Selasa, 03 Maret 2020

Tips Agar Liburan Tetap Seru di Musim Hujan

Musim Hujan Tiba, Eits ini tips agar liburanmu tetap seru







Liburan terasa tidak lengkap bila tidak membawa kamera. Baik di musim hujan ataupun kemarau, salah satu teman traveling terbaik adalah kamera karena bisa digunakan untuk mengabadikan momen terbaik selama perjalanan liburan. 
Namun sayangnya saat ini kondisi cuaca sering berubah-ubah sehingga membuat sebagian besar kerepotan saat ingin mengambil gambar di alam terbuka.
Namun tenang saja! Karena ternyata ada banyak tips aman memotret di musim hujan ketika liburan ke suatu tempat. Sehingga Anda tidak perlu takut kamera akan rusak hanya karena kebasahan oleh air hujan.

Tips Membawa Kamera saat Liburan di Musim Hujan

Di bawah ini adalah beberapa tips aman saat liburan di musim hujan dengan membawa kamera, antara lain:
  1. Pakai Rain Cover. Bagi pemilik kamera mirrorless dan DSLR, musim hujan adalah musuh terbesarnya. Karena setetes air saja dapat menyebabkan kerusakan kamera cukup parah. Maka dari itulah siapkan rain cover untuk melindungi bodi kamera dari air hujan tanpa mengganggu kegiatan Anda untuk mengambil gambar di tempat wisata.
  2. Bawa Plastik Ekstra. Anda bisa menambahkan tutup plastic yang banyak bila memakai lensa pendek. Selain bisa menghindari kamera dari tetesan hujan, plastic efektif membuat kaca lensa terlindungi oleh embun tebal akibat dari kondisi lembab saat hujan datang.
  3. Supaya lensa tidak buram karena lembab, jangan pernah membuka tutup lensa saat tidak digunakan. Bila ingin membersihkan bodi dan kaca lensanya, sebaiknya gunakan handuk yang bersih dan kering.
  4. Supaya saat membawanya tetap aman sebaiknya bawalah ransel waterproof saat liburan dan payung. Saat ini ada banyak model payung yang dapat digunakan langsung di atas tripod dan kamera. Sehingga Anda tidak harus memegangnya selama sesi pemotretan.

Tips Mengambil Gambar dengan Smartphone saat Liburan

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya membawa kamera saat liburan di musim hujan, maka kali ini akan dibahas tips mengambil gambar memakai smartphone saat liburan ke suatu tempat. 
Sehingga Anda tidak perlu kerepotan membawa kamera DSLR karena saat ini hampir setiap smartphone sudah mempunyai kemampuan memotret dengan baik. Berikut ini adalah tips mengambil foto menggunakan smartphone ketika liburan, antara lain:
  1. Sebaiknya jelajahi dulu semua objeknya. Dengan mengetahui manakah spot terbaik untuk mengambil gambar, Anda bisa lebih mudah mencari anglenya untuk mengabadikan foto liburan Anda.
  2. Selain harus mencari objek dan angle, cari tahu juga waktu terbaik untuk memotret. Karena pencahayaan sangat mempengaruhi kualitas gambar, khususnya saat ingin mengambil foto di lokasi outdoor. Sebaiknya ambil gambar sebelum jam 11 siang dan setelah jam 4 sore supaya mendapatkan hasil terbaik.
  3. Saat ini hampir semua tipe smartphone sudah memiliki native camera yang cukup canggih. Sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas gambar yang sangat bagus saat mengambil gambar. Salah satu fitur terbaiknya adalah grid. Manfaatkan fitur ini untuk dijadikan sebagai acuan supaya posisi framing fotonya bagus dan tetap fokus. Anda juga bisa memanfaatkan fitur HDR agar hasil jepretannya lebih maksimal saat mengambil gambar dari sisi pencahayaan dan warnanya.
Supaya semakin lengkap, Anda bisa memanfaatkan fasilitas burst mode dan exposure supaya dapat mengambil foto yang banyak bersamaan. Selain itu poin penting lainnya yang harus disiapkan saat liburan di musim hujan membawa kamera adalah jangan lupa bawa aksesorisnya supaya hasil jepretannya lebih sempurna. Salah satunya membawa gorilla pod untuk selfie.
Disqus Comments