Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Menu Sahur yang Enak, ini cara Membuat Tongkol Suwir Kemangi

Menu Sahur yang Enak, ini cara Membuat Tongkol Suwir Kemangi

Membuat Tongkol Suwir Kemangi (1)

Membuat Tongkol Suwir Kemangi

Bahan-bahan

  1. 500 gram Ikan Tongkol (kukus lalu suir)
  2. 1 genggam Daun Kemangi
  3. 100 gram Cabe Rawit hijau (blender kasar)
  4. 1 buah Tomat ukuran sedang (blender kasar)
  5. 3 lembar Daun Jeruk
  6. 1 batang Serai (memarkan)
  7. Secukupnya Garam
  8. Secukupnya Kaldu Bubuk

Bumbu Halus :

  1. 50 gram Cabe Merah Keriting
  2. 6 siung Bawang Putih
  3. 10 siung Bawang Merah
  4. Sedikit air dan Minyak

Mempersiapkan Tongkol Kemangi

  1. Untuk membuat abon tongkol kemangi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih daun kemangi yang masih segar[1]. Penting untuk memilih daun kemangi yang tidak layu atau berubah warna, karena mungkin rasa atau teksturnya tidak sama dengan daun kemangi segar. Setelah daun kemangi dipilih, buang batangnya dan buang [2]. Batangnya mungkin keras dan pahit, jadi sebaiknya gunakan daunnya saja dalam resep ini.
  2. Setelah batangnya dibuang, langkah selanjutnya adalah mencuci dan mengeringkan daun kemangi [3]. Bilas daun di bawah air mengalir, pastikan untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Kemudian, tepuk-tepuk perlahan daun hingga kering menggunakan handuk dapur atau handuk kertas bersih. Penting untuk memastikan daun kemangi benar-benar kering sebelum digunakan dalam resep, karena kelembapan berlebih dapat mempengaruhi tekstur hidangan akhir.
  3. Langkah terakhir dalam menyiapkan kemangi untuk diparut tongkolnya adalah dengan menyuwir daunnya. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan garpu atau dengan tangan[2]. Setelah daun kemangi diparut, daun kemangi dapat ditambahkan ke bahan lain dalam resep, seperti suwiran ikan tuna, tomat, dan bumbu halus[4][5]. Perpaduan rasa pedas dan gurih serta segarnya rasa kemangi menjadikan hidangan ini sebagai tambahan lezat dan menyehatkan untuk santapan apa pun.

Merobek Tongkol Kemangi

  1. Untuk membuat abon tongkol kemangi, langkah pertama adalah memetik daun kemangi segar dan mencucinya hingga bersih[1]. Selanjutnya daun kemangi digulung rapat dan diiris tipis-tipis. Proses ini disebut sifonade dan membantu melepaskan minyak aromatik dalam daun kemangi sehingga meningkatkan rasa dan aromanya. Daun kemangi yang diparut kemudian disisihkan dan digunakan nanti dalam resep. Perpaduan kemangi segar dan suwiran tongkolnya menciptakan hidangan lezat dan harum yang cocok untuk segala acara.
  2. Langkah selanjutnya dalam membuat suwiran tongkol kemangi adalah dengan menggoreng tongkol kemangi hingga setengah matang[2]. Setelah agak dingin, tongkolnya diparut tipis-tipis dan sisihkan. Di wajan terpisah, panaskan sedikit minyak lalu masukkan bumbu halus, antara lain cabai merah, lengkuas, dan daun salam[1]. Tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan suwiran tongkol cue, tumis beberapa menit hingga bumbu tercampur rata. Hasilnya adalah hidangan beraroma dan aromatik yang pasti akan memuaskan selera siapa pun.
  3. Untuk menyelesaikan suwiran tongkol kemangi, ditambahkan abon kemangi atau suwiran daun kemangi ke dalam adonan tongkolnya. Abon kemangi dibuat dengan cara mencincang halus daun kemangi dan memisahkannya menjadi potongan-potongan kecil yang halus[1]. Abon kemangi menambahkan aroma segar dan herba pada hidangan, melengkapi rasa gurih dan sedikit manis dari tongkolnya. Hidangan tersebut kemudian siap disajikan dan dinikmati dengan nasi putih atau sebagai lauk untuk hidangan apa pun. Baik Anda penggemar rasa pedas atau ringan, suwiran tongkol kemangi adalah hidangan lezat dan bergizi yang pasti akan memuaskan selera Anda.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Kemangi yang Segar dan Wangi** – Pilih kemangi segar dengan daun berwarna hijau cerah dan aroma yang kuat. Hal ini menandakan kemangi sedang berada pada puncak rasa dan akan memberikan hasil terbaik saat diparut.

Baca Juga :  Resep Spagheti Jamur Pedas yang Mudah dan Cepat Membuatnya di Rumah

**Tangani Kemangi dengan Lembut** – Pegang daun kemangi dengan hati-hati agar daunnya tidak memar dan rusak. Hal ini memastikan kemangi mempertahankan rasa dan penampilannya setelah diparut.

**Teknik Tumpuk dan Gulung** – Tumpuk daun kemangi satu sama lain, lalu gulung rapat menjadi silinder. Gunakan pisau tajam untuk mengiris tipis daun kemangi yang sudah digulung, hingga menjadi serpihan halus. Teknik ini membantu mencapai potongan yang seragam dan konsisten.

**Potong Sesaat Sebelum Digunakan** – Kemangi segera diparut sebelum digunakan untuk menjaga kesegarannya dan mencegah layu. Setelah diparut, kemangi cenderung cepat kehilangan warna cerah dan rasanya.

**Hindari Kelembapan Berlebihan** – Pastikan daun kemangi kering sebelum diparut, karena kelembapan berlebih dapat menyebabkan daun menggumpal dan menghasilkan tekstur yang kurang diinginkan. Tepuk-tepuk daun dengan lembut menggunakan tisu jika perlu sebelum diparut.

Baca Juga :  Resep sederhana Ayam bumbu kuning ala rumahan

FAQ

Q: Bagaimana cara memilih kemangi segar untuk membuat parutan tongkol kemangi? A: Saat memilih kemangi, carilah daun hijau cerah yang bebas dari bintik hitam atau layu. Daunnya harus keras dan harum, menandakan kesegaran.

Q: Bagaimana cara terbaik membuang daun dan batang kemangi untuk diparut? A: Untuk membuang daun dan batang kemangi, pegang batangnya dengan kuat dan gerakkan jari Anda di sepanjang batang untuk mengupas daunnya. Buang batangnya dan gunakan daunnya untuk diparut.

Q: Haruskah saya mencuci kemangi sebelum diparut? A: Ya, daun kemangi harus dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Setelah dicuci, pastikan kemangi benar-benar kering sebelum diparut agar tidak menggumpal.

Q: Bagaimana cara merobek daun kemangi secara efektif? A: Untuk merobek daun kemangi, susun menjadi satu, gulung menjadi silinder yang rapat, lalu gunakan pisau tajam untuk mengiris daun yang digulung menjadi potongan tipis. Metode ini membantu mendapatkan kemangi yang diparut halus.

Q: Apa yang bisa saya lakukan dengan parutan kemangi setelah menyiapkannya? A: Kemangi yang diparut dapat digunakan sebagai hiasan beraroma untuk berbagai hidangan, seperti pasta, salad, sup, dan bahkan sebagai topping bruschetta. Dapat juga dicampur ke dalam saus atau saus untuk menambah rasa kemangi segar.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Ijo

Referensi : 

1.   Resep Tongkol suwir daun kemangi  oleh Miya Mikayla.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com/id/resep/4270581-tongkol-suwir-daun-kemangi 

2.   Resep Tongkol Suwir Kemangi, Cara Masaknya Ditumis.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Tongkol Suwir Kemangi oleh Zakia Ashila.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com/id/resep/8049763-tongkol-suwir-kemangi 

4.   Resep Tongkol Suwir Kemangi Pedas oleh Dinda Rizky Tan.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com/id/resep/10348819-tongkol-suwir-kemangi-pedas 

5.   Resep Tongkol Suwir Kemangi, Lauk Pelengkap Nasi ….  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.kompas.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info