Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Nasi Goreng Pedas, Cocok buat Hidangan Kebersamaan

Membuat Nasi Goreng Pedas, Cocok buat Hidangan Kebersamaan

Membuat Nasi Goreng Pedas (1)

Membuat Nasi Goreng Pedas

Bahan

  1. 2 porsi nasi putih
  2. 100 g kacang polong beku, tiriskan
  3. 3 butir telur ayam, kocok lepas
  4. 3 sdm minyak goreng
  5. 2 siung bawang putih, cincang halus
  6. 3 buah cabai rawit merah, iris
  7. 3 sdm daging kornet sapi
  8. 1 sdt garam

Pelengkap

  1. mentimun, iris
  2. tomat, iris
  3. ati
  4. ampela
  5. bakso

Cara membuat nasi goreng pedas

  1. Untuk membuat nasi goreng pedas yang enak, pertama-tama kita harus mengumpulkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan[1]. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain nasi putih, bawang putih cincang halus, kecap manis atau kecap asin sesuai selera, saus cabai, sayuran seperti jagung, wortel, dan kacang panjang, serta protein seperti ayam, udang, cumi-cumi, hati, ampela , dan bakso. Selain itu, kita juga membutuhkan peralatan seperti wajan, spatula, dan pisau.
  2. Setelah bahan dan peralatan terkumpul, langkah selanjutnya adalah memasak nasi dan menyiapkan sayuran dan protein[2]. Nasi harus dingin agar tidak lengket saat digoreng. Sayuran dan protein harus dipotong kecil-kecil agar mudah diaduk saat digoreng. Setelah semua bahan siap, panaskan minyak di wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan sayuran dan protein, lalu aduk sebentar. Masukkan nasi dan aduk semua bahan hingga tercampur rata. Bumbui dengan kecap manis atau kecap asin, saus cabai, dan garam secukupnya.
  3. Langkah terakhir adalah mencampurkan semua bahan dan menambahkan bumbu dan saus[3]. Untuk bumbunya, kita bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, dan gula pasir. Untuk sausnya, kita bisa menggunakan saus tomat, saus tiram, saus ikan, dan kecap manis. Setelah semua bahan dan bumbu dicampur, aduk hingga tercampur rata dan cicipi rasanya. Jika kurang garam, tambahkan garam atau kaldu penyedap secukupnya. Nasi goreng pedas siap disajikan dan dinikmati!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Beras Sehari** – Untuk tekstur terbaik dan mencegah nasi menjadi lembek, gunakan nasi sehari yang sudah didinginkan. Tekstur nasi yang lebih kering akan menyerap rasa lebih baik dan menghasilkan sajian nasi goreng yang lebih enak.

Baca Juga :  Resep Gatang Kenari, Olahan Kepiting Sedap dan Mantap

**Siapkan Bahan Sebelum Memasak** – Potong semua sayuran, siapkan proteinnya, dan siapkan semua saus dan bumbu sebelum Anda mulai memasak. Menggoreng dilakukan dengan cepat, jadi menyiapkan semuanya dan berada dalam jangkauan Anda akan memastikan Anda tidak membakar bahan apa pun saat mencoba memotong sesuatu di menit-menit terakhir.

**Kontrol Panas** – Gunakan api besar untuk menumis bahan, namun kecilkan api saat menambahkan nasi agar nasi tidak lengket di wajan dan agar bumbu meleleh tanpa gosong.

**Tambahkan Bahan Secara Bertahap** – Mulailah dengan memasak protein, lalu masukkan sayuran, dilanjutkan dengan nasi dan bumbu. Hal ini memastikan bahwa setiap bahan dimasak dengan tekstur dan rasa yang tepat sebelum melanjutkan ke bahan berikutnya.

**Akhiri dengan Herbal Segar dan Jeruk** – Tambahkan semburat rasa segar di akhir dengan menaburkan daun ketumbar cincang, daun bawang, atau perasan jeruk nipis atau lemon di atas nasi goreng pedas yang sudah jadi. Ini menambah kesan cerah dan segar pada hidangan dan meningkatkan profil rasa secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Sayur Nangka Muda, Makan Tambah Lahap

FAQ

Q: Bahan apa saja yang saya perlukan untuk membuat nasi goreng pedas? A: Untuk membuat nasi goreng pedas, Anda membutuhkan nasi, sayuran (seperti paprika, wortel, dan kacang polong), protein (seperti ayam, udang, atau tahu), bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, kecap, saus tiram, dan bumbu seperti garam dan gula.

Q: Bisakah saya menggunakan jenis nasi apa saja untuk nasi goreng pedas? A: Ya, Anda bisa menggunakan jenis nasi apa saja untuk nasi goreng pedas. Secara tradisional, nasi putih berbiji panjang digunakan, namun Anda juga bisa menggunakan nasi melati atau nasi merah untuk pilihan yang lebih sehat.

Q: Bagaimana cara membuat nasi goreng pedas menjadi ekstra pedas? A: Agar nasi goreng pedasnya semakin pedas, Anda bisa menambah jumlah cabai merah dan cabai rawit pada resepnya. Anda juga bisa menambahkan sejumput serpihan cabai atau pasta cabai pedas seperti sambal oelek untuk menambah rasa.

Q: Bisakah saya membuat nasi goreng pedas tanpa menggunakan daging atau seafood? A: Ya, Anda bisa membuat nasi goreng pedas tanpa menggunakan daging atau seafood. Anda bisa mengganti protein dengan tahu atau membuat hidangan versi nabati saja.

Q: Bagaimana cara menyesuaikan tingkat kepedasan agar sesuai dengan preferensi yang berbeda? A: Untuk mengatur tingkat kepedasan nasi gorengnya, Anda bisa mengontrol jumlah cabai yang ditambahkan. Untuk versi yang lebih ringan, Anda bisa membuang biji cabai atau menggunakan lebih sedikit cabai. Sebaliknya, untuk versi yang lebih pedas, perbanyak jumlah cabainya dan gunakan varietas cabai yang lebih pedas. Selain itu, disajikan dengan tambahan saus sambal atau irisan cabai segar memungkinkan individu untuk menyesuaikan kepedasan sesuai selera.

Baca Juga :  Resep Ayam Udang Asam Manis, Menu Masakan Chinese Food yang Lezat

Referensi : 

1.   8 Resep Nasi Goreng dan Cara Membuatnya yang ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.idntimes.com 

2.   Resep Nasi Goreng Pedas yang Bikin Mata Melek.  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from food.detik.com 

3.   20 Resep Cara Membuat Nasi Goreng Spesial, dari ….  (n.d.)   Retrieved February 5, 2024, from www.merdeka.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info