Selasa, 20 Oktober 2020

Sajian Nikmat Sup Scallop Kerang Hijau

Sup scallop

Resep selanjutnya tentang memasak olahan kerang scallop adalah Sup Scallop. Kerang memang bisa diolah menjadi jenis makanan apa saja sesuai selera kita, bisa dengan memanggangnya, bisa ditumis atau bisa juga dijadikan Sup.

Oh iya, perlu diketahui kandungan nutrisi dari kerang scallop ini cukup banyak ya, dan sangat bagus bagi tubuh seperti natrium, protein, asam amino, fosfat, kolin, dan vitamin B12 ditambah lagi dengan nutrisi sayuran hijau yang bagus buat anti oksidan.

Manfaat dari kerang hijau atau scallop ini sendiri sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Mengatasi Anemia
  3. Menjaga Fungsi Sistem Saraf
  4. Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh

Manfaat serta nutrisi dari kerang hijau ini memang sangat banyak, tapi jangan salah kalau kadar kolesterol dari kerang hijau ini juga sangat tinggi dan sangat beresiko jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi jika anda penderita kolesterol tinggi, sebaiknya hindari atau batasi mengkonsumsi kerang hijau scallop.

Oke deh, untuk meminimalkan resiko diatas, moms bisa mencoba mengolah kerang hijau scallop ini menjadi lebih sehat yaitu dengan membuatnya menjadi sup kerang hijau scallop.

Bahan yang dibutuhkan

  1. 200 gram kerang kampak
  2. 1 sendok makan minyak zaitun dan mentega
  3. 1 sendok garam dan lada
  4. Irisan jamur tiram (jumlahnya sesuai selera)
  5. 1 siung bawang putih cincang halus
  6. Daun bawang diiris kecil
  7. 2 buah jahe ukuran sedang yang dikupas dan ditumbuk
  8. 1 sendok makan ketumbar tumbuk kasar
  9. Kaldu ayam
  10. Sohun secukupnya

Cara membuat menu sup scallop

  1. Cara membuat kerang hijau scallop yang enak adalah dengan membersihkan kerang hijaunya dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Karena endapan kotoran, bisa membuat sakit perut ya moms.
  2. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega cair, tata kerang diatas loyang dan taburi garam merica.
  3. Panaskan oven sampai 200 derajat celcius dan panggang kurang lebih 30-60 detik, tergantung besarnya kerang yang kalian masak. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan panci penggorengan, tuangkan minyak zaitun dan panaskan dengan api sedang. masukan merica, bawang, garam dan tumis hingga harum. setelah itu tambahkan daun bawang dan jahe. aduk-aduk lagi hingga terlihat layu.
  5. Masukan air, kaldu ayam dan jamur tiram. aduk-aduk hingga merata. tambahkan lagi sohun, dan diamkan hingga mendidih. setelah matang, angkat dan sisihkan.
  6. siapkan mangkuk atau wadah besar, tuangkan kerang hijau scallop tadi ke dalam mangkuk, dibarengi dengan kuah sup yang kalian masak tadi.
  7. Sup Kerang Hijau Scallop sudah matang, dan siap untuk disajikan.

TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU

Disqus Comments