Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Oseng tempe kacang untuk menu hemat

Membuat Oseng tempe kacang untuk menu hemat

Membuat Oseng tempe kacang (2)

Membuat Oseng tempe kacang

Bahan-bahan

  1. 300 gram tempe, potong, goreng sebentar
  2. 150 gram kacang panjang
  3. 3 siung bawang putih, iris
  4. 4 butir bawang merah, iris
  5. 2 buah cabe hijau besar, potong miring
  6. 3 buah cabe merah keriting, potong miring
  7. 1 lembar daun salam
  8. 3 sdm kecap manis
  9. 1 sdt saus tiram
  10. 200 ml air
  11. secukupnya garam
  12. secukupnya gula pasir
  13. 2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat tempe kacang tumis

  1. Untuk membuat tempe kacang tumis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempe dan sayurannya. Cuci dan potong seikat kacang panjang kecil-kecil, lalu potong papan tempe menjadi persegi panjang kecil[1]. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng tempe hingga matang[2]. Sisihkan tempe yang sudah digoreng dan siapkan bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, bawang merah, dan lengkuas[3]. Sayuran ini akan menambah rasa dan aroma masakan sehingga semakin nikmat.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat saus kacangnya. Dalam blender, campurkan kacang tanah sangrai, bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, daun salam, saus tiram, kecap manis, dan air[4]. Blender hingga halus dan sisihkan. Saus ini akan menambah rasa pedas dan gurih pada masakan, melengkapi tempe dan sayuran.
  3. Langkah terakhir adalah menumis tempe dan sayuran dengan bumbu kacang. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum[5]. Masukkan kacang panjang lalu tumis beberapa menit hingga matang namun masih renyah. Lalu masukkan tempe goreng dan sambal kacangnya. Tumis beberapa menit lagi hingga kuah tercampur rata dengan tempe dan sayuran. Sajikan panas dengan nasi atau mie[7]. Hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan protein dan serat sehingga menjadi santapan yang sehat dan mengenyangkan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Tempe Berkualitas Tinggi** – Pilihlah tempe yang segar dan berkualitas tinggi untuk memastikan tekstur dan rasa terbaik pada tempe kacang tumis Anda. Carilah tempe yang keras, beraroma kacang-kacangan, dan tidak ada tanda-tanda pembusukan.

Baca Juga :  Resep Telur Puyuh Tumis Kecap, Masakan Sederhana dan Mudah

**Marinasi Tempe untuk Meningkatkan Rasa** – Merendam tempe sebelum ditumis dapat meningkatkan cita rasa tempe. Gunakan bumbu marinasi yang terbuat dari kecap, bawang putih, jahe, dan sedikit minyak wijen untuk memberikan rasa gurih dan aromatik pada tempe.

**Gunakan Panas Tinggi dan Memasak Cepat** – Menggoreng membutuhkan api besar dan pemasakan cepat untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang diinginkan. Pastikan wajan atau wajan Anda panas sebelum menambahkan tempe, dan tumis sebentar dengan api besar untuk mendapatkan bagian luar yang renyah sambil menjaga bagian dalam tetap empuk.

**Tambahkan Saus Kacang di Saat yang Tepat** – Siapkan bumbu kacang yang harum dan tambahkan pada tumisan tempe pada waktu yang tepat. Setelah tempe hampir matang, tuangkan saus kacang di atas tempe, biarkan tempe terlapisi secara merata dan memberikan rasa pedas yang kaya.

**Masukkan Sayuran Segar untuk Keseimbangan** – Untuk membuat hidangan yang lengkap, pertimbangkan untuk menambahkan sayuran segar seperti paprika, kacang polong, atau brokoli ke dalam tumisan tempe kacang. Sayuran ini tidak hanya memberi kontribusi warna dan tekstur tetapi juga meningkatkan profil nutrisi pada hidangan.

FAQ

Q: Bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat tempe kacang tumis? A: Untuk membuat tempe kacang tumis, Anda membutuhkan tempe, berbagai macam sayuran seperti paprika, brokoli, dan wortel, serta bahan untuk saus kacang seperti selai kacang, kecap, bawang putih, jahe, dan bahan pemanis sejenisnya. madu atau gula merah.

Baca Juga :  Resep Bebek Goreng Khas Surabaya yang Endul dan Jadi Incaran Tiap ke Kota Pahlawan

Q: Bagaimana cara menyiapkan tempe dan sayuran untuk ditumis? A: Potong tempe menjadi kubus seukuran sekali gigit dan potong sayuran menjadi potongan-potongan berukuran sama untuk memastikan kecepatan memasaknya sama. Penting untuk memasak tempe terlebih dahulu dengan cara dikukus atau direbus selama beberapa menit untuk menghilangkan rasa pahitnya sebelum ditumis.

Q: Bisakah Anda memberikan resep sederhana untuk membuat saus kacangnya? A: Tentu! Untuk membuat saus kacangnya, campurkan selai kacang, kecap asin, bawang putih cincang, parutan jahe, sedikit minyak wijen, dan pemanis seperti madu atau gula merah. Encerkan saus dengan air atau kaldu sayuran untuk mencapai kekentalan yang diinginkan.

Q: Bagaimana proses menumis tempe dan sayur dengan bumbu kacang? A: Mulailah dengan menggoreng tempe hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah. Kemudian masukkan sayuran dan lanjutkan menumis hingga empuk dan renyah. Terakhir, tuangkan saus kacang di atas tempe dan sayuran, aduk semuanya hingga terlapisi dengan baik dan dipanaskan seluruhnya.

Q: Bisakah saya menyesuaikan tempe kacang tumis dengan bahan tambahan atau variasi? A: Sangat! Anda dapat mempersonalisasi hidangan dengan menambahkan bahan-bahan seperti tahu, jamur, atau kastanye air. Selain itu, Anda bisa mengatur tingkat kepedasannya dengan memasukkan serpihan cabai atau sriracha ke dalam saus kacangnya. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan resep dengan preferensi selera Anda.

Referensi : 

1.   Oseng Tempe Kacang Panjang simple.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com 

2.   Resep Oseng Kacang Tempe Kecap, Menu Simpel yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.sayurbox.com/blog/resep-oseng-kacang-tempe-kecap 

Baca Juga :  Resep Membuat Jajangmyeon, Mie Saus Kacang Hitam

3.   Resep Tumis kangkung, kacang, tempe oleh Latifa – Mahir.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/10294155-tumis-kangkung-kacang-tempe 

4.   Resep Tumis Kacang Panjang Tempe Kecap Praktis.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.fimela.com 

5.   Resep Oseng Tempe Kacang Panjang, Tumis Sayur dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

6.   Oseng Tempe Kacang Panjang – Royco.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.royco.co.id/r/oseng-tempe-kacang-panjang.html/242008 

7.   Resep Tumis Kacang Panjang dan Tempe yang Sedap ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan