Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bolu Karamel Kukus, Rasanya yang manis dan lembut

Resep Bolu Karamel Kukus, Rasanya yang manis dan lembut

resep bolu karamel kukus

Resep Bolu Karamel Kukus

Recipe By siti
Course: resep bolu karamel kukus Cusine:indonesia Difficulty:Pemula

Servings

2 minutes

Preparing Time

50 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. gula pasir

  3. telur

  4. margarin

  5. susu cair

  6. gula merah

  7. vanila

  8. baking powder

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat bolu karamel kukus adalah menghaluskan gula merah dan margarin hingga teksturnya lembut dan tercampur sempurna

  2. Langkah 2

    Kemudian, tambahkan telur satu per satu sambil terus mengocok adonan hingga mengembang

  3. Langkah 3

    Setelah itu, masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diayak dan aduk rata

  4. Langkah 4

    Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan lembut

  5. Langkah 5

    Terakhir, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan taburi dengan sedikit gula pasir di atasnya

NOTES

    Agar bolu karamel kukus yang Anda buat memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan. Pastikan untuk menggunakan gula merah yang berkualitas dan tidak terlalu banyak, agar tidak membuat kue terlalu manis. Selain itu, pastikan juga untuk mengocok adonan dengan benar dan tidak terlalu lama, agar tekstur bolu tetap lembut dan tidak keras. Selalu gunakan susu cair yang segar dan margarin yang baik untuk hasil yang terbaik. Terakhir, pastikan untuk mengukus bolu dengan api yang sedang dan tidak terlalu lama, agar kue matang secara merata dan tidak mudah keras.

Bolu karamel kukus adalah salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang. Tidak hanya enak, bolu karamel kukus juga relatif mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang cukup mudah, siapa pun bisa mencoba membuat kue yang lezat ini. Di dalam artikel ini, kita akan membahas resep bolu karamel kukus secara lengkap dan mendalam.

Baca Juga :  Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana untuk Si Kecil

Sejarah Bolu Karamel Kukus

Bolu karamel kukus memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Kue ini pertama kali dikenal pada era kolonial Belanda dan kemudian menjadi populer di kalangan masyarakat pribumi. Bolu karamel kukus awalnya dibuat dengan cara dipanggang, namun seiring berjalannya waktu, metode pengukusan pun mulai digunakan untuk membuat kue ini. Sejak saat itu, bolu karamel kukus menjadi salah satu kue tradisional yang sering ditemui di berbagai acara, seperti perayaan ulang tahun, arisan, atau pun acara keluarga lainnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bolu karamel kukus, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain tepung terigu, gula pasir, telur, margarin, susu cair, dan gula merah. Tepung terigu digunakan sebagai bahan dasar untuk adonan bolu, sedangkan gula pasir dan gula merah digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue. Telur berperan sebagai pengikat adonan, sementara margarin dan susu cair memberikan tekstur lembut pada bolu. Selain bahan-bahan utama, Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti vanila atau baking powder untuk memberikan aroma dan tekstur yang lebih baik pada bolu karamel kukus.

Langkah-Langkah Pembuatan Bolu Karamel Kukus

Langkah pertama dalam membuat bolu karamel kukus adalah menghaluskan gula merah dan margarin hingga teksturnya lembut dan tercampur sempurna. Kemudian, tambahkan telur satu per satu sambil terus mengocok adonan hingga mengembang. Setelah itu, masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diayak dan aduk rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan lembut. Terakhir, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan taburi dengan sedikit gula pasir di atasnya.

Baca Juga :  Membuat Menu Yang Spesial Resep Kue Bawang

Tips dan Trik dalam Membuat Bolu Karamel Kukus

Agar bolu karamel kukus yang Anda buat memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan. Pastikan untuk menggunakan gula merah yang berkualitas dan tidak terlalu banyak, agar tidak membuat kue terlalu manis. Selain itu, pastikan juga untuk mengocok adonan dengan benar dan tidak terlalu lama, agar tekstur bolu tetap lembut dan tidak keras. Selalu gunakan susu cair yang segar dan margarin yang baik untuk hasil yang terbaik. Terakhir, pastikan untuk mengukus bolu dengan api yang sedang dan tidak terlalu lama, agar kue matang secara merata dan tidak mudah keras.

Variasi Bolu Karamel Kukus yang Bisa Dicoba

Bolu karamel kukus memiliki banyak variasi yang bisa Anda coba di rumah. Anda bisa menambahkan keju parut di atasnya sebelum mengukus, atau pun menambahkan potongan buah-buahan untuk memberikan rasa segar pada kue. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menambahkan cokelat bubuk atau kacang-kacangan cincang ke dalam adonan untuk memberikan tekstur yang berbeda pada bolu. Cobalah bereksperimen dengan berbagai bahan dan cara pengolahan untuk menciptakan bolu karamel kukus yang unik dan lezat.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep bolu karamel kukus di atas, Anda bisa mencoba membuat kue yang lezat dan enak di rumah. Bolu karamel kukus merupakan pilihan kue yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau pun sebagai camilan di waktu luang. Jangan ragu untuk mencoba variasi-variasi yang berbeda agar Anda bisa menemukan rasa dan tekstur yang sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

FAQ

Apakah saya bisa mengganti gula merah dengan gula pasir dalam resep bolu karamel kukus? : Ya, Anda bisa mengganti gula merah dengan gula pasir sesuai dengan selera Anda. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran gula pasir agar rasa karamelnya tetap terasa.

Baca Juga :  Resep Ayam Bacem Khas Jawa, Mudah dan Enak

Apakah bolu karamel kukus bisa disimpan dalam freezer? : Ya, bolu karamel kukus bisa disimpan dalam freezer untuk beberapa hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar kue tetap lembut dan enak saat disantap.

Bagaimana cara membuat karamel yang sempurna untuk bolu karamel kukus? : Untuk membuat karamel yang sempurna, panaskan gula merah dengan api kecil hingga cair dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk terus diaduk agar karamel tidak gosong.

Apakah saya bisa menambahkan kacang ke dalam adonan bolu karamel kukus? : Tentu saja! Anda bisa menambahkan kacang cincang ke dalam adonan bolu karamel kukus untuk memberikan tekstur yang lebih crunchy pada kue Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info