Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Balado Udang, Masakan Lezat Penggugah Selera yang Mudah Memasaknya

Resep Balado Udang, Masakan Lezat Penggugah Selera yang Mudah Memasaknya

Balado Udang (1)

Resep balado udang

Anda yang belum mengetahui atau coba memasak resep balado udang sudah tepat membaca artikel ini.

Disini akan diuraikan dengan lengkap dan detail bahan, bumbu, serta langkah-langkah memasak balado udang yang direkomendasikan.

Dengan begitu, rasa masakannya setelah matang nantinya benar-benar sesuai ekspetasi, yaitu lezat dengan rasa gurih pedas di lidah.

Biasanya, bumbu balado hanya dikombinasikan dengan protein telur atau ayam saja. Namun sekarang, bahan protein udang akan dimasak dengan bumbu balado.

Diketahui udang merupakan salah satu bahan seafood atau makanan laut yang populer karena bisa dimasakan dengan berbagai teknik memasak serta beragam bumbu, seperti halnya bumbu balado. Lalu, bagaimana resep balado udang selengkapnya? Berikut uraiannya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. ½ sendok teh merica bubuk
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. 8 butir bawang merah diiris tipis
  5. 5 siung bawang putih dicincang kasar
  6. 2 cm lengkuas digeprek
  7. 2 lembar daun salam
  8. 3 lembar daun jeruk
  9. Daun kemangi secukupnya
  10. 2 batang serai dipotong serong
  11. ½ sendok teh garam
  12. ¼ sendok teh gula pasir
  13. ¼ sendok teh merica bubuk
  14. 3 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Resep Seafood Ikan Kerapu dengan Saus Merah Gurih dan Mantap

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai merah keriting dicincang kasar
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 2 buah tomat merah
  4. 2 cm kunyit
  5. 2 cm jahe

Cara memasak balado udang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep balado udang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kepala, cangkang, dan kotoran di perutnya.
  2. Setelah itu, siapkan wadah baskom lalu masukkan semua udang ke dalamnya. Beri perasan jeruk nipis dan merica bubuk. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkah bau amisnya. Setelah 10 menit, bilas semua udang dengan air bersih. Tiriskan dan sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah panas dan mencair, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Tambahkan semua bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Tambahkan satu sendok makan margarin ke dalam wajan, lalu tumis lagi hingga harum dan semua bahan layu.
  5. Bumbui dengan garam dan gula pasir, lalu aduk merata lagi. Setelah itu, masukkan semua udang ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk merata. Masak hingga udang berubah warna.
  6. Silahkan dicicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sesuai selera, masukkan daun kemangi dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan balado udang yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Resep Kidu-kidu Khas Sumatera Utara, Hidangan dari Usus Babi yang Disukai Masyarakat Suku Batak Karo

Anda sekalian sudah mengetahui langkah-langkah memasak resep balado udang yang direkomendasikan. Silahkan dipraktikkan di rumah dan semoga berhasil. Setelah matang, ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya.

Lihat video membuat Balado Udang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan