Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Kampung Bumbu Rujak yang Rasanya Gurih, Pedas, dan Segar

Resep Ayam Kampung Bumbu Rujak yang Rasanya Gurih, Pedas, dan Segar

Ayam Kampung Bumbu Rujak (1)

Resep ayam kampung bumbu rujak

Ada menu masakan yang spesial dan harus Anda ketahui, yaitu resep ayam kampung bumbu rujak. Dilihat dari bahan utamanya saja berupa ayam kampung pasti sudah terbayang rasa dagingnya. Apalagi memasaknya dengan bumbu rujak yang identik dengan rasa gurih, pedas, dan segar.

Bumbu rujak memang dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan protein, seperti halnya ayam. Namun karena menggunakan ayam kampung, maka proses memasaknya lebih lama karena serat dan tekstur dagingnya lebih besar serta kuat.

Anda yang memiliki panci presto dapat memanfaatkannya untuk mengolah terlebih dulu ayam kampung agar lebih cepat empuk dan matang.

Lalu, bagaimana resep ayam kampung bumbu rujak selengkapnya yang perlu diketahui? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 250 ml santan kental
  3. 1 liter air
  4. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  5. 10 buah cabai rawit merah utuh atau sesuai selera
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 4 lembar daun salam
  8. 6 lembar daun jeruk
  9. 2 cm lengkuas digeprek
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula Jawa
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Buat Nasi Kuning Enak dengan Cara Praktis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai merah besar
  4. 3 buah cabai merah keriting
  5. 3 butir kemiri disangrai
  6. 2 cm jahe
  7. 1 cm kunyit

Cara memasak ayam kampung bumbu rujak

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda segera mempraktikkan cara memasak resep ayam kampung bumbu rujak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil yang masih menempel di kulitnya.
  2. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 – 12 bagian sesuai selera Anda. Lalu, rebus potongan ayam hingga matang dan mengeluarkan kaldu. Anda bisa menggunakan panci presto uantuk merebusnya sekitar 45 menit. Setelah matang, ambil dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan batang serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan layu.
  5. Setelah itu, tuangkan air ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Lalu, masukkan semua potongan ayam kampung dan aduk perlahan.
  6. Masukkan potongan tomat dan cabai rawit utuh. Jangan lupa bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata lagi.
  7. Selanjutnya, tuangkan santan kental dan aduk perlahan terus menerus agar tidak pecah. Masak hingga kuahnya mendidih dan mengental. Pastikan ayamnya sudah empuk.
  8. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih belum sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya lagi, lalu aduk sebentar.
  9. Setelah benar-benar matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan. Siapkan saja sebuah mangkuk saji ukuran besar untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam kampung bumbu rujak yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakannya. Jika ingin menyantapnya sebagai lauk, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Cah Kangkung Cumi Mudah Dimasak, Rasanya Lezat

Ternyata memasak resep ayam kampung bumbu rujak tidak begitu sulit dan merepotkan. Anda sekalian bisa coba memasaknya di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Ayam Kampung Bumbu Rujak

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan