Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Cumi Saus Mentega, untuk Menu Sehari-hari

Membuat Cumi Saus Mentega, untuk Menu Sehari-hari

Membuat Cumi Saus Mentega (2)

Membuat Cumi Saus Mentega

Bahan-bahan

  1. 300 gr cumi cumi
  2. 1 cm jahe iris tipis
  3. 1 buah bawang bombay iris tipis
  4. 2 siung bawang putih memarkan lalu iris halus
  5. 1 batang daun bawang iris tipis
  6. 1 sdt cabai bubuk
  7. 1 sdt merica bubuk
  8. 2 sdm mentega
  9. 3 sdm saus tiram
  10. 2 sdm kecap manis
  11. 1 sdm kecap asin
  12. 400 ml air

Cara membuat cumi saus mentega

  1. Untuk membuat cumi saus mentega, bahan-bahan yang diperlukan adalah cumi sebanyak 300 gram, jahe iris tipis sebesar 1 cm, bawang putih yang dihaluskan dan diiris tipis sebanyak 2 siung, bawang bombay yang diiris tipis sebanyak 1 buah, mentega sebanyak 3 sendok makan, air perasan jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan, dan garam secukupnya[1]. Selain itu, bahan-bahan yang dapat digunakan untuk variasi resep cumi saus mentega antara lain saus tiram, saus tomat, saus sambal, dan MSG[2].
  2. Berikut adalah petunjuk memasak langkah demi langkah untuk membuat cumi saus mentega. Pertama, potong cumi menjadi cincin-cincin, cuci bersih, dan rendam dalam air kapur selama 10 menit. Kemudian, lumuri cumi dengan air perasan jeruk nipis dan garam, diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas kembali[1]. Selanjutnya panaskan mentega di atas wajan, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum. Masukkan cumi, aduk rata, dan masak hingga matang[3][4].
  3. Untuk saran dan tip penyajian, cumi saus mentega dapat disajikan bersama nasi putih hangat atau mie goreng. Untuk variasi rasa, tambahkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, atau MSG sesuai selera[2]. Selain itu, cumi saus mentega dapat disajikan dengan irisan cabai merah dan daun bawang sebagai hiasan[5]. Pada umumnya resep cumi saus mentega hanya membutuhkan waktu memasak selama 30 menit[6]. Dengan mengikuti petunjuk memasak yang tepat, cumi saus mentega dapat menjadi hidangan yang lezat dan mudah disajikan di rumah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Cumi Segar** – Saat membuat cumi dengan saus mentega, sangat penting untuk memulai dengan cumi segar. Carilah cumi-cumi yang teksturnya kencang, kulitnya mengkilat dan halus, serta berbau laut yang segar. Hindari cumi-cumi yang tampak berlendir atau memiliki bau amis yang menyengat, karena ini merupakan tanda-tanda kerusakan. Cumi segar akan memastikan rasa dan tekstur terbaik pada hidangan Anda.

Baca Juga :  Resep Rendang Paru Kering Khas Sumatra Barat yang Harus Anda Coba Kelezatannya

**Membersihkan dan Menyiapkan Cumi dengan Benar** – Sebelum dimasak, penting untuk membersihkan dan menyiapkan cumi dengan benar. Ini melibatkan pengangkatan kepala, kantung tinta, paruh, dan tulang rawan bagian dalam. Setelah dibersihkan, cumi-cumi dapat diiris menjadi cincin atau dicetak sebagai pola dekoratif, sehingga saus mentega dapat meresap ke dalam daging dan memberi rasa pada daging. Cumi-cumi yang disiapkan dengan benar memastikan pengalaman bersantap yang menyenangkan dan meningkatkan penyajian hidangan secara keseluruhan.

**Menyeimbangkan Rasa pada Saus Mentega** – Saat membuat saus mentega untuk cumi, penting untuk menyeimbangkan rasa. Gunakan mentega berkualitas tinggi dan pertimbangkan untuk memasukkan bahan pelengkap seperti bawang putih, herba (seperti peterseli atau timi), jus lemon, dan sedikit anggur putih. Keseimbangan kekayaan mentega, aroma bawang putih dan herba, keasaman lemon, dan kedalaman anggur akan mengangkat hidangan ke tingkat kompleksitas rasa yang baru.

**Tumis Cumi hingga Sempurna** – Saat memasak cumi dengan saus mentega, pastikan cuminya tidak terlalu matang. Cumi menjadi keras dan kenyal jika dimasak terlalu lama. Tumis cumi dengan cepat dengan api besar, sampai menjadi buram dan empuk. Ini akan membantu menjaga teksturnya yang lembut dan memastikan pengalaman makan yang menyenangkan.

Baca Juga :  Cukup Mudah Dibuat dan Lezat, Resep Soto Ambengan

**Menyajikan dan Menghias** – Saat menyajikan cumi dengan saus mentega, penyajian adalah kuncinya. Pertimbangkan untuk menyajikan hidangan ini di atas pasta al dente atau di samping roti kering untuk menyerap saus mentega yang beraroma. Hiasi dengan taburan herba segar, seperti peterseli cincang atau daun bawang, untuk menambahkan semburat warna dan kesegaran akhir. Daya tarik visual dari hidangan dapat meningkatkan pengalaman bersantap tamu Anda secara keseluruhan.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cumi saus mentega? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cumi saus mentega antara lain cumi segar, mentega, bawang putih, bawang bombay, garam, merica, air perasan jeruk nipis, dan peterseli.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak cumi saus mentega? A: Langkah-langkah membuat cumi saus mentega: – Pertama, panaskan mentega dan tumis bawang putih hingga harum. – Lalu masukkan cumi dan bawang bombay, lalu tumis hingga cumi matang. – Setelah itu tambahkan garam, merica, dan air perasan jeruk nipis. – Aduk rata dan biarkan hingga saus mengental. – Terakhir, taburkan peterseli sebelum disajikan.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam resep cumi saus mentega? A: Tentu, Anda bisa menambahkan bahan lain sesuai selera pribadi. Misalnya, cabe rawit untuk rasa pedas atau keju parmesan untuk rasa gurih.

Q: Bagaimana cara menyajikan cumi saus mentega dengan baik? A: Cumi saus mentega dapat disajikan dengan taburan daun peterseli segar dan potongan lemon di atasnya. Anda juga bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat atau pasta.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat cumi saus mentega? A: Waktu memasak cumi saus mentega sekitar 20-25 menit, tergantung pada tingkat kelezatan dan kekenyalan cumi yang diinginkan.

Baca Juga :  Mau Masak Ayam Bakar Tanpa Ribet? Buat Saja Ayam Bakar Teflon

Referensi : 

1.   Resep Cumi Saus Mentega oleh icus.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/569522-cumi-saus-mentega 

2.   Resep Cumi Saus Mentega, Ide Makan Siang Enak ala Sasa.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.sasa.co.id/kreasisasa/recipe/cumi-saus-mentega 

3.   Resep Cumi Goreng Mentega, Rasanya Lebih Enak ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.idntimes.com 

4.   Resep Cumi Saus Mentega ala Kaki Lima dan Tips ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

5.   Resep Cumi Saus Mentega ala SAORI.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.dapurumami.com/resep/cumi-saus-mentega-ala-saori-GRxkq 

6.   Resep Cumi Ring Saus Mentega – Blog Kecipir.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari kecipir.com/blog/resep/resep-cumi-ring-saus-mentega/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info