Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Bubur Bayam untuk Pendamping ASI si Kecil

Membuat Bubur Bayam untuk Pendamping ASI si Kecil

Membuat Bubur Bayam

Membuat Bubur Bayam

Bahan-bahan

  1.  2 porsi
  2. 1 mangkok nasi / Beras
  3. 1 ikat bayam, cuci bersih, ambil daunnya saja
  4. secukupnya air kaldu ayam/sapi
  5. 5 siung bawang putih, cincang kasar
  6. secukupnya kaldu jamur (bisa ganti garam dan gula)
  7. secukupnya lada
  8. 3 sdm minyak sayur

Langkah-langkah membuat bubur bayam

  1. Langkah pertama dalam membuat bubur bayam adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan[1]. Diantaranya tepung beras, kaldu sapi, tempe, dan daun bayam. Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasak bubur. Caranya, rebus ayam, bawang putih, air, garam, dan merica bubuk hingga ayam empuk. Setelah ayam matang, angkat dan saring kaldunya untuk dijadikan kuah bubur[2].
  2. Setelah kuahnya disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasak buburnya sendiri. Campur nasi dengan kuah kaldu lalu masak hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan irisan daun bayam dan aduk hingga bayam matang[3]. Ini akan memberi bubur warna hijau cerah dan rasa yang lezat dan bersahaja. Setelah bubur matang, bisa disajikan panas dan diberi topping tambahan seperti irisan tempe atau bawang merah goreng[4].
  3. Untuk memberikan tambahan nutrisi pada bubur bayam, dapat ditambahkan ASI sebagai makanan tambahan untuk bayi dan anak usia 6-24 bulan[5][6]. Sebagai alternatif, untuk rasa yang lebih gurih, bahan tambahan seperti hati ayam atau jagung bisa ditambahkan ke dalam bubur saat dimasak[7][8]. Terakhir, agar penyajiannya lebih menarik, bisa ditambahkan irisan daun bawang sebagai hiasan[9]. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, siapa pun dapat membuat bubur bayam yang lezat dan bergizi yang cocok untuk santapan apa pun sepanjang hari[10].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bayam Segar** – Pilih daun bayam yang segar dan cerah dengan batang yang renyah dan warna hijau tua. Hindari bayam dengan daun menguning atau batang berlendir, karena ini merupakan tanda pembusukan. Bayam segar akan menghasilkan bubur yang lebih enak dan kaya nutrisi.

Baca Juga :  Membuar Resep Puding Telur Ceplok Kesukaan Anak

**Membersihkan dan Menyiapkan Bayam** – Cuci daun bayam hingga bersih untuk menghilangkan kotoran atau pasir. Pangkas batang yang keras dan buang daun yang rusak atau layu. Bayam yang dibersihkan dan disiapkan dengan benar memastikan tekstur bubur yang bersih dan menyenangkan.

**Menyeimbangkan Rasa dengan Bumbu** – Bayam memiliki rasa yang sedikit pahit, jadi penting untuk menyeimbangkan rasa dengan bumbu yang tepat. Pertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, dan sedikit garam untuk meningkatkan rasa bubur secara keseluruhan. Anda juga bisa menambahkan sejumput pala atau perasan air jeruk lemon untuk melengkapi rasa bayam.

**Memilih Basis yang Tepat** – Saat membuat bubur bayam, pertimbangkan untuk menggunakan bahan dasar yang beraroma seperti kaldu ayam atau sayuran daripada air biasa. Bagian dasarnya akan menambah kedalaman dan kekayaan bubur, sehingga meningkatkan cita rasa hidangan secara keseluruhan.

**Bereksperimen dengan Tekstur** – Bereksperimenlah dengan tekstur berbeda dengan memblender sebagian bayam matang sebelum menambahkannya ke dalam bubur. Ini menciptakan konsistensi yang halus dan lembut sambil tetap mempertahankan beberapa daun bayam utuh untuk menambah tekstur. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan bahan-bahan seperti kentang, nasi, atau quinoa untuk tekstur yang lebih sehat dan nilai gizi tambahan.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur bayam? A: Untuk membuat bubur bayam, Anda memerlukan bayam segar, beras, bawang putih, garam, merica, kaldu ayam, dan air.

Baca Juga :  Resep Babi Kecap Pedas Gurih Yang Bisa Anda Coba

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak bubur bayam? A: Langkah-langkah memasak bubur bayam meliputi mencuci bayam dan beras, menumis bawang putih, menambahkan beras dan kaldu ayam, memasukkan bayam, dan memasak hingga beras menjadi bubur.

Q: Apakah ada variasi penyajian dan hiasan untuk bubur bayam? A: Anda dapat menyajikan bubur bayam dengan menambahkan irisan daun bawang, bawang goreng, irisan cabai rawit, atau telur rebus sebagai hiasan. Selain itu, tambahan taburan wijen juga bisa menjadi variasi penyajian yang menarik.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam bubur bayam? A: Tentu, Anda bisa menambahkan bahan lain ke dalam bubur bayam sesuai selera Anda, seperti daging ayam cincang, jagung manis, atau tahu goreng sebagai tambahan untuk memperkaya rasanya.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur bayam? A: Waktu memasak bubur bayam biasanya sekitar 30-40 menit tergantung pada jenis beras yang digunakan dan tingkat kelembutan bubur yang diinginkan.

Referensi : 

1.   Resep Bubur Siram Ayam untuk MPASI Bayi.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.nutriclub.co.id 

2.   Resep Bubur Bayam, Makanan Bergizi untuk yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Bubur bayam simple enak oleh Lina Lim.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com/id/resep/807745-bubur-bayam-simple-enak 

4.   Resep Bubur Hati Ayam Sayur Bayam oleh salmaa septiana.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16372265-bubur-hati-ayam-sayur-bayam 

5.   Bubur Saring Bayam (Makanan Pendamping Asi).  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari dkpp.jabarprov.go.id 

Baca Juga :  Cumi Asin Sambal Dabu-Dabu, Sangat Cocok Disantap Makan Siang Hari Ini

6.   Nestle Bubur Bayi Cerelac Probiotik Wort,Bayam&Labu ….  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.klikindomaret.com/product/bubur-bayi-cerelac-probiotik-3 

7.   MPASI Bubur Bayam, Keju&Tempe (Shanum 6m+).  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari cookpad.com 

8.   Resep Bubur Bayam untuk Sahur Bergizi, Tambah Kaldu ….  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.kompas.com 

9.   Resep Bubur Manado, Makanan Sehat yang Kaya Nutrisi.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.sasa.co.id 

10.   Cara membuat Sayur Bening Bayam untuk Keluarga – Kilas.co.  (n.d.)   Diperoleh February 5, 2024, dari www.kilas.co 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan