Rabu, 04 Maret 2020

Harau Dream Park, Kampung Eropa-nya Sumbar

Uniknya Kampung Eropa di Indonesia





Bingung mau weekend kemana? Gak ada duit buat keliling eropa? Jangan khawatir, di Indonesia sudah ada mini eropa. Kini warga Indonesia tak perlu jauh-jauh terbang ke Negara eropa, karena di daerah Sumatera Barat atau lebih tepatnya di Kabupaten Payakumbuh.

Tempat wisata yang bernama Harau Dream Park atau lebih dikenal dengan Kampung Eropa ini menjadi salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi. Karena disini anda bisa keliling eropa tanpa harus menaiki pesawat. Kok bisa yah? Sebab obyek wisata ini manampilkan replika ikon-ikon dari beberapa negara di Eropa. Dan destinasi wisata ini menjadi favorit wisata keluarga dan sangat mengedukasi bagi anak-anak untuk mempelajari bangunan yang ada di eropa. Dan setiap akhir pekan maupun saat liburan, destinasi wisata ini menjadi incaran para wisatawan dan selalu ramai oleh pengunjung baik dari warga lokal maupun luar pulau.

Lokasi dan HTM tempat wisata


Kampung Eropa berada di dataran Lembah Harau, atau lebih tepatnya lokasi wisata ini terletak di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dan di sekitar lokasi wisata terdapat tebing-tebing tinggi yang mengelilingi obyek wisata. Tak hanya tebing, terdapat pula beberapa air terjun pada sela-sela tebing. 

Meski hanya sebuah tebing, tebing ini sangat memukau dan sangat indah. Ditumbuhi rerumputan dan tanaman liar yang mengitari sekitaran tebing menjadikan tebing ini bernuansa klasik. Tebing tertinggi disini memiliki ketinggian mencapai 500 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. Para pengunjung akan sangat menikmati pemandangan alam ini.

Para pengunjung cukup dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 25.000 saja (Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu) untuk dapat menikmati keunikan dan obyek wisata yang ada di Kampung Eropa. Rincian tiket ini adalah Tiket masuk kawasan Geopark Harau sebesar Rp. 5.000/orang, tiket pintu masuk Kampung Sarosah sebesar Rp. 5.000/orang dan tiket masuk kampung Eropa sebesar Rp. 15.000/orang. 

Setibanya di lokasi wisata, anda akan langsung merasakan udara segar dan cukup kencang dan sejuknya hawa pegunungan. Tak hanya bukit dan kesejukan saja yang akan disajikan, terdapat pula pepohonan dan sawah yang akan menyegarkan mata anda.

Ada fasilitas apa saja sih di dalam?



1. Kampung ala-ala Eropa yang instagenic

Yang paling ikonik dan terkenal di wisata Lembah Harau ini adalah Kampung Eropa. Dan ini lah yang menjadikan tempat ini terkenal sampai seluruh Indonesia. Para pecinta foto selfie akan sangat dimanjakan dengan bangunan iconic replika ala-ala Eropa ini. Terdapat beberapa ornamen yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. 

Kampung Eropa ini menampilan icon dari tiap-tiap negara di Eropa. Seperti Menara Eiffel dari Perancis, miniatur Big Ben dari negara Inggris, Kincir angin dari negara Belanda dan lain sebagainya. Uniknya disini adalah jalan setapak dibuat berwarna-warni sehingga mata memandang tak jenuh.

Pengunjung bisa bebas pergi ke Negara mana saja dan sudah tidak bayar lagi alias sudah termasuk tiket masuk wisata. Hanya saja ada beberapa ornament yang terbuat dari papan dan tidak bisa dimasuki, karena memang hanya replica depannya saja, dengan kata lain kalau dilihat dari belakang hanya tampak papan biasa. 

Namun worth it sih untuk kalian para pecinta foto. Tempat ini sangat instagrammable. Mulai dari penataan obyek wisata yang rapi, tempat ini juga bersih (mungkin karena kesadaran para pengunjung yang tidak buang sampah sembarangan), tempat yang colorful dan sangat unik untuk di upload ke media social kalian. Karena obyek wisata ini penuh dengan warna, jangan ada vandalism diantara kita yah. Tetap jaga obyek wisata tersebut dengan tidak coret-coret baik di dinding maupun di jalan setapak.

2. Zip Line Bike atau Sepeda Terbang

Pengen bisa terbang kayak harry potter dengan menaiki benda? Disini bisa lho, tapi bukan dengan sapu melainkan sepeda. Obyek wisata sepeda terbang memang sudah popular di tempat wisata alam di Indonesia. 

Obyek wisata ini sangat aman bagi segala usia, asalkan tidak mempunyai penyakit serangan jantung. Rute menaiki sepeda terbang ini berada diatas sungai kecil. Sangat memacu adrenalin anda. Meski dikatakan terbang, sepeda ini tidak benar-benar terbang. Untuk bisa menaiki sepeda terbang ini, pengunjung akan dikenakan tariff sebesar Rp. 25.000 saja. Sangat murah dan terjangkau. Dan tak perlu khawatir takut jatuh, karena sangat aman. Dilengkapi dengan safety dan pemandu.

3. Berkeliling kolam dengan sampan kecil

Uniknya disini adalah kita bisa naik sampan dan mengelilingi sungai kecil. Kalau di perhatikan lagi, obyek wisata naik sampan ini mirip banget sama negara Italia. Bedanya kalau di Italia sudah di kelilingi bangunan tua dan megah, di Lembah Harau ditemani oleh sejuknya angina kencang, teriknya matahari, bukit yang menjulang tinggi dan pepohonan. Namun jangan salah, saat menaiki sampan anda akan melewati terowongan ala-ala Negara pizza tersebut.

Tarif obyek wisata ini dipatok dengan harga Rp. 15.000 untuk sampan kecil dan Rp. 40.000 untuk sampan besar dengan durasi sekali putaran. Sangat seru dan menyenangkan dan mungkin sedikit menantang juga lho.

4. Balon Terbang

Meski diberi nama balon terbang, balon ini tidak benar-benar terbang. Karena Balon Terbang ini sudah permanen dengan bidang tanah. Negara mana yah sobat yang mempunyai ciri khas Balon Udara? Jika anda tau, berarti anda anak IPS.

Pengunjung bisa naik balon terbang ini dengan tariff sebesar Rp. 15.000. Meskipun ini hanya replica saja dan tidak menggunakan api, namun akan menjadikan foto instagram anda sangat menarik untuk dilihat.

5. Ibarat berada di Korea

Setelah pengunjung puas bersua foto di tempat ini, taka da salahnya merasakan sensasi seperti di Korea. Obyek wisata ini sangat populer bagi kalangan muda-mudi penggila drama korea. Terdapat pohon kering yang berada di atas tanah berpasir putih sebagai simbol pohon korea. Dengan ditemani background rumah berdesain rumah khas tradisional negara Korea dan persewaan baju adat khas negara Korea menjadikan tempat ini seakan-akan kita berada di Korea.

6. Penginapan unik

Tak ada salahnya bermalam di wisata ini, karena pengelola sudah menyediakan tempat istirahat yang tak kalah menariknya dari spot foto yang ada dilokasi wisata. Namun dengan jumlah yang terbatas. Kalapun kalian tidak puas hanya sehari di kampong eropa, menginaplah di lokasi wisata ini. Karena bangunan penginapan ini sungguh sangat unik. Tampak luar seperti pyramid, namun tampak dalam memiliki fasilitas yang lengkap. Jika tidak ingin bermalam di area lokasi, terdapat juga beberapa penginapan di sekitar area lokasi dengan bangunan tema adat Sumatera.

Keindahan yang ada di Harau Dream Park bisa menjadi salah satu tempat menarik dan mungkin harus dimasukkan list liburan akhir pekan anda, berfoto di spot-spot nuansa Eropa bisa jadi liburan menyenangkan.. Selamat menikmati liburan akhir pekan kalian yah sobat Topwisata loves.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments