Senin, 09 Maret 2020

5 Tips Liburan Aman Naik Gunung Bebas Hipotermia

Ingin Bebas Hipotermia saat Naik Gunung, ini tipsnya




Salah satu liburan yang paling menyenangkan bagi setiap orang adalah mendaki gunung. Namun sayangnya saat liburan mendaki gunung, resikonya adalah Anda bisa terkena Hipotermia. Akibatnya bila hal ini tidak segera ditolong bisa membahayakan diri Anda sendiri. Maka dari itulah sebaiknya pahami tipsnya terlebih dahulu sebelum akhirnya liburan naik gunung. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa sih Hipotermia itu?

Hipotermia merupakan keadaan saat suhu tubuh seseorang mengalami penurunan secara drastis hingga melebihi dari di bawah normal. Sehingga hal ini bisa beresiko terjadinya penurunan fungsi organ vital. Maka dari itulah supaya tidak sampai terkena Hipotermia sebaiknya Anda harus selalu waspada.

5 Tips Liburan Mencegah Hipotermia saat Naik Gunung


Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya Hipotermia adalah salah satu ancaman terbesar bagi para pendaki gunung. Bila peralatan Anda tidak lengkap dan Anda sering mengonsumsi makanan yang kurang kalori, hal ini bisa menyebabkan terjadinya Hipotermia. Maka dari itulah supaya Anda tidak terserang Hipotermia saat liburan naik gunung sebaiknya perhatikan dulu tipsnya di bawah ini!

  1. Sebelum liburan naik gunung, sebaiknya cari tahu dulu gejala, penyebab, dan cara mengatasi Hipotermia. Sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami Hipotermia saat liburan naik gunung. Selain itu dengan memahami hal ini akan membuat Anda bisa melakukan pencegahan Hipotermia sejak dini ketika ingin liburan.
  2. Sebaiknya siapkan peralatan yang lengkap saat ingin liburan mendaki gunung. Karena biasanya salah satu penyebab seseorang mengalami Hipotermia  adalah tidak membawa perlengkapan yang lengkap. Misalnya saja menggunakan jaket yang tipis sehingga bisa memicu terjadinya Hipotermia. Jadi sebaiknya siapkan peralatan yang lengkap sebelum berangkat liburan. Bila perlu bawalah kotak P3K sebelum berangkat.
  3. Supaya lebih aman sebaiknya jangan pernah memakai pakaian jeans atau celana jeans dan jaket jeans. Karena justru bahan jeans akan mempersulit diri Anda sendiri saat ingin melakukan pendakian gunung. Bahan yang mudah menyerap air dan berat menjadikannya sulit kering saat terkena air hujan atau embun. Akibatnya bukannya terlihat keren justru Anda bisa kedinginan saat berlibur di tengah gunung.
  4. Sebaiknya jangan pernah memanjat gunung di malam hari. Meskipun beberapa pendaki biasanya lebih suka melakukannya di malam hari karena supaya dapat melihat matahari terbit di puncak gunung. Namun suhu malam hari yang dingin di pegunungan justru bisa berbahaya dan memicu terjadinya Hipotermia. Maka dari itulah sebaiknya lakukan pendakian di siang hari saja supaya lebih nyaman dan hangat, sekaligus bisa terhindar dari tersesat karena jarak pandangnya masih terlihat jelas di siang hari.
  5. Usahakan tidak kelaparan sepanjang waktu. Karena salah satu penyebab terjadinya Hipotermia adalah kekurangan makanan berkalori. Sehingga tubuh yang kekurangan energy tidak mampu melawan suhu dingin gunung. Jadi salah satu tips yang harus diperhatikan saat mendaki gunung di malam hari adalah selalu jaga perut Anda tetap penuh sepanjang hari.

Jadi seperti itulah beberapa tips yang harus dipersiapkan sebelum liburan naik gunung. Sehingga Anda bisa mencegah terjadinya Hipotermia sejak dini, Karena jika tips ini tidak diperhatikan dengan baik bisa beresiko berujung pada kematian. Maka dari itulah jangan pernah memaksakan kehendak bila tubuh sedang tidak enak badan, sebaiknya hentikan kegiatan naik gunung dan segera minta bantuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
Disqus Comments