Lompat ke konten
Home » Video » Ke Baturaden, Kunjungi Juga Curug Bayan untuk Berwisata

Ke Baturaden, Kunjungi Juga Curug Bayan untuk Berwisata

Curug Bayan (1)

Curug Bayan

Baturraden mempunyai udara sejuk dan disertai hamparan pemandangan alam yang cantik dan indah. Berada di lereng Gunung Slamet membuatnya sering dikunjungi wisatawan.

Kawasan ini selalu ramai wisatawan yang berkunjung saat akhir pekan atau hari libur atau libur panjang, maka tidak heran jika ada banyak hotel atau villa pada sekitar kawasan Baturaden.

Salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Curug Bayan. Itu karena akses ke lokasi wisata sangat mudah dan cepat.

Simak lebih lengkap ulasan tentang Curug Bayan di bawah ini!

Trekking di Curug Bayan

Curug Bayan4
Curug Bayan4

Trekking ke Curug Bayan tak begitu sudah, ini karena Curug Bayan letaknya tak jauh dari jalan raya. Sehingga setelah parkir kendaraan, Anda akan berjalan sejauh beberapa meter saja untuk sampai mendekati area Curug Bayan.

Walaupun demikian, trekking saat akan mendekati Curug Bayan cukup sulit, sebab Anda harus berjalan di medan dengan bebatuan besar.

Setelah lewati bebatuan, tibalah Anda di area Curug Bayan. Di sini Anda bisa menikmati langsung air yang segar dan Anda bisa mendengarkan lebih dekat deburan aliran air.

Keindahan Curug Bayan yang Mempesona

Curug Bayan3
Curug Bayan3

Curug Bayan mengalirkan air dari ketinggian kurang lebih 7 meter, dengan kolam penampungan seluas 200 – 300 meter persegi dan mempunyai kedalaman kolam kurang lebih 2-5 meter.

Air mengalir dari Curug Bayan sangat bersih dan jernih, sehingga Anda dan wisatawan lain bisa melihat dengan jelas dasar kolam. Itu karena air curug berasal dari mata air Gunung Slamet yang melalui Sungai Banjaran.

Terletak di lereng Gunung Slamet membuat udara sekitar wisata Curug Bayan terasa sejuk, ditemani dengan pepohonan yang rindang. Jernih serta derasnya air mengalir terdengar seperti alunan musik yang bisa tenangkan jiwa.

Tidak hanya menikmati alam sekitar curug yang indah, Anda pun bisa melihat sejumlah peninggalan bersejarah di objek wisata ini. Beberapa peninggalan bersejarah tersebut seperti di sebelH kiri Curug Bayan terdapat pondasi jembatan buatan Jepang yang dulunya pernah menopang rel Lori PLTA Ketenger, tapi sekarang sudah tak dipakai lagi. Lalu, ada lagi Surge Tank yang berada di atas tebing, letaknya di sebelah kiri Penderasan. Surge Tank tersebut dulunya menjadi bagian konstruksi Power House PLTA Ketenger dibangun Belanda tahun 1939 dan sampai saat ini masih difungsikan.

Baca Juga :  Tak Perlu Jauh-Jauh ke Jepang, Rasakan Sensasi Liburan Seperti di Tokyo dengan Berlibur di Little Tokyo Jogja

Beragam Wisata Curug Bayan

Bermain Air

Curug Bayan6
Curug Bayan6

Curug Bayan memiliki kedalaman berbeda-beda serta dalam, sehingga para wisatawan tak diperbolehkan untuk berenang di kolam alami, tempat air jatuh di Curug Bayan.

Debit air juga cukup deras sehingga timbulkan arus cukup kuat. Namun, walaupun demikian Anda masih bisa nikmati kesegaran air dengan duduk cantik di bebatuan tersebar di sekitar area kolam Curug Bayan.

Merasakan kesegaran air yang berasal dari mata air pegunungan dan nikmati keindahan alam mempesona dan menakjubkan menjadi pengalaman luar biasa.

Mengabadikan Momen dengan Berfoto

Curug Bayan1
Curug Bayan1

Jangan lupa abadikan keindahan alam dari Curug Bayan pada bentuk foto atau video. Keindahan alam selalu jadi panorama mempesona dan menarik untuk diabadikan.

Lokasi dan Alamat Wisata Curug Bayan

Alamat lengkap Curug Bayan berada di Dusun Kalipugu, Desa Ketenger, Kec. Baturraden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Rute Menuju ke Wisata Curug Bayan

Rute menuju ke wisata Curug Bayan jika dari lokawisata Baturraden jarak kurang lebih 2,7 km. Sementara, jika Anda dari arah Purwokerto akan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan jarak ditempuh kurang lebih 13,6 km.

Dari arah gerbang Mandala Wisata Baturaden, Anda jalan terus lurus sampai pertigaan Ketenger. Lalu, Anda lalu belok kiri dan akan temukan jalan mulai menyempit dan cukup berbelok-belok. Setelahnya, Anda akan kembali temukan pertigaan kemudian belok kanan dan Anda akan masuk kembali ke area jalan raya.

Tak lama setelahnya, Anda akan sampai di pertigaan lagi, lalu ambil arah kiri. Anda sudah masuk Desa Ketenger. Anda akan mulai melewati jalan menanjak, menurun, serta berbelok-belok. Namun tak perlu khawatir, jalan yang dilalui untuk menuju Curug Bayan sudah mulus dan beraspal.

Baca Juga :  The Lawu Park Karanganyar, Penginapan + Wisata Alam

Masuk ke wilayah Curug Bayan, rumah-rumah warga sudah mulai jarang ditemukan, digantikan pepohonan yang rindang. Setelahnya, Anda akan lewati jembatan, maka Anda sudah sampai di kawasan wisata Curug Bayan.

Tiket Masuk dan Tarif Parkir Curug Bayan

Untuk tiket masuk dan biaya parkir wisata Curug Bayan adalah sebagai berikut:

  • Harga Tiket masuk : Rp. 7.000,- per orang
  • Tarif Parkir mobil : Rp. 5.000,- per unit
  • Tarif Parkir motor : Rp. 2.000,- per unit

Harga dapat berubah kapan saja, tergantung kebijakan dan ketentuan yang dibuat pengelola wisata.

Jam Buka atau Operasional Wisata Curug Bayan

Jam operasional wisata Curug Bayan dibuka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.30 WIB.

Fasilitas Tersedia di Wisata Curug Bayan

Fasilitas yang ada di wisata Curug Bayan cukup lengkap, di mana ada toilet, mushola dan juga warung kecil yang menjual mendoan khas daerah Banyumas.

Villa di Wisata Curug Bayan

Curug Bayan
Curug Bayan

Tidak jauh dari lokasi wisata Curug Bayan, tepatnya di area bawah Curug ada sebuah villa bernama Wisma Curug Bayan. Harga ditawarkan, yakni sekitar Rp. 450.000/malam (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Pada sekitar villa ada kolam alami besar memanjang dengan kedalaman berbeda. Kolam tersebut adalah aliran dari Curug Bayan langsung. Di kolam ini, Anda bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan, seperti berenang dan juga melompat dari atas batu. Merasakan kejernihan dan kesejukan air yang asalnya dari Gunung Slamet. Untuk Anda yang bawa anak-anak tak perlu merasa khawatir sebab ada pula kolam aman untuk anak-anak.

Bermalam atau menginap di sekitar Curug Bayan adalah pilihan terbaik untuk lebih lama menikmati alam. Kesejukan udara sekitar wisata dan jernihnya air curug yang mengalir bisa gantikan pikiran dan jiwa Anda yang layu dan tidak bersemangat menjadi kembali semangat.

Tips Wisata ke Curug Bayan

Curug Bayan2
Curug Bayan2

Berikut beberapa tips wisata untuk Anda yang memiliki rencana untuk mengunjungi objek  wisata Curug Bayan ini:

  • Lebih baik mengunjungi wisata Curug Bayan saat musim kemarau.
  • Pakai alas kaki nyaman, karena Anda akan berjalan di bebatuan.
  • Bawa baju ganti atau perlengkapan yang lain, jika Anda ingin menikmati kesegaran air dari Curug Bayan.
  • Selalu hati-hati dan waspada ketika berada di lokasi wisata Curug Bayan.
  • Jaga kebersihan selalu area wisata Curug Bayan, dengan tidak buang sampah secara sembarangan.
  • Siapkan kamera atau gadget Anda untuk abadikan keindahan alam wisata Curug Bayan.
Baca Juga :  6+ Potret Keindahan Malam Curug Gondoriyo Semarang

Penutup

Daerah Baturaden sudah menjadi salah satu kawasan wisata di Jawa Tengah yang menjadi andalan, salah satunya adalah dengan mengunjungi wisata Curug Bayan.

Di samping itu, lokasi wisata tidak jauh dari jalan raya, sehingga curug ini pun akan memberikan Anda ketenangan jiwa dengan pesona keindahan alam yang disajikan.

Jadi, jika Anda berada atau akan menuju ke wilayah Baturraden, jangan lupa untuk kunjungi wisata Curug Bayan. Ambil foto terbaik Anda di wisata alam ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan