Sabtu, 14 November 2020

Resep Cumi Pedas Sederhana, ala Rumahan

Resep Cumi Pedas

Siapa yang tidak kenal dengan makanan seafood seperti olahan cumi-cumi ? Hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu tentang olahan makanan cumi yang memiliki citarasa yang empuk serta lezat ini ya.

Makanan seafood bisa diolah menjadi berbagai macam cara dan rasa, sehingga menciptakan sensasi makanan yang enak. Resep cumi pedas salah satunya, sajian lezat yang menyukai makanan seafood.

Sensasi pedas dipadu dengan berbagai macam rempah-rempah, membuat makanan ini sangat enak untuk dikonsumsi. Memang harga cumi di restoran sangat mahal, karena olahan satu ini sangatlah lezat ya moms.

Nah, bagi kalian yang tidak ingin terus-terusan makan cumi diluar rumah, bisa kok mama buat sendiri dirumah aja. Dijamin deh rasanya bakal seperti di restoran-restoran besar. Untuk membuat cumi yang enak, tentunya mama harus jeli dalam memilih dan membeli cumi-cumi yang segar.

Untuk memilih cumi-cumi yang segar, bisa langsung dipilih dengan cara, melihat warnanya yang putih bercak kecoklatan. kedua, cek bau cuminya, pilihnya cumi yang masih bau laut dan tidak amis. Ketiga, tekstur daging cumi harus masih padat dan kenyal.

Nah, setelah mama tau tips memilih cumi yang enak. Sekarang saatnya membuat olahan cumi pedas di rumah yuk. Referensi Resep masakapahariini

Bahan-bahan

  1. 2 cumi ukuran sedang, potong kotak, kerat silang salah satu permukaannya
  2. 2 sdm Kecap Manis
  3. 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
  4. 1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
  5. 1 batang serai
  6. 1 lembar daun jeruk
  7. 1 buah tomat, cincang
  8. 3 cm jahe, iris tipis
  9. 50 ml air
  10. 3 sdm minyak, untuk menumis
  11. garam secukupnya

Bumbu Halus

  1. 3 buah cabai merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. 3 butir bawang merah

Cara membuat

  1. Langkah pertama untuk membuat olahan cumi yang enak adalah, bersihkan cumi dengan air mengalir kemudian lumuri dengan perasan jeruk. Diamkan dan sisihkan selama 15 menit.
  2. Sambil menunggu cumi-cumi siap, mama bisa menumis bawang bombay dengan api kecil sampai harum.
  3. Kemudian dilanjut dengan memasukan bumbu halus ke dalam tumisan, ditambah daun jeruk, serai dan jahe. aduk-aduk hingga merata dan tercium bau harum. Kemudian tambahkan lagi tomat ke dalam tumisan.
  4. Setelah tumisan dirasa hampir matang dan tercium bau harum, baru masukan cumi ke dalam wajan. Tambahkan pula air, garam dan kecap. aduk-aduk hingga matang dan meresap. Usahakan memasaknya jangan terlalu lama, karena cumi-cumi sangat mudah mengeras jika dimasak terlalu lama.
  5. Jadi deh Cumi Pedas ala mama dirumah aja. Sajikan selagi hangat ya moms. Selamat mencoba dan menikmati.


Disqus Comments