Home » Lumpia High Class, Jajanan Rakyat Rasa Mendunia

Lumpia High Class, Jajanan Rakyat Rasa Mendunia

Resep Lumpia High Class

Assalamualaikum sahabat Top Wisata, belakang makin banyak UMKM yang berkembang di masyarakat. Produk yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari bahan pokok, makanan, minuman, pakaian, aksesoris dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Apa ada yang mau mencoba peruntungan UMKM mommies ?? Momin kasih bocoran resep camilan yang bisa jadi ide jualan yak. Pasti semua masyarakat mengenal dan pernah merasakan makanan khas kota Semarang ini.

Namun momin memodifikasi isian dari lumpia dengan mengganti isiannya dengan bumbu dan isian khas Mexico yang terkenal, yakni namanya Fajita.

Pembuatannya memang cukup panjang tapi jangan sampai menyesal yaa kalian saat incipin rasanya. Iya menyesal karena cuman makan satu biji doank alias bikin nagih nagih dan nagih. Gak pake lama deh, here we go

Bahan – bahan :

  1. 250 gr daging sapi slice (cari yang lembarannya lebar)
  2. 10 lembar kulit lumpia
  3. 1 putih telur ayam, kocok lepas
  4. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Wingko Babat yang Gurih dan Kenyal

Bumbu perendam, campur rata :

  1. 3 sdm minyak zaitun
  2. 2 sdm air perasan lemon
  3. 1 sdm madu
  4. 1 sdt oregano kering
  5. 1/2 sdt garam

Isian sayuran :

  1. 200 gr bawang Bombay, cacah kasar
  2. 200 gr paprika hijau, iris memanjang
  3. 100 gr tomat, buang isinya potong memanjang
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdm margarin

Saus avokad :

  1. 200 gr daging alpukat matang, blender atau potong dadu kecil – kecil (sesuai selera)
  2. 50 gr keju parmesan
  3. 1 buah tomat, buang bijinya lalu cicang kasar
  4. 1 batang bawang daun, iris tipis
  5. 1 siung bawang putih, cincang kasar
  6. 1 sdm air lemon
  7. 1/2 sdt mixed herbs
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt merica bubuk
  11. 1/4 sdt tabasco

Cara membuat :

  1. Lumuri daging dengan bumbu perendam. Diamkan hingga meresap kurleb 30 menit.
  2. Panaskan teflon/wajan datar, beri sedikit minyak lali masak tiap slice daging hingga berubah warna dan matang (teknik pan searing). Angkat lalu sisihkan.
  3. Sayuran : panaskan margarin, tumis bawang bombay dan paprika hingga tampak layu. Terakhir tumis tomat namun jangan sampai tomatnya layu, sebentar saja. Tambahkan garam, masak hingga matang, angkat lalu sisihkan.
  4. Siapkan lembaran kulit lumpia. Di atas kulit tata 1 sdm campuran sayur dan 1 atau 2 slice daging (sesuai selera). Gulung kulit lumpia lalu rekatkan pinggirannya dengan putih telur. Ulangi proses serupa hingga keseluruhan bahan habis.
  5. Simpan gulungan lumpia dalam wadah yang tertutup rapat di freezer. Lapisis antar gulungan kulit lumpia dengan kertas roti agar tidak saling menempel, lalu bekukan.
  6. Saus avokad : campur keseluruhan bahan untuk saus lalu aduk rata. Apabila suka dengan saus yang kental blender terlebih dahulu daging buah alpukat dengan sedikit air lalu dicampurkan dengan bahan – bahan yang lainnya. Untuk saus avokad ini better dibuatnya saat akan disajikan. Bisa juga ditambahkan dengan sedikit sour cream supaya lebih creamy dan makin nikmat !
  7. Penyajian : keluarkan lumpia dari freezer, lalu diamkan sekitar 5 – 10 menit. Goreng dalam minyak panas yang banyak (teknik deep friying) hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan saus avokad, huummbb yummy !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *