Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Lumpia Rebung asli Semarang

Resep Lumpia Rebung asli Semarang

Resep Lumpia Rebung asli Semarang

Resep Lumpia Rebung

Untuk membuat isian lumpia rebung, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut [1]: 

  1. 400 gram rebung, iris tipis memanjang 
  2. 200 gram daging ayam, potong dadu 
  3. 100 gram wortel parut 
  4. 4 butir telur ayam, kocok rata 
  5. 200 mililiter air 
  6. 2 sendok makan minyak goreng 
  7. 1 sendok teh garam 
  8. 1 sendok teh gula 

Untuk menyiapkan isiannya, 

  1. rebung diremas dengan sedikit garam, 
  2. lalu dicuci hingga empuk. 
  3. Rebus rebung dengan sedikit garam selama 5 menit, lalu tiriskan dan sisihkan[2]. 
  4. Di wajan terpisah, panaskan minyak goreng dan tumis ayam yang sudah dipotong dadu hingga matang. 
  5. Masukkan wortel parut dan rebung yang sudah matang ke dalam wajan, lalu tuang telur kocok dan aduk hingga telur matang[3]. 
  6. Campuran ini akan menjadi isian lumpia rebung.

Untuk membungkus isiannya, Anda membutuhkan 

  1. kulit lumpia dan campuran tepung terigu dan air untuk menutup pinggirannya[4]. 
  2. Letakkan sesendok isian di tengah kulit lumpia, lalu lipat sisinya di atas isian dan gulung kulitnya hingga rapat. 
  3. Gunakan campuran tepung dan air untuk menutup pinggiran lumpia[5]. 
  4. Ulangi proses ini sampai semua isian habis. 
  5. Untuk menggoreng lumpia, panaskan wajan berisi minyak dengan api sedang-besar. 
  6. Setelah minyak panas, masukkan lumpia dengan hati-hati dan goreng hingga berwarna coklat keemasan dan renyah. 
  7. Angkat dari minyak dan letakkan di atas tisu untuk mengalirkan minyak berlebih [6]. 
  8. Sajikan lumpia rebung panas dengan saus favorit Anda.

Untuk saran penyajiannya, Anda bisa mencoba menyajikan lumpia rebung dengan saus sambal manis atau saus kacang[7]. 

Alternatifnya, Anda bisa menyajikannya basah dengan membungkus isinya dengan bungkus kertas nasi dan mencelupkannya ke dalam saus asam manis[8]. 

Camilan ini sangat cocok untuk pesta atau sebagai hidangan pembuka untuk makan malam keluarga. Nikmati rasa rebung yang lezat dan menyehatkan dalam resep lumpia yang mudah dibuat ini!

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lumpia rebung? A: Bahan-bahannya biasanya antara lain rebung, wortel, kubis, bawang putih, bawang merah, daging giling, udang, bungkus lumpia, minyak goreng, garam, merica, dan kecap.

Baca Juga :  Mau acara Bakaran, ini Resep Saus Barbeque buat bumbu oles

Q: Bisakah saya menggunakan rebung kalengan untuk resep ini? A: Ya, Anda bisa menggunakan rebung kalengan jika yang segar tidak tersedia. Pastikan untuk mengeringkan dan membilasnya secara menyeluruh sebelum digunakan untuk menghilangkan rasa asin berlebih.

Q: Bagaimana langkah-langkah persiapan pembuatan lumpia rebung? A: Cara pembuatannya adalah dengan menumis bawang putih dan bawang merah, menambahkan daging babi giling dan udang, lalu mencampurkan sayuran dan bumbu. Campuran tersebut kemudian dibungkus dengan bungkus lumpia dan digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah.

Q: Bagaimana cara menyajikan lumpia rebung? A: Lumpia rebung paling enak disajikan panas dan renyah, ditemani saus celup seperti sambal manis atau campuran kecap dan cuka.

Q: Bisakah saya membuat lumpia rebung terlebih dahulu dan memanaskannya kembali nanti? A: Meskipun lumpia paling enak dinikmati segar, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dan memanaskannya kembali di dalam oven untuk mendapatkan kembali kerenyahannya sebelum disajikan. Hindari memanaskannya kembali dalam microwave karena bisa menjadi lembek.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Rebung Segar** – Saat memilih rebung untuk lumpia, carilah rebung yang keras, montok, dan lapisan luarnya rapat. Hindari pucuk yang berubah warna, lunak, atau terdapat bintik-bintik berjamur. Kesegaran adalah kunci untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik pada lumpia Anda.

**Mempersiapkan Rebung dengan Benar** – Sebelum menggunakan rebung dalam lumpia, sangat penting untuk mempersiapkannya dengan benar untuk menghilangkan rasa pahit alaminya dan membuatnya empuk. Hal ini dapat dilakukan dengan mengupas lapisan luar yang keras, mengirisnya tipis-tipis, lalu merebusnya dalam air mendidih selama beberapa menit, diikuti dengan bilas dengan air dingin. Proses ini membantu meningkatkan rasa dan teksturnya.

Baca Juga :  Nasi Briyani Ayam Lezat, Kaya Rempah dan Mudah Dibuat

**Menyeimbangkan Rasa** – Saat membuat isian lumpia rebung, penting untuk menyeimbangkan rasa. Rebung memiliki rasa yang sedikit bersahaja, jadi pertimbangkan untuk menambahkan bahan-bahan seperti bawang putih cincang, jahe, kecap, dan sedikit gula untuk meningkatkan profil rasanya. Menyeimbangkan rasa akan menghasilkan lumpia yang lebih mengenyangkan dan nikmat.

**Teknik Pembungkus** – Perhatikan teknik pembungkusan saat merakit lumpia. Gunakan handuk dapur bersih yang lembap untuk menjaga agar pembungkus lumpia tetap lembap dan lentur. Jika kemasannya terlalu penuh, pembungkusnya akan sulit digulung dan robek. Usahakan untuk mengisi dalam jumlah sedang dan selipkan ujungnya dengan rapat saat Anda menggulung untuk membuat lumpia yang padat dan rapi.

**Menyempurnakan Proses Penggorengan** – Saat menggoreng lumpia rebung, pastikan minyak berada pada suhu yang tepat (sekitar 350-375°F/175-190°C) untuk menghasilkan bagian luar yang renyah dan berwarna keemasan. Menggorengnya dengan suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan lumpia menjadi berminyak dan lembap, sedangkan menggoreng dengan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan warna kecoklatan yang tidak merata. Goreng lumpia secara bertahap, berikan ruang yang cukup agar lumpia matang secara merata tanpa membuat wajan terlalu penuh. Tiriskan di atas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih sebelum disajikan. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat meningkatkan kualitas persiapan lumpia rebung, sehingga menghasilkan hidangan beraroma dan menarik secara visual yang akan mengesankan tamu Anda.

Referensi : 

1.   Resep Cara Membuat Lumpia Rebung khas Semarang.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari www.fimela.com 

2.   Resep 1. Lumpia Rebung (tanpa bau) oleh Pipit Ika.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari cookpad.com/id/resep/11704223-1-lumpia-rebung-tanpa-bau 

Baca Juga :  Membuat Tumis Kangkung, Hidangan Enak dan Hemat

3.   15 Cara Membuat Lumpia Semarang yang Enak dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   Resep Nusantara: Lumpia Rebung Khas Semarang.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari www.rri.co.id 

5.   Resep Lumpia Rebung Sayur oleh Ellaelloet.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari cookpad.com/id/resep/12197714-lumpia-rebung-sayur 

6.   Resep Lumpia Rebung Semarang oleh Nia Syifa.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari cookpad.com/id/resep/669580-lumpia-rebung-semarang 

7.   3 Cara Goreng Lumpia Frozen agar Renyah, Perhatikan ….  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari www.kompas.com 

8.   15 Resep Lumpia Goreng untuk Jualan, Isinya Beragam.  (n.d.)   Diperoleh January 21, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan