Rabu, 04 Maret 2020

7 Tips Liburan Aman Untuk Penderita Darah Rendah

7 Tips Liburan Aman Untuk Penderita Darah Rendah







Sedang bermasalah dengan tekanan darah rendah namun ingin menikmati liburan dengan aman dan nyaman? Jangan khawatir karena saat ini ada tips yang bisa dicoba supaya Anda tetap bisa menikmati liburan seru dengan aman dan nyaman tanpa mengalami masalah pada tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan saat tekanan darah pada arteri lebih rendah dari tekanan normalnya.
Saat darah mengalir melewati arteri, hal ini membuat dinding arteri menerima tekanan. Tekanan inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai ukuran kekuatan aliran darah (tekanan darah). Ada banyak hal yang menyebabkan tekanan darah seseorang bisa rendah. Yaitu faktor genetic, kehamilan, dehidrasi, masalah jantung, dan infeksi.

Tips Liburan untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Berikut ini adalah tips liburan paling aman untuk yang sedang mengalami masalah tekanan darah rendah, antara lain:
  1. Istirahat Cukup. Tips untuk meredakan masalah tekanan darah rendah adalah beristirahat cukup. Sehingga sirkulasi darah dapat bekerja dengan baik dan kondisi tubuh menjadi lebih prima karena alirannya seimbang. Jadi jangan pernah memaksakan diri dan kondisi tubuh Anda bila memiliki tekanan darah rendah saat liburan. Karena hal itu akan menyulitkan diri Anda sendiri.
  2. Hindari Cuaca Panas. Saat traveling cuacanya biasanya seringkali berubah panas dan dingin. Udara yang sangat panas bisa menyebabkan Anda terkena hypotension dan berakibat pusing. Maka dari itulah sebaiknya gunakan pelindung ketika beraktivitas di luar ruangan, khususnya ketika cuaca sedang panas supaya tidak pusing.
  3. Jangan Terlalu Lama Berdiri. Salah satu tips paling aman saat liburan untuk penderita tekanan darah rendah adalah jangan berdiri terlalu lama. Usahakan memprebanyak duduk. Karena biasanya tekanan darah rendah keseimbangannya terbatas, hal ini bisa membuat Anda pingsan dan terjatuh. Sehingga kondisi ini bisa membahayakan diri Anda sendiri dan menyebabkan terjadinya pendarahan.
  4. Perbanyak Air Putih. Cara untuk membuat tekanan darah normal bertahan adalah perbanyak cairan dalam tubuh supaya tidak dehidrasi. Orang bertekanan darah rendah harus memperbanyak minum. Karena semakin darahnya encer akan membuat peredarannya menjadi lebih baik dalam tubuh. Sebaiknya minumlah 2 sampai 3 L/ hari atau lebih banyak saat cuacanya sedang panas dan jangan mengonsumsi alkohol.
  5. Ubah Posisi Tidur. Penderita tekanan darah rendah biasanya lebih rentan terkena blood drop tiba-tiba, khususnya saat bangun tidur. Untuk mencegah terjadinya penurunan darah tiba-tiba sebaiknya gunakan 2 sampai 3 bantal ketika sedang tidur.
  6. Mandi Air Hangat dan Dingin. Jika sedang mengalami tekanan darah rendah biasanya Anda menjadi mudah lemas. Salah satu tips untuk mengembalikan energi adalah mandi. Karena ketika mandi Anda dapat membuat suhu tubuh lebih stabil.
  7. Saat liburan biasanya seseorang melupakan sarapan. Padahal sarapan sangat penting bila tekanan darah Anda rendah. Saat seseorang terbiasa sarapan pagi biasanya mereka tidak mudah kelelahan di siang hari. Maka dari itulah sebaiknya makanlah 5 hingga 6 kali dalam porsi kecil saat liburan. Sehingga tekanan darah lebih stabil.
Poin penting yang lain yang harus diperhatikan saat menderita tekanan darah rendah tapi ingin liburan adalah konsumsi sodium. Anda bisa menemukan sodium pada garam agar volume darah meningkat dan tekanan darah menjadi meningkat. Namun sebaiknya jangan sampai berlebihan mengonsumsi sodium karena ditakutkan bisa menimbulkan masalah baru ketika sedang liburan ke suatu tempat. Jadi usahakan untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap fit saat liburan ke suatu tempat.

Disqus Comments