat tetap berjalan dengan nyaman.

Kursi roda akan memudahkan mobilitas di bandara atau stasiun yang kadang menjadi kendala bagi manula. Berjalan kaki untuk jarak jauh bagi manula akan sangat menyita tenaga dan waktu. Dengan kursi roda kecepatan jalan akan bisa berimbang. Jangan lupa pilih kursi roda yang dapat portable sehingga bisa disimpan di bagasi kabin.

Obat-obatan yang diperlukan juga harus masuk dalam daftar barang bawaan. Minimal suplemen vitamin atau susu khusus manula. Perjalanan menuju lokasi wisata baik dekat atau jauh akan berpengaruh pada kondisi fisik. Mungkin lelah, pegal dan sebagainya. Keadaan ini menyebabkan nafsu makan berkurang. Supaya badan tetap fit, suplemen dan susu bisa membantu.

Penting untuk memeriksa kesehatan 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan. Supaya lebih aman selama berwisata. Sekaligus bisa berkonsultasi langsung dengan dokter atau petugas kesehatan untuk mempersiapkan segala kondisi yang mungkin terjadi selama bepergian. Sebagai langkah antisipasi lebih awal. Jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk bepergian, penundaan keberangkatan bisa segera dilakukan.

Pilih Tempat Wisata yang Aman


Membawa serta Orang tua yang sudah manula ketika berwisata harus memilih destinasi wisata yang ramah manula. Ada track yang memudahkan untuk pemakaian kursi roda. Karena percuma saja membawa kursi roda jika kondisi medan dan jalan tidak bisa dilalui. Misalnya daerah pegunungan atau perbukitan yang jalannya masih alami. Sehingga tidak memungkinkan untuk membawa serta manula.

Pilih tempat wisata dengan fasilitas yang memadai. Food court, toilet dan tempat ibadah tersedia dan mudah dijangkau. Sehingga lebih tenang, tidak perlu keluar lokasi lagi untuk sekedar makan minum, ibadah dan keperluan lainnya. Toilet merupakan fasilitas penting apalagi bagi manula yang tidak mengenakan diapers. Karena umumnya mereka lebih sering menggunakannya.

Wisata indoor seperti museum atau galeri adalah salah satu alternatif yang paling mudah dan aman. Selain tidak terpapar panas matahari juga lebih nyaman. Jalan yang datar lebih memudahkan untuk mendorong kursi roda. Sehingga pendamping manula tidak merasa capek. Jika ingin berjalan kaki juga lebih aman, minim resiko jatuh dan terpeleset.

Jika memilih destinasi wisata outdoor, perlu memperhatikan cuaca. Lakukan antisipasi hujan dengan menyiapkan jas hujan atau memilih waktu kunjungan pagi sampai siang hari. Jadi ketika hujan turun sudah melewati beberapa spot penting di lokasi wisata. Tips wisata bersama manula ini bisa diterapkan untuk tujuan wisata dimana saja supaya lebih aman.


Disqus Comments