Sabtu, 22 Februari 2020

Mau Wisata ke Gunung ? Simak Dulu Tips dan Daya Tariknya

Tips Wisata ke Gunung untuk Pemula dan Manfaatnya

Tips Wisata ke Gunung untuk Pemula dan Manfaatnya
Tips Wisata ke Gunung untuk Pemula dan Manfaatnya
Tips wisata ke gunung penting bagi kamu yang baru pertama kali ingin mengeksplor pegunungan. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Karena gunung adalah lokasi wisata alami yang belum banyak dibangun infrastruktur. Jalan setapak dan hutan adalah pemandangan yang akan ditemui selama perjalanan. Memang indah dan sejuk tetapi juga menyimpan bahaya.
Indonesia sangat potensial untuk wisata gunung. Mulai dari gunung berapi aktif sampai gunung pasif merupakan tujuan menarik bagi wisatawan. Tak heran banyak sekali kegiatan pecinta alam yang berkembang di kampus-kampus. Salah satunya adalah pendakian gunung. Bahkan banyak sekali wisatawan mancanegara tertarik untuk mengeksplor keindahan dan keunikan setiap gunung di Indonesia.

Tips Wisata ke Gunung untuk Pertama kalinya

Bagaimanapun keindahan yang tersaji di pegunungan, memilih momen yang pas lebih utama. Sebagai pengunjung, kita tentu tidak mengenal secara detail karakteristik gunung yang menjadi tujuan wisata. Jadi ada baiknya mengikuti petunjuk warga setempat sebelum melakukan pendakian. Supaya tidak terjadi hal-hal yang mengancam keselamatan. Seperti tersesat, jatuh tergelincir dan risiko lainnya.

Persiapkan fisik. Tracking adalah kegiatan yang membutuhkan stamina prima. Jika kamu pertama kali tracking, sebaiknya melakukan latihan fisik minimal 1 bulan sebelumnya. Mulai dari latihan berjalan kaki dan membawa beban. Apalagi jika tidak tersedia porter. Pastikan sebelum berangkat tubuh dalam keadaan siap. Faktor kelelahan menjadi kendala dalam aktivitas pendakian gunung.


Baju hangat dan kantong tidur. Dua benda ini wajib dibawa. Pegunungan adalah daerah dengan suhu rendah. Terlebih di malam dan pagi hari. Banyak sekali kasus hipotermia yang menyerang para pendaki karena suhu udara turun drastis bahkan bisa nol. Kondisi berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan tepat bisa mengancam keselamatan nyawa. 


Membawa sendiri makanan yang diperlukan. Sepanjang track pendakian jarang ditemui warung makanan. Sedangkan tubuh harus selalu terisi makanan atau minuman untuk penghangat. Hindari membawa snack yang tidak mengenyangkan. Roti gandum dan bahan makanan yang mudah diolah sendiri lebih bermanfaat. Perhatikan tips wisata ke gunung supaya perjalanan wisata aman dan nyaman.

Daya Tarik Gunung Bagi Wisatawan

Daya tarik utama berwisata di gunung adalah sunrise. Menyaksikan langsung matahari terbit dari ufuk timur dari ketinggian adalah momen berharga bagi wisatawan. Apalagi bagi yang hobi traveling dan tracking. Wisatawan bahkan rela mendaki di pagi buta demi menangkap setiap fase kemunculan matahari ini. Merupakan peristiwa langka yang tidak ditemui sehari-hari.

Kegiatan camping, mendirikan tenda untuk bermalam di gunung. Kegiatan ini sangat menarik karena seakan menyatu dengan alam bebas. Kegiatan yang tidak bisa dilakukan setiap hari. Dan hanya daerah pegunungan yang cocok untuk camping. Membuat api unggun di malam hari sebagai penghangat tubuh, tidur di bawah langit malam. Adalah pengalaman berharga.

Udara yang segar, bersih dan sejuk. Kegiatan mendaki gunung biasanya dilakukan mulai siang atau sore hari. Tetapi udara di sekitar pegunungan tetap sejuk dan segar. Karena jauh dari polusi panas dan asap kendaraan. Sangat cocok untuk refreshing, menepi dari keramaian kota. Mengisi kembali supply oksigen ke dalam otak dan tubuh. 

Menikmati perjalanan mendaki yang penuh tantangan. Bagi mereka yang berjiwa petualang mendaki gunung adalah hal wajib. Banyak yang bisa dieksplor misalnya mendaki tebing batu, menyeberang jembatan kecil, mengenal jenis tumbuhan hutan, satwa khas hutan pegunungan dan sebagainya. Menikmati keindahan alam dari ketinggian juga menjadi pengalaman menarik yang selalu ingin diabadikan.

Disqus Comments