Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Cumi Sambal Hijau untuk Menu Sehari-hari

Membuat Cumi Sambal Hijau untuk Menu Sehari-hari

Membuat Cumi Sambal Hijau (2)

Membuat Cumi Sambal Hijau

Bahan-bahan

  1. 250 gram cumi segar

Bumbu halus :

  1. 5 cabe hijau besar
  2. 15 cabe rawit hijau
  3. 5 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. secukupnya Garam dan gula
  6. Penyedap secukupnya (optional)
  7. Minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah membuat Cumi Cabai Hijau

  1. Untuk membuat cumi cabai hijau, langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan cuminya [1]. Bersihkan dan cuci cumi, lalu potong-potong. Taburi dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 5 menit, lalu bilas. Goreng cumi sebentar lalu tiriskan. Proses ini membantu melunakkan cumi dan menghilangkan kelebihan air, memastikan matangnya merata saat ditambahkan ke dalam saus[1].
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat sambal ijo[2]. Blender kasar bawang putih, bawang merah, dan cabai hijau. Rebus air secukupnya dalam panci lalu tambahkan daun jeruk dan garam. Di wajan terpisah, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga mendidih dan matang. Tambahkan serai dan daun jeruk ke dalam bumbu dan lanjutkan memasak. Terakhir, tambahkan air ke dalam panci dan aduk campurannya [3].
  3. Setelah sausnya siap, masukkan cumi ke dalam wajan[4]. Aduk rata dan tambahkan irisan bawang bombay, tomat cincang, garam, dan air. Tutup panci dan masak hingga cumi matang dan kuah mengental[1]. Proses ini akan memakan waktu sekitar 30 menit. Hasilnya adalah sajian lezat berupa cumi-cumi yang empuk dan beraroma, dilumuri saus cabai hijau yang pedas dan tajam[5]. Sajikan cumi cabai hijau panas dengan nasi putih, dan nikmati semburan rasa di setiap gigitannya[6].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Cumi Segar** – Saat membuat cumi cabai hijau, sangat penting untuk memulai dengan cumi segar untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik. Carilah cumi-cumi yang kulitnya bening dan berkilau serta aromanya lembut dan segar. Hindari cumi-cumi yang mengalami perubahan warna atau bau amis yang menyengat, karena ini adalah tanda-tanda penuaan atau pembusukan.

Baca Juga :  Kue Bawang Renyah dan Empuk, Mudah kok, Begini caranya

**Pembersihan dan Persiapan yang Benar** – Bersihkan cumi secara menyeluruh dengan membuang kepala, organ dalam, dan tulang punggung transparan. Kupas kulitnya dan bilas cumi dengan air dingin. Kemudian, potong cumi menjadi cincin atau irisan, pastikan ukurannya seragam agar matangnya merata.

**Menyeimbangkan Panasnya Cabai Hijau** – Cabai hijau bisa berbeda-beda tingkat kepedasannya. Cicipi sepotong kecil cabai sebelum digunakan untuk mengukur tingkat kepedasannya. Sesuaikan jumlah cabai berdasarkan tingkat kepedasan dan kesukaan Anda untuk memastikan hidangan tidak terlalu pedas atau terlalu lembut.

**Menyeimbangkan Rasa** – Cumi cabai hijau harus memiliki rasa yang seimbang, termasuk pedasnya cabai, tajamnya jeruk nipis atau cuka, dan umami kecap ikan. Cicipi hidangan saat Anda memasak dan sesuaikan bumbu untuk mencapai keseimbangan rasa yang harmonis.

**Waktu dan Suhu Memasak** – Cumi matang dengan sangat cepat dan menjadi keras jika terlalu matang. Untuk menghindarinya, masak cumi dengan api besar dalam waktu singkat, biasanya 2-3 menit, hingga berubah warna menjadi buram dan pinggirannya melengkung. Memasak terlalu lama dapat menghasilkan cumi yang kenyal dan kenyal, jadi pemilihan waktu sangat penting untuk mendapatkan cumi cabai hijau yang empuk dan lezat.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cumi Cabai Hijau? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cumi Cabai Hijau antara lain cumi segar, bawang putih, bawang merah, cabai hijau, saus tiram, gula, garam, merica, minyak goreng, dan bahan pelengkap lainnya sesuai selera seperti daun bawang atau irisan cabai rawit.

Baca Juga :  Bola-Bola Daging Bumbu Lada Hitam Menu Buka Puasa

Q: Bagaimana cara menyiapkan cumi sebelum dimasak? A: Sebelum dimasak, cumi perlu dibersihkan dengan baik. Buang bagian dalam cumi dan kulitnya, lalu cuci bersih cumi dengan air mengalir. Setelah itu potong cumi sesuai selera, bisa berbentuk cincin atau memanjang.

Q: Bagaimana cara membuat saus cabai hijau untuk cumi? A: Untuk membuat saus cabai hijau, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai hijau yang sudah dihaluskan dan aduk rata. Kemudian tambahkan saus tiram, gula, garam, merica, dan air secukupnya. Masak hingga saus mengental dan bumbu meresap.

Q: Apa langkah selanjutnya setelah saus cabai hijau siap? A: Setelah saus cabai hijau siap, masukkan potongan cumi ke dalam saus tersebut. Aduk rata dan masak hingga cumi matang dan saus meresap ke dalam cumi. Pastikan cumi matang sempurna sebelum disajikan.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam resep Cumi Cabai Hijau? A: Tentu, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap sesuai selera seperti irisan daun bawang atau cabai rawit untuk memberikan tambahan rasa pedas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti paprika atau brokoli untuk variasi tambahan dalam hidangan ini.

Referensi : 

1.   Cobain Resep Cumi Sambal Ijo, Makin Nikmat Disantap ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari bontangpost.id 

Baca Juga :  Mau Makan Rica-Rica Ati Ampela yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

2.   Resep Cumi Cabe Hijau Anti Amis.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

3.   Resep Cumi Sambal Rawit Hijau yang Gurih Pedas ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

4.   Resep Cumi Cabe Ijo, Masakan buat Pencinta Seafood.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

5.   3 Resep Sambal Cumi Asin yang Pedas Nendang Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

6.   636 resep cumi sambal ijo cabe hijau enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/cari/cumi%20sambal%20ijo%20cabe%20hijau 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan