Lompat ke konten
Home » Video » Lakukan Beragam Aktivitas Menyenangkan di Wisata Gunung Bunder

Lakukan Beragam Aktivitas Menyenangkan di Wisata Gunung Bunder

Wisata Gunung Bunder (1)

Wisata Gunung Bunder

Gunung Bunder merupakan kawasan wisata yang berada di dataran tinggi. Lokasi wisata ini di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan Gunung Bunder terdiri dari dua desa yang punya puluhan objek wisata alam. Berada pada kaki Gunung Salak membuat kawasan wisata ini kaya akan keindahan alam yang masih alami dan asri. Bagi para pecinta wisata alam daerah pegunungan ini adalah salah satu alternatif yang terbaik untuk menjadi destinasi liburan selain kawasan Puncak.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bunder

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Gunung Bunder, para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000. Harga tiket masuk ini terpisah dari tarif tiket masuk berbagai spot wisata yang ada di dalamnya. Namun secara keseluruhan, harga tiket setiap spot wisata yang tersedia masih cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Sementara, harga tiket untuk kegiatan camping atau berkemah sebesar Rp. 35.000.

Jam Buka Wisata

Kawasan wisata Gunung Salak Endah buka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Kawasan wisata ini paling ramai dikunjungi saat masa libur akhir tahun tiba.

Kawasan Wisata Gunung Bunder

Gunung Bunder merupakan istilah untuk menyebut kawasan wisata terdiri dari sejumlah desa. Terdapat Desa Gunung Bunder 1, Desa Gunung Bunder 2, sampai Desa Gunung Picung. Semua desa sama-sama sajikan suasana pedesaan yang alami dan masih asri dengan keindahan Gunung Salak sebagai latar belakangnya.

Gunung Bunder pun termasuk ke dalam area wisata Gunung Salak Endah (GSE). Wisata ini terkenal menjadi alternatif tempat berlibur selain Puncak. Pasalnya kedua kawasan ini tawarkan daya tarik yang hampir mirip keelokan dan keindahannya. Udara segar pegunungan, pemandangan alam yang cantik dan memanjakan mata, serta beraneka spot wisata menarik dan ramah keluarga.

Di wisata ini berkemah jadi aktivitas paling disukai. Lalu selanjutnya ada kegiatan trekking karena banyaknya air terjun alami di kawasan ini. Tak hanya dua aktivitas tersebut, masih banyak kegiatan menyenangkan lain yang dapat dijajal.

Baca Juga :  Eduwisata Padang Mengatas, Instagramable bak New Zealand

Berikut ini beberapa kegiatan dan rekomendasi spot wisata yang ada:

  • Berkemah/Camping di Gunung Bunder
Wisata Gunung Bunder4
Wisata Gunung Bunder4

Tak sulit untuk menjumpai area berkemah di area Gunung Bunder. Namun, yang susah adalah memilih campground yang ada. Para wisatawan hanya tinggal menyusuri Jalan Gunung Bunder-GSE dan tentukan area camping atau berkemah yang sesuai dengan keinginan.

Camping Ground Gunung Bunder merupakan lokasi yang paling dekat dari gerbang masuk. Ada pula bumi perkemahan berlokasi di luar kawasan wisata. Misal salah satunya D’bunder View dan juga Alun-Alun Kuta Genggelang.

Lalu, masuk lebih jauh ke wilayah GSE, masih banyak tempat berkemah yang lain. Jika Anda ingin lebih dekat dengan kawasan air terjun, para wisatawan dapat berhenti di Curug Cihurang. Pada kawasan lebih ramai terdapat Panorama Alam Camping Ground. Kebanyakan menyuguhkan area tanah lapang atau hutan pinus sejuk.

Ingin suasana berbeda? Terdapat Camping Ground Villa Pink Curug Seribu yang terdapat danau cantik. Fasilitas glamping juga ada di sekitar wisata. Salah satunya adalah di Camp Hills Eco Stay berlokasi di Desa Gunung Sari.

  • Trekking ke Kawasan Air Terjun
Wisata Gunung Bunder3
Wisata Gunung Bunder3

Kaki Gunung Salak menyimpan banyak, bahkan hingga puluhan air terjun alami yang menawan. Koleksi air terjun di kawasan ini menyajikan kegiatan liburan menyenangkan di gunung ini, yakni trekking. Banyak wisata air terjun sudah dilengkapi tempat camping atau berkemah. Salah satunya yakni Curug Cihurang.

Curug lainnya yang dapat Anda kunjungi yakni Curug Goa Lumut dan Curug Batu Ngampar. Lalu ada pula Curug Ngumpet yang letaknya sedikit tersembunyi. Jika Anda ingin lihat air terjun yang paling tinggi di Gunung Salak, Anda bisa mengunjungi Curug Seribu. Tak hanya itu, Curug Lembah Tepus pun hadirkan panorama air terjun cantik dan pastinya instagenic.

Air terjun cukup populer di kawasan wisata ini adalah Curug Pangeran. Lalu, ada pula Curug Kondang dan Curug Nangka. Setiap spot wisata air terjun di kawasan ini memberlakukan tiket masuk. Namun tenang, harganya terjangkau sekali dengan kisaran Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

  • Berburu Foto atau Wisata Selfie
Wisata Gunung Bunder1
Wisata Gunung Bunder1

Di zaman sekarang, jalan-jalan ke kawasan wisata gunung sepertinya akan kurang lengkap jika belum berburu foto atau selfie. Kegiatan berfoto akan semakin menarik sebab semakin banyak destinasi wisata yang mendukung. Salah satu contohnya Ranggon Hills yang berada tidak jauh dari Curug Pangeran.

Baca Juga :  Seru, Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo

Tempat wisata ini hadirkan pemandangan perbukitan indah. Untuk lebih melengkapinya, ada beberapa instalasi kreatif untuk menjadi latar belakang berfoto. Terdapat rumah pohon, gardu pandang, sampai balon udara.

Hampir serupa dengan Ranggon Hills, terdapat Bukit Panorama di Desa Gunung Sari. Tak hanya spot foto di ketinggian, objek wisata ini pun sediakan fasilitas yang lainnya, seperti kolam mata air alami yang masih segar dan area perkemahan.

  • Penginapan yang Eksklusif
Wisata Gunung Bunder2
Wisata Gunung Bunder2

Lalu ada banyak pula pilihan bagi wisatawan yang ingin nikmati akomodasi yang nyaman untuk staycation. Ada banyak akomodasi sejenis dengan villa, glamping, atau bungalow di kawasan Gunung Bunder. Beberapa di antaranya adalah Pondok Rasamala, Centhini Resort, dan The Michael Resorts. Ketiganya tawarkan akomodasi tengah hutan yang dilengkapi fasilitas eksklusif.

Tak jauh dari sana, para wisatawan dapat menjumpai Kopi Tugoh, sebuah kedai kopi kekinian yang bisa jadi pilihan untuk nongkrong di kawasan wisata Gunung Bunder yang masih sejuk dan asri. Kedai Kopi Tugoh memiliki interior cafe modern dan nyaman, yang sajikan sajikan menu kopi lokal enak.

  • Wisata Gunung Salak

Melalui wisata Gunung Bunder, para wisatawan bisa nikmati wisata gunung berapi yang masih aktif. Anda bisa melakukan pendakian ke puncak Gunung Salak ataupun Anda dapat mengunjungi spot wisata yang manfaatkan panas bumi.

Kawah Ratu merupakan sisa letusan Gunung Salak yang dapat wisatawan kunjungi. Kawah ini sajikan pemandangan batu-batuan putih eksotis yang sebagai efek dari jejak belerang. Sungai pada sekitar kawah juga alirkan air panas mengandung belerang.

Manfaat dari air panas ini dapat dirasakan dengan kunjungi pemandian air panas. Para wisatawan dapat mencoba untuk berendam di Gunung Malang atau Ciparay. Keduanya menyuguhkan pengalaman unik berendam di air panas tengah alam terbuka.

Baca Juga :  Wisata Hutan Pinus Darmacaang Hill Ciamis, Tempat Healing Menyenangnkan

Fasilitas Tersedia di Wisata Gunung Bunder

Fasilitas wisata di Gunung Bunder tersedia sangat lengkap serta memadai. Spot wisata di sini seperti air terjun, campground, kolam renang, penginapan, dan lain sebagainya. Rata-rata setiap spot wisata sudah dilengkapi oleh toilet, area parkir, mushola, serta warung. Banyak pula penyewaan alat camping maupun trekking serta hiking.

Lokasi Wisata Gunung Bunder

Desa Gunung Bunder letaknya di barat daya Kota Bogor. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Wisata ini lokasinya hanya membutuhkan waktu tempuh 1-2 jam dari Kota Jakarta.

Akses jalan dapat melalui Cikampak ataupun Cibatok. Namun, tak ada angkutan umum melintasi kawasan ini. Para wisatawan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda, motor, atau mobil untuk bisa sampai ke wisata alam ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan