Kamis, 05 Maret 2020

5 Tips Liburan Aman Lewat Tol Trans-Jawa

Lewat Tol Trans-Jawa, Simak Dulu Tipsnya !




Liburan dengan cara mengelilingi Jawa saat ini menjadi semakin mudah dan praktis. Terlebih tol Trans Jawa telah diresmikan. Sehingga untuk berkendara dari kota Jakarta ke kota besar yang lain di Pulau Jawa menjadi lebih mudah, efisien, dan semakin cepat. Tol sepanjang 1,167 km ini terhubung langsung dengan 18 titik utama dan membagi 3 provinsi sekaligus.

Sehingga tol yang dibangun dari puluhan Rp Triliun ini langsung popular dikalangan para traveler yang mau liburan menggunakan kendaraan pribadi. Karena saat ini untuk menuju ke kota Solo saja Anda hanya perlu 6 sampai 7 jam saja dari Jakarta. Sedangkan bila Anda ingin ke kota Surabaya dan berangkat dari kota Jakarta hanya butuh 10 jam saja.

Meskipun fasilitasnya belum lengkap namun ternyata ada beberapa fasilitas menarik didalamnya. Yaitu rest area yang sudah modern, SPBU, taman bunga indoor, dll sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk beristirahat sejenak saat liburan ke kota Jawa dari Jakarta. Namun meskipun begitu sebaiknya perhatikan dulu 5 tips di bawah ini jika ingin perjalanan liburan Anda terasa aman saat melewati tol Trans Jawa, antara lain:

Cek Kondisi Mobil


Meskipun lewat jalan tol yang notabene jalannya selalu halus, namun jangan pernah menyampingkan kondisi mobil Anda. Anda harus mengecek dulu tekanan ban mobil sebelum berangkat liburan, sekaligus mengecek ketersediaan air radiator, selang bensin, kampas rem, dan oli mesin. Sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan mudah dan nyaman tanpa kendala apapun.

Aktifkan GPS


Meskipun sudah ada papan petunjuk jalan, sebaiknya aktifkan GPS mobil Anda. Terlebih saat malam tiba, maka keterbatasan cahaya lampu penerangan tentunya akan mempersulit Anda saat ingin melihat papan penanda jalan. Namun dengan mengaktifkan GPS, Anda bisa langsung tahu kapan sebaiknya menurunkan kecepatan kendaraan saat ingin keluar jalan tol.

Manfaatkan Rest Area


Saat liburan menggunakan tol Trans-Jawa sebaiknya cobalah untuk menepikan kendaraan untuk beristirahat sebentar. Terlebih saat kondisi jalanannya padat, biasanya hal ini bisa membuat konsentrasi pecah karena kondisi fisik Anda harus terkuras habis. Maka dari itulah cobalah untuk beristirahat di tempat rest area tersebut karena biasanya ada beberapa diantaranya yang sudah dilengkapi dengan taman bunga dan pusat perbelanjaan. Sehingga dijamin Anda tidak akan merasa bosan.

Waspada Speed Cam


Karena jalanannya sangat panjang dan mulus biasanya membuat para sopir menjadi terlena dan memacu kendaraan dengan cepat hingga melebihi dari 140 kmph. Padahal hal ini sangat berbahaya sekali, terutama bila Anda tidak dapat menguasai kendaraan bisa terhantam angina samping tiba-tiba dan berakibat fatal.

Maka dari itulah tips paling aman saat liburan lewat tol adalah selalu menjaga jarak berkendara dengan baik. Ingatlah soal jalur kiri dan kanan untuk mengalip. Karena bila Anda tidak memperhatikan hal ini bisa terpantau langsung oleh CCTV dan speed camp yang sengaja dipasang di sejumlah titik.

Satu hal paling penting saat liburan lewat tol adalah jangan lupa menyiapkan e-Money atau e-Tol. Karena tol Trans Jawa hanya melayani pembayaran lewat e-Money dan e-Tol saja. Maka dari itulah pastikan saldo Anda masih aman ketika berada di gerbang tol tujuan. Bila perlu hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan agar sampai ke tempat tujuan. Sehingga hal ini tidak akan merepotkan Anda saat ingin liburan melewati tol Trans-Jawa. Seperti itulah tips aman dan nyaman berlibur lewat tol.

Disqus Comments