Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kerang Kupas Saus Tiram ala Abang Warteg yang Menggugah Selera

Resep Kerang Kupas Saus Tiram ala Abang Warteg yang Menggugah Selera

Resep Kerang Kupas Saus Tiram (2)

Resep Kerang Kupas Saus Tiram

Cara Membuat Resep Kerang Kupas Saus Tiram

Untuk membuat kerang kupas saus tiram, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut [1]: 

  1. 250 gram kerang hijau kupas 
  2. 2 sendok makan saus tiram 
  3. 2 sendok makan kecap manis 
  4. 2 lembar daun salam 
  5. 2 cm lengkuas 
  6. Garam, gula, dan merica sesuai selera 
  7. Air Untuk memulainya, 

Langkah membuat Kerang Kupas Saus Tiram : 

  1. Cuci kerang yang sudah dikupas dan tiriskan. 
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis irisan bumbu, daun salam, dan lengkuas hingga harum. 
  3. Tambahkan kerang dan tumis selama beberapa menit. 
  4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, gula, dan merica sesuai selera. 
  5. Tuang sedikit air dan biarkan kerang matang hingga matang dan kuahnya mengental. Setelah kerang siap, sajikan panas dengan nasi putih. 

Anda juga bisa menambahkan beberapa cabai cincang untuk menambah rasa pedas.

Untuk menyajikan kerang kupas saus tiram, Anda bisa menghiasinya dengan daun bawang cincang atau daun ketumbar untuk menambah rasa dan kesegaran. 

Hidangan ini cocok dipadukan dengan nasi kukus atau mie, dan Anda juga bisa menyajikannya sebagai lauk untuk melengkapi hidangan utama lainnya. 

Selain kerang kupas saus tiram, masih banyak cara enak lainnya untuk mengolah dan menikmati kerang. Anda bisa mencoba membuat kerang kupas pedas [2], sambal goreng kerang telur puyuh [3], atau kerang manis pedas [4] untuk variasi rasa dan tekstur. 

Baik Anda pecinta makanan laut atau hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, kerang kupas saus tiram adalah hidangan lezat dan mudah dibuat yang pasti akan membuat Anda terkesan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Kerang Segar** – Saat membuat resep menggunakan saus tiram dan kerang kupas, sangat penting untuk memulai dengan kerang segar. Carilah kerang yang tertutup rapat atau tertutup saat diketuk. Hindari kerang yang sudah terbuka, karena bisa saja sudah mati dan dapat menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

Baca Juga :  Resep Bebek Betutu Makanan Khas Bali Yang Nikmat Dan Juga Halal

**Bersihkan dan Potong Kerang dengan Benar** – Sebelum menggunakan kerang dalam resep Anda, pastikan kerang sudah dibersihkan dan dibuang dengan benar. Gosok cangkangnya dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Selain itu, hilangkan janggut (benang byssal) dari kerang dengan cara menariknya perlahan ke arah engsel cangkang. Langkah ini penting untuk meningkatkan cita rasa dan penyajian hidangan.

**Gunakan Saus Tiram Berkualitas Tinggi** – Belilah saus tiram berkualitas tinggi untuk memastikan rasa terbaik untuk resep kerang kupas Anda. Carilah saus tiram yang terbuat dari tiram asli, karena saus ini memberikan rasa umami yang kaya pada masakan. Merek seperti Lee Kum Kee dan Kikkoman terkenal memproduksi saus tiram autentik yang dapat meningkatkan cita rasa kerang Anda.

**Seimbangkan Rasa dengan Bahan Pelengkap** – Jika menggunakan saus tiram pada resep kerang kupas, imbangi kekayaan gurihnya dengan bahan pelengkap seperti bawang putih, jahe, kecap, dan sedikit rasa manis dari gula atau mirin. Keseimbangan rasa ini akan meningkatkan cita rasa hidangan secara keseluruhan dan menciptakan profil rasa yang harmonis.

Baca Juga :  Pallu Basa Enak, Resepnya Mudah Dibuat

**Masak Kerang Sampai Terbuka** – Saat memasak kerang dengan saus tiram, berhati-hatilah agar tidak terlalu matang. Kerang matang dengan cepat, dan sebaiknya hanya dimasak sampai terbuka, yang menandakan sudah matang. Memasak terlalu lama dapat menghasilkan kerang yang keras dan kenyal, sehingga mengurangi pengalaman bersantap secara keseluruhan.

FAQ

Q: Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Kerang Kupas Saus Tiram? A: Untuk membuat Kerang Kupas Saus Tiram, Anda membutuhkan kerang segar, saus tiram, bawang putih, jahe, daun bawang, minyak sayur, dan tepung maizena.

Q: Bisakah saya menggunakan kerang beku untuk resep ini? A: Ya, Anda bisa menggunakan kerang beku untuk resep ini. Namun, pastikan untuk mencairkannya sepenuhnya sebelum digunakan dan tiriskan sisa cairannya.

Q: Bagaimana saya tahu kalau kerang sudah matang? A: Kerang dimasak ketika cangkangnya terbuka. Buang kerang yang tidak terbuka setelah dimasak karena mungkin tidak aman untuk dimakan.

Q: Bisakah saya mengganti saus tiram dengan bahan lain? A: Saus tiram memiliki rasa yang unik, namun jika tidak memilikinya, Anda bisa menggantinya dengan campuran kecap asin dan sedikit gula pasir untuk meniru rasa manis dan gurih dari saus tiram.

Q: Bagaimana cara terbaik menyajikan Kerang Kupas Saus Tiram? A: Kerang Kupas Saus Tiram dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama dengan nasi putih. Hiasi dengan daun bawang cincang atau daun ketumbar untuk menambah rasa.

Baca Juga :  Mau Buat Nasi Panggang Nugget Sederhana? Ini Resepnya

Referensi : 

1.   Resep Kerang Kupas Saus Tiram Ala Warteg, Empuk dan ….  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Kerang Kupas Pedas Mercon ala Warung Kaki Lima.  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.kompas.com 

3.   13 Resep Masakan Kerang Kupas Saus Tiram, Bumbu ….  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.haibunda.com 

4.   20 ide Kerang Kupas Saos Tiram teratas di 2024.  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.lemon8-app.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan