Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kentang Balado Simpel dan Kering

Resep Kentang Balado Simpel dan Kering

Resep Kentang Balado (1)

Resep Kentang Balado

Untuk membuat Kentang Balado diperlukan bahan-bahan sebagai berikut[1]: 

  1. 500 gram kentang 
  2. Minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis 
  3. 3 lembar daun salam 
  4. 1 ruas lengkuas, memarkan 
  5. Garam secukupnya 
  6. 1 sdt gula 
  7. 150 ml air

Untuk menyiapkan Kentang Balado, ikuti langkah sederhana berikut[1]: 

  1. Kupas kentang, potong dadu dan cuci bersih. 
  2. Panaskan 3 sendok makan minyak sisa menggoreng kentang. 
  3. Beri sedikit tumisan daun salam dan lengkuas hingga harum. 
  4. Tambahkan kentang potong dadu dan tumis hingga matang. 
  5. Angkat kentang dan sisihkan. 
  6. Dalam wajan terpisah, panaskan 2 sendok makan minyak dan tambahkan pasta bumbu. 
  7. Tumis hingga harum lalu masukkan kentang yang sudah matang. 
  8. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. 
  9. Tuangkan air dan didihkan. 
  10. Kecilkan api dan biarkan mendidih hingga air menguap dan kentang terlumuri saus pedas.

Kentang Balado dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pelengkap hidangan lainnya[2]. 

Bisa juga disantap dengan nasi atau dimakan sebagai camilan. Berikut beberapa saran penyajian tambahan[3][4]: 

  1. Sajikan dengan ayam goreng atau lauk goreng lainnya 
  2. Taburi dengan bawang merah goreng renyah atau daun bawang cincang untuk menambah tekstur dan rasa 
  3. Sajikan dengan sayuran kukus untuk hidangan seimbang 
  4. Tambahkan tomat potong dadu atau petai (kacang busuk) ke dalam masakan untuk mendapatkan rasa yang unik 
  5. Bereksperimenlah dengan berbagai jenis cabai untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai keinginan Anda 
  6. Kentang balado juga bisa dibuat dengan hati ampela[5] atau sumber protein lain seperti ayam atau sapi[4]. 

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dan saran penyajian berikut ini, Anda bisa menikmati nikmatnya cita rasa Kentang Balado sebagai santapan atau camilan yang mengenyangkan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Kentang Berkualitas Tinggi** – Pilih kentang segar dan keras dengan tekstur lilin, seperti Yukon Gold atau kentang merah, untuk hasil terbaik dalam resep kentang balado Anda. Jenis kentang ini mempertahankan bentuknya dengan baik selama dimasak dan menawarkan tekstur lembut dan mentega yang melengkapi saus balado yang pedas.

Baca Juga :  Resep Soto Banjar Kalimantan Selatan: Sajian Lezat dengan Cita Rasa Khas

**Masak Kentang Sebelum Menambahkan Saus Balado** – Untuk memastikan kentang benar-benar matang dan empuk, pertimbangkan untuk merebusnya terlebih dahulu atau memasaknya di microwave sebelum dimasukkan ke dalam saus balado. Hal ini dapat membantu mengurangi waktu memasak secara keseluruhan dan memastikan kentang terlumuri saus balado yang beraroma secara merata.

**Sesuaikan Saus Balado Sesuai Selera** – Kunci lezatnya sajian kentang balado terletak pada keseimbangan rasa manis, pedas, dan tajam pada kuahnya. Cicipi saus balado saat Anda menyiapkannya, dan sesuaikan tingkat manis, pedas, dan asamnya sesuai selera Anda. Anda bisa menambahkan lebih banyak gula merah untuk rasa manis, tambahan cabai untuk rasa pedas, atau air jeruk nipis untuk rasa yang lebih tajam.

**Masak Kentang Balado dalam Wajan Lebar** – Saat memasak kentang balado, gunakan wajan atau wajan lebar untuk memastikan kentang memiliki cukup ruang untuk menjadi karamel dan menghasilkan lapisan kulit berwarna keemasan. Wajan yang terlalu penuh dapat menyebabkan kentang dikukus alih-alih digoreng, sehingga menghasilkan kentang yang lembek, bukan kentang yang renyah dan beraroma.

**Hiasan untuk Daya Tarik Visual dan Tekstur** – Pertimbangkan untuk menghiasi kentang balado Anda dengan herba segar, seperti daun ketumbar atau kemangi Thailand, untuk menambahkan semburat warna dan rasa aromatik yang segar. Selain itu, taburan bawang merah goreng atau kacang panggang yang renyah pada hidangan dapat memberikan kontras tekstur yang menyenangkan, sehingga meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Tips dan praktik terbaik ini dirancang untuk membantu Anda mencapai hasil terbaik saat menyiapkan kentang balado, memastikan hidangannya beraroma, menarik secara visual, dan memuaskan siapa pun yang mencobanya.

Baca Juga :  Resep Mie Goreng Enak, cita rasa yang gurih, pedas, dan nikmat

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kentang Balado (Kentang Balado)? A: Bahan-bahan pembuatan Kentang Balado biasanya antara lain kentang, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, serai, daun jeruk purut, terasi asam jawa, gula pasir, garam, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara membuat Kentang Balado (Kentang Balado)? A: Untuk membuat Kentang Balado, mulailah dengan menggoreng kentang hingga berwarna cokelat keemasan. Kemudian di wajan terpisah, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah sebelum menambahkan kentang goreng, daun salam, serai, dan daun jeruk purut. Terakhir tambahkan pasta asam jawa, gula pasir, dan garam sesuai selera.

Q: Bisakah Anda memberikan tips penyajian dan variasi Kentang Balado (Kentang Balado)? A: Kentang Balado dapat disajikan sebagai hidangan utama dengan nasi putih atau sebagai lauk. Beberapa variasinya termasuk menambahkan protein seperti telur atau ikan teri ke dalam hidangan, atau bahkan menambahkan sayuran lain seperti kacang hijau atau tahu untuk rasa yang berbeda.

Q: Seberapa pedas Kentang Balado (Kentang Balado)? A: Kentang Balado biasanya dikenal dengan rasa pedasnya karena penggunaan cabai merah. Namun tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit cabai.

Q: Bisakah Kentang Balado (Kentang Balado) dibuat terlebih dahulu dan dipanaskan kembali? A: Ya, Kentang Balado bisa dibuat terlebih dahulu dan dipanaskan kembali. Ini sebenarnya memungkinkan rasa untuk lebih menyatu, menjadikannya hidangan yang bagus untuk menyiapkan makanan. Simpan saja dalam wadah kedap udara di lemari es dan panaskan kembali saat siap disajikan.

Baca Juga :  Enak dan Jadi Menu Istimewa, Resep Rica-Rica Bandeng Pedas Harus Dicoba

Referensi : 

1.   Resep Kentang Balado, Lauk Pelengkap Nasi Kotak.  (n.d.)   Diperoleh January 2, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Kentang Balado Sederhana oleh Tria Febrina.  (n.d.)   Diperoleh January 2, 2024, dari cookpad.com/id/resep/2771179-kentang-balado-sederhana 

3.   10+ Resep Kentang Balado untuk Sajian di Rumah, Enak!.  (n.d.)   Diperoleh January 2, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/kentang-balado 

4.   Resep Simpel Kentang Balado.  (n.d.)   Diperoleh January 2, 2024, dari www.fimela.com/food/read/5175829/resep-simpel-kentang-balado 

5.   30 Resep kentang balado rumahan, menu sederhana ….  (n.d.)   Diperoleh January 2, 2024, dari www.briliofood.net 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info