Skip to main content

Asiknya Wisata Di Kebun Teh Sukawana Lembang

Anaya Lariencia

Keseruan Di Kebun Teh Sukawana Di Kota Lembang

Jalan menuju kebun teh Sukawanaa Lembang sebenarnya itu terjadi karena kebetulan. Pada awalnya kami bersama teman mau bermain ke curug, di daerah Curug cimahi. Namun ternyata pada saat itu sedang ditutup, mungkin disebabkan adanya longsor. Dan kami pun memutuskan pergi ke perkebunan teh Sukawanaa, selain itu memang kami belum pernah berkunjung kesana.
Dan tidak disangka, kebun teh Sukawanaa di Parongpong Lembang memiliki keindahan dan pemandangan di luar bayangan lho. Dulu kami pernah berkunjung ke kebun teh Rancabali di Ciwidey? indah serta hijau sekali bukan? Tidak kalah dengan perkebunan teh Sukawanaa dimana juga memiliki keindahan, dan tertara juga.

Wisata Kebun Teh Sukawanaa Di Kota Lembang

Kebun Teh Sukawanaa yang berada di kota lembang yang ada di bawah PTPN VIII, merupakan golongan kebun Bukit unggul, yang ada di Sukawanaa. Tadinya, tempat tersebut terkenal oleh sebutan pangheotan. , Nama asal nama tersebut adalah Van Houten, ia adalah seorang meneer Belanda yang mempunyai sebuah perkebunan.

Saat ini, PTPN VIII mengangkat Sukawanaa sebagai daerah kebun teh. Tempat ini, memiliki pabrik olahan teh. Dimana hasil olahan teh di tempat ini jauh lebih diprioritaskan sebagai export.

Lokasi perkebunan tersebut tidak sebesar perkebunan teh yang berada di kota Bandung lainnya misalnya rancabali, ciwalini, dan masih banyak lagi. Walaupun begitu namun ini juga termasuk kebun teh cukup aktif untuk produksinya, lokasi kebun teh tersebut terawat juga asri.
Disini anda dapat merasakan gunung Burangrang serta Tangkuban perahu yang berada tepat di depan mata anda. Tempat tersebut cocok untuk dijadikan lokasi wisata alam di Bandung.

Lokasi Kebun Teh Sukawanaa

Alamat kebun teh Sukawanaa ada di kota Karyawangi, Parongpong. kebun teh Sukawanaa ini lumayan dekat jika dari kota Bandung. Apabila dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang ada di Ledeng, tempat tersebut jaraknya cuma sekitar 15 KM. Namun pada jarak 2-3 KM jalan yang ditempuh cukup rusak. Jarak tempuh pada perjalanan akan terasa cukup lumayan banyak menyita waktu.

Titik jalan ke tempat tersebut juga cukup dimengerti sebetulnya. Anda dapat memakai jalan pertama atau alternatif menggunakan jalan ke arah Parongpong. Apabila arahnya dari Lembang, kendaraan tersebut diarahkan ke jalur parongpong. Lewat pertigaan Lembang Parongpong, kira-kira 3 KM sudah terlihat Masjid yang berada di sebelah kanan. Tidak jauh dari tempat tersebut akan ada pertigaan arah Sukawanaa yang berada di sebelah kanan.

Transportasi Ke Kebun Teh Di Lembang

Anda tidak akan melihat adanya angkutan umum di daerah tersebut. Disana hanya ada ojek pas di pertigaan parongpong yang berada di tempat tersebut. Sepertinya tidak ada angkutan lain yang berada di tempat tersebut. Meskipun ada tentunya akan datang pada jam tertentu.

Keadaan jalan memang cukup rusak, namun masih dapat dilewati motor dan juga mobil yang cukup tinggi. Kami sendiri memakai motor Nmax, namun masih dapat tiba di tempat tersebut walaupun sedikit memaksa.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawanaa

Harga tiket untuk masuk di kebun teh Sukawanaa lumayan terjangkau. Saya bersama teman memakai satu motor hanya dikenakan biaya Rp 5000 saja. Apabila anda mau Camping, anda dikenakan harga tiket sekitar Rp 10.000 untuk satu orang.

Dengan harga segitu, anda bebas berkeliling lokasi perkebunan teh di tempat tersebut hingga puas.
Hal Yang Dapat Anda Lakukan Di Tempat Tersebut

Disana ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan saat berada di perkebunan teh. Salah satunya adalah:

• Berkunjung Ke Pabrik Pengolahan Teh
Anda dapat bertanya ke Satpam yang menjaga gerbang untuk pembuatan teh secara teknis. Disana anda dapat melihat cara pengolahannya. Mulai dari proses pemetikan, pencucian, pengeringan dan penumbukan.

• Kemudian Ada Tea Walk
Marilah tea walk..berjalan-jalan di lokasi kebun teh dengan bebas. Jalan-jalan kecil yang ada di kebun teh dapat mudah untuk dilalui. Jalan-jalan kecil ini merupakan bentuk pola yang unik juga memiliki khas pada kebun teh yang terjaga bersih.

Lokasi perkebunannya ini juga relatif kecil tidak membuat tersesat jika berjalan disini. Patokan lokasinya cukup jelas. Namun harus hati-hati saat kabut turun ya.

• Melakukan Camping
Di tempat ini anda juga bebas apabila ingin camping. Dari yang kami lihat, tidak ada tempat khusus untuk camping, namun anda dapat memilih tempat mana yang akan dijadikan untuk membuat tenda.
Bagi rombongan, ada banyak lapangan kecil yang dapat dipakai. Dapat ditanyakan langsung ke pihak satpam.

• Anda Juga Bisa Bersepeda
Apabila anda senang bersepeda dengan trek yang memiliki tantangan lokasi sekitar kebun teh ini dapat menjadi pilihan. Dengan hamparan latar belakang pada kebun teh hijau, dimana jalannya naik turun, dan lokasi yang cukup dekat dari kota, tentunya bakal bisa memuaskan hobby bersepeda gunung anda.

• Sarana Yang Ada Disana
Di lokasi tersebut memiliki sarana khusus sebagai pendukung wisatanya. Itu terdiri dari sarana umum biasa. Dimana ada warung di beberapa tempat untuk jajan, minum serta mengisi perut. Masjid juga berada di lokasi rumah pegawai perkebunan. Namun untuk toiletnya tidak ada. Akan tetapi anda dapat ke toilet yang berada di Masjid. Ditempat ini anda dapat menyewa peralatan untuk camping dan juga lainnya. Maka anda wajib membawa peralatan dari rumah.

Untuk bermalam, Sebelum lokasi kebun teh tidak jauh dari sana ada Villa merah Sukawanaa. Berdasarkan informasi di internet, villa tersebut dapat disewa oleh masyarakat umum dimana di bawah pengelolaan PTPN. Anda dapat cek langsung ke hotel yang berada di lokasi parongpong dan Lembang.

Sumber referensi: nativeindonesia.com

Asiknya Wisata Di Kebun Teh Sukawana Lembang

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar