Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Rolade Ayam Kulit Tahu dengan Saus Kental Istimewa

Resep Rolade Ayam Kulit Tahu dengan Saus Kental Istimewa

Rolade Ayam Kulit Tahu (1)

Resep rolade ayam kulit tahu

Resep rolade ayam kulit tahu yang satu ini istimewa karena mengkombinasikan daging ayam dengan daging sapi dengan perbandingan 2 : 1. Anda bisa membayangkan sendiri rasa daging cincangnya pasti lebih menggugah selera. Daya tarik lainnya, yaitu kulit pembungkus roladenya bukan dari telur dadar, tetapi kulit tahu. Jadi, kulitnya lebih tebal dan berisi yang menambah kenikmatan saat menyantap rolade tersebut.

Adapun bahan adonan roladenya ada tambahan bayam rembus agar ada protein nabatinya. Jika sudah matang, rolade bisa disantap dalam kondisi basah atau digoreng matang. Bisa dijadikan lauk makan utama atau pendamping yang tetap selalu sedap. Jika masih tersisa, rolade bisa disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup untuk dijadikan cadangan lauk beberapa hari ke depan.

Lalu, bagaimana resep rolade ayam kulit tahu yang dijamin lezat? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda sekalian.

Bahan-bahan

  1. 10 lembar kulit tahu siap makan (beli di pasar tradisional atau supermarket)
  2. 200 gram daging ayam giling
  3. 100 gram daging sapi giling
  4. 100 gram daun bayam direbus 5 menit, diperas, lalu dicincang halus
  5. 50 gram tepung terigu
  6. 1 sendok makan tepung sagu
  7. 2 butir telur ayam
  8. ½ butir bawang bombay dicincang halus
  9. 2 buah cabai merah keriting dicincang halus
  10. ½ sendok makan kecap ikan
  11. ½ sendok makan garam
  12. ½ sendok teh merica bubuk
  13. 2 sendok teh gula pasir
  14. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng
  15. Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Resep Risol Bihun: Enaknya Bikin Sendiri di Rumah

Bahan untuk saus

  • 2 siung bawang putih dicincang halus
  • 1 buah cabai merah besar dibuang biji dipotong kecil
  • 1 sendok makan saus cabai
  • 1½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok makan tepung sagu dilarutkan dengan ½ sendok makan air matang
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 1 sendok teh daun ketumbar dicincang halus
  • 400 ml air

Cara membuat rolade ayam kulit tahu

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep rolade ayam kulit tahu dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat adonan isian rolade. Caranya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan ke dalamnya daging ayam, daging sapi, bayam, tepung terigu, tepung sagu, dan telur ayam. Aduk dulu merata menggunakan tangan saja.
  2. Setelah itu, tambahkan cincangan bawang bombay, cabai keriting, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk lagi merata hingga semua bahan tercampur.
  3. Selanjutnya, ambil selembar kulit tahu, lalu isi bagian tengahnya dengan adonan isi yang sudah jadi sekitar tigas sendok makan. Lalu, gulung adonannya dengan kulit tahu dan tusuk dua bagian pinggirannya dengan tusuk gigi agar rapat.
  4. Lakukan langkah tersebut untuk semua kulit tahu dan semua adonan isinya habis. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan masukkan semua rolade ke dalamnya.
  5. Kukus sekitar 30 menit diatas api kompor sedang hingga matang. Jangan lupa mengecek tingkat kematangannya. Setelah matang, matikan kompor dan buka penutup panci kukusan agar rolade mendingin.
  6. Anda yang ingin roladenya dalam kondisi kering silahkan menggorengnya beberapa saja, sementara sisanya bisa disimpan di kulkas. Siapkan wajan penggorengan, lalu beri minyak goreng yang sudah disiapkan.
  7. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan rolade ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kecoklatan di semua sisinya. Jadi, jangan lupa membolak-balikkannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Sambil menunggu rolade tidak terlalu panas, Anda bisa membuat sausnya. Caranya, rebus dulu bawang putih dan cabai hingga harum diatas api kompor kecil.
  9. Setelah itu, bumbui garam, gula pasir, dan saus cabai. Aduk perlahan saja. Tambahkan larutan tepung sagu, lalu aduk lagi hingga mengental.
  10. Setelah mendidih, tambahkan air jeruk lemon, dan daun ketumbar. Aduk sebentar. Silahkan menccipi sedikit saus tersebut untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak panas.
  11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu ambil rolade yang sudah digoreng dan potong-potong. Letakkan dan tata potongan rolade diatas piring. Siapkan juga sebuah mangkuk kecil untuk wadah sausnya.
Baca Juga :  Pancake Kenari Saus Jeruk, Camilan Enak Mudah Dibuat

Resep rolade ayam kulit tahu diatas silahkan Anda praktikkan di rumah. Jangan lupa mengajak keluarga dan orang terdekat mencicipinya setelah matang.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan