Rabu, 04 November 2020

Resep Wingko Babat yang Gurih dan Kenyal

Resep Wingko Babat



Melihat episode tantangan masterchef minggu lalu tentang membuat makanan dari olahan kelapa tentunya sangat menegangkan. Dalam tantangan tersebut tidak bisa menyelamatkan Faiz dari tantangan membuat Wingko Babat.

Membuat wingko babat yang enak dan kenyal seharusnya kelapa itu diparut, bukan dicincang halus. Sehingga para master mencicipi makanan yang disajikan Faiz serasa irisan kelapa belum matang.

Wingko Babat sendiri adalah salah satu sajian makanan khas dari Lamongan, yang memiliki bahan dasar seperti Parutan Kelapa Muda, gula dan tepung beras ketan. Makanan satu ini sangat populer ketika kalian berziarah atau mengunjungi Lamongan. Banyak sekali spot-spot bakul pinggir jalan yang menjual makanan khas lamongan ini.

Bahan dasar Kelapa Muda ini membuat sensasi Wingko Babat gurih dan Kenyal. Nah jika kalian penasaran tentang pembuatan dan bahan dasar membuat Wingko Babat khas Lamongan. Tenang saja, topwisata mempunyai resepnya kok.

Yuk simak resep membuat Wingko Babat khas Lamongan yang menjadi tantang Masterchef episode 7 kemarin.


Bahan Pertama :

  1. 150 gram tepung ketan putih
  2. 25 gram tepung tapioka
  3. 200 gram gula pasir
  4. 300 gram kelapa parut
  5. 1/4 sdt vanili
  6. 1/2 sdt garam

Bahan Kedua :

  1. 150 ml santan matang
  2. 25 gram margarin, cairkan

Bahan Ketiga :

  1. 2 butir telur ayam, kocok lepas

Cara membuat Wingko Babat seenak aslinya di Lamongan :

  1. Siapkan wadah untuk mencampur tepung ketan putih, tepung tapioka, gula pasir, kelapa paru, vanili dan garam. aduk-aduk sampai rata sembari menuangkan santan sedikit demi sedikit. setelah tercampur rata, tambahkan margarin dan aduk-aduk lagi.
  2. Tambahkan kocokan telur ayam ke dalam wadah tadi, aduk-aduk lagi hingga merata.
  3. Panaskan oven sampai 170 derajat celcius, siapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas. olesi terlebih dahulu dengan margarin kemudian tuangkan adonan, ratakan.
  4. Masukan adonan ke dalam oven dan panggang sampai 20 - 30 menit.
  5. Angkat dan dinginkan, kemudian potong sesuai selera.

Nah begitulah tadi tips membuat Wingko Babat yang enak seperti khas di Lamongan. Tetap ikuti topwisata Kuliner dan tetap dapatkan update terbaru dengan subscribe langganan di bawah ini ya.
Disqus Comments