Rabu, 04 November 2020

Resep Cumi Saus Tiram, Praktis Mudah dirumah

Resep Cumi Saus Tiram



Makanan Seafood yang banyak digemari banyak orang salah satunya adalah Cumi-Cumi atau sotong. Makanan satu ini memang menjadi favorit koki maupun penikmatnya karena cara mengolah dan rasanya yang enak.

Cumi-Cumi memang paling enak dimasak dengan bumbu saus tiram, rasa pedas manis serta gurih bercampur menjadi satu di sajian Cumi Saus Tiram. Untuk membuat Cumi Saus Tiram sendiri tidaklah sulit ya moms. Jika mama masih pemula pun bisa dengan mudah memasak Cumi saus tiram ini kok.

Hanya butuh beberapa bahan dasar saja dan peralatan memasak sederhana, mama sudah bisa membuat hidangan cumi saus tiram yang enak banget.

Restoran, makanan satu ini biasanya dibandrol dengan harga yang tinggi. Makanya, agar tidak sering-sering makan diluar, kan bisa mencoba memasak cumi saus tiram dirumah aja.

Oke deh, tanpa berlama-lama. yuk kita coba buat cumi saus tiram yang enak bumbu meresap.

Bahan-bahan

  1. 300 gram Cumi-cumi, buang tintanya lalu bersihkan
  2. 4 siung Bawang merah, iris
  3. 3 siung Bawang putih, iris
  4. 2 buah Cabe merah besar, iris serong
  5. 2 buah Cabe hijau, iris serong
  6. 7 buah Cabe rawit, iris
  7. 1 lembar Daun jeruk 
  8. 1 batang Serai, memarkan
  9. 1 cm Jahe, memarkan
  10. 1 ruas Lengkuas, memarkan
  11. 2 sdm Saus tiram
  12. 4 buah Belimbing wuluh, potong
  13. 1/4 sdt Garam
  14. 1/4 sdt Gula
  15. 1/4 sdt Merica
  16. 100 ml Air / Kaldu

Langkah-langkah membuat Cumi Saus Tiram :

  1. Bersihkan cumi dari tinta hitamnya, kemudian potong-potong sesuai selera. Tambahkan perasan jeruk nipis dan garam ke dalam wadah cumi-cumi yang sudah dibersihkan tadi. diamkan kurang lebih 10 -20 menit. lalu bilas bersih.
  2. Haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, cabe dan bawang putih.
  3. Siapkan panci dan panaskan dengan api sedang. Tumis bahan diatas sampai tercium bau harum. tambahkan serai, daun jeruk, jahe dan lengkuas ke dalam wajan. aduk-aduk lagi sampai harum.
  4. Masukan cumi-cumi ke dalam wajan, aduk-aduk sebentar. tambahkan garam, gula, merica dan saus tiram ke dalam wajan. aduk-aduk sebentar.
  5. Tambahkan air dan belimbing wuluh ke dalam wajan. (koreksi kekentalan) aduk-aduk lagi.
  6. Masak cumi saus tiram sampai airnya meresap ( jangan terlalu lama, karena akan merusak tekstur bahan ). Koreksi rasa apabila ada yang kurang.
Disqus Comments