Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Rolade Ikan ala Rumahan Rasanya Mantul untuk Stok Lauk di Rumah

Resep Rolade Ikan ala Rumahan Rasanya Mantul untuk Stok Lauk di Rumah

Rolade Ikan1 (1)

Resep rolade ikan

Resep rolade ikan dapat menjadi stok lauk untuk Anda sekeluarga karena masih bisa disimpan di dalam kulkas.

Keesokan harinya, Anda dapat memanaskan rolade menggunakan microwave, digoreng dengan margarin, atau dipanggang sesuai selera. Selanjutnya, rolade ikan langsung dapat disantap dengan sausnya atau bisa memasaknya dengan berbagai bumbu.

Terutama Anda yang ingin lebih praktis sekaligus mengehemat pengeluaran, silahkan membuat rolade ikan.

Bahan utamanya bukan daging sapi seperti rolade pada umumnya, tetapi ikan tenggiri. Dipilih ikan tenggiri karena dagingnya lebih tebal dan harganya di pasaran masih terjangkau. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan daging ikan tongkol.

Lalu, bagaimana resep rolade ikan yang benar-benar direkomendasikan? Untuk lebih detailnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan isi rolade

  1. 2 ekor ikan tenggiri segar ukuran sedang atau besar
  2. 250 gram udang segar ukuran sedang
  3. 2 batang daun bawang diiris halus
  4. 2 sendok makan tepung terigu
  5. 1 butir telur ayam diambil putihannya saja dikocok lepas
  6. ½ sendok teh kecap ikan
  7. ½ sendok teh garam
  8. ¼ sendok teh merica bubuk
  9. Air matang secukupnya

Bahan adonan tepung

  1. 50 gram tepung terigu
  2. ½ sendok teh baking powder
  3. 1 sendok teh tepung sagu
  4. 1 sendok makan tepung beras
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. 125 ml air es
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng rolade

Bahan untuk saus

  1. 2 siung bawang putih dicincang halus
  2. 1 sendok teh saus tiram
  3. ¼ sendok teh merica bubuk
  4. ¼ sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh gula pasir
  6. 250 ml air matang
  7. 2 sendok teh tepung maizena dilarutkan air
  8. 1 sendok teh biji wijen disangrai
  9. 2 sendok makan mentega
Baca Juga :  Resep Tumis Ayam Jamur Pedas, Menu Lauk Makan Siang yang Mudah Dimasak

Bahan pelengkap

  1. Kulit kembang tahu secukupnya
  2. Crab stik secukupnya

Cara membuat rolade ikan

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mulai mempraktikkan resep rolade ikan dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan tenggiri yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, kuliti ikannya dan ambil dagingnya saja. Jangan lupa mengambil semua durinya. Lalu, cincang halus daging ikan tenggiri. Sisihkan.
  2. Begitu juga dengan udang yang sudah disiapkan. Silahkan dibersihkan dulu di bawah air mengalir dan buang bagian kepala dan cangkangnya. Setelah itu, cincang halus menggunakan blender, chopper, atau secara menual memakai pisau. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan sebuah baskom bersih, lalu masukkan cincangan daging ikan tenggiri dan udang ke dalamnya. Selain itu, masukkan semua bahan isian rolade yang sudah disiapkan satu per satu ke dalam baskom sambil diaduk hingga kalis. Jika belum kalis, tambahkan air matang secukupnya.
  4. Langkah berikutnya, ambil selembar kulit kembang tahu, lalu beri adonan rolade secukupnya diatasnya. Jangan lupa diratakan dan dipadatkan. Setelah itu, beri sebuah crab stik di bagian tengah, lalu gulung dan padatkan lagi.
  5. Jangan sampai gulungannya lepas, sehingga Anda bisa menalinya dengan benang. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan roladenya habis. Sisihkan dulu.
  6. Siapkan pandi kukusan, lalu masukkan semua rolade ke dalamnya. Kukus sekitar 15 menit atau sampai matang. Anda harus mengecek tingkat kematangannya dengan menusuk bagian tengah rolade dengan garpu.
  7. Jika sudah terasa padat dan lebih keras serta tidak menempel di garpu, berarti adonan roladenya sudah matang. Namun jika belum, kukus lagi beberapa menit hingga benar-benar matang. Setelah matang, angkat dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas.
  8. Sambil menunggu roladenya mendingin, Anda bisa membuat adonan tepun untuk celupannya. Caranya, siapkan baskom wadah bersih, lalu masukkan semua bahan celupan yang sudah diapkan ke dalamnya, kecuali minyak goreng. Aduk hingga kalis.
  9. Potong-potong vertikal gulungan rolade dengan ketebalan sekitar 2 cm. Lalu, ambil sebagian potongannya dan masukkan ke dalam adonan tepung dibolak-balik
  10. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng rolade. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu rolade ke dalam minyak. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan jangan lupa dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  11. Anda masih harus membuat saus untuk roladenya. Caranya, panaskan wajan penggorengan di api kompor kecil saja dan beri mentega untuk menumis. Setelah panas dan meleleh, tumis bawang putih hingga harum.
  12. Masukkan semua bahan saus yang sudah disiapkan satu per satu ke dalam wajan sambil diaduk perlahan. Setelah mendidih, cicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah rasanya sesuai selera, matikan kompor dan saus siap dihidangkan.
  13. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu taruh rolade ikan goreng yang sudah matang diatasnya. Sajikan dengan sausnya yang sudah jadi.
Baca Juga :  Inilah Resep Roti John Yang Pastinya Bikin Ngiler

Langkah-langkah resep rolade ikan diatas memang cukup panjang, tetapi dijamin rasanya mantul. Sementara itu, sisa potongan rolade yang belum digoreng dapat disimpan di dalam wadah tertutup, lalu masukkan ke dalam kulkas. Jika ingin menyantapnya lagi, Anda bisa memanaskannya untuk digoreng atau dimasak menjadi berbagai masakan.

Lihat video membuat Rolade Ikan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info