Minggu, 01 November 2020

Cara mudah bikin Lumpia Basah khas Bandung

Resep Lumpia Basah



Jajanan pasar yang sangat disukai masyarakat Bandung tidak lain adalah lumpia basah. Lumpia basah ini sangat mudah sekali kita jumpai ketika berkunjung ke Bandung hampir seluruh jajanan pinggir jalan atau street food banyak yang menjual jajanan lumpia basah ini.

Rasa manis dan gurih serta kehangatan dari lumpia basah ini memang memanjakan lidah Siapa saja yang mencobanya. Bahkan salah satu khas lain dari lumpia basah ini adalah memakainya dengan menggunakan sumpit.

Jadi Mama yang belum sempat ke Bandung untuk mencicipi lumpia basah ini tentu saja masih bisa kok membuatnya sendiri dirumah karena bahan-bahan serta alatnya sangatlah umum di dapur mama.

Oke deh tanpa berlama-lama Yuk kita coba buat lumpia basah di rumah aja ya mama.

Bahan-bahan lumpia basah

  1. ¼ kg tauge
  2. 5 lembar kulit lumpia instan
  3. 2 butir telur
  4. Garam secukupnya
  5. Minyak sayur secukupnya

Bahan bumbu:

  1. 3 siung bawang putih, cincang kasar
  2. 3 cabai rawit, haluskan

Bahan perekat:

  1. 1 sdm tepung kanji
  2. ½ ons gula merah
  3. Air secukupnya

Bahan bengkuang:

  1. ½ kg bengkuang, iris memanjang
  2. ½ ons gula merah
  3. Air secukupnya

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah kalian siapkan Sekarang saatnya membuat lumpia basah di rumah saja.

Langkah-langkah membuat lumpia basah yang super enak

  1. Langkah pertama untuk membuat lumpia basah yang enak adalah menyiapkan gula merah. Campuran gula merah dengan air panas ke dalam wadah dan aduk aduk sampai merata. Tambahkan tepung kanji dan aduk aduk lagi Hingga mengental kemudian sisihkan.
  2. Siapkan teflon dan Panaskan dengan api kecil, masukkan gula merah. aduk sampai dengan gula merah larut dengan air. Tambahkan bengkuang yang tadi sudah diiris-iris memanjang ke dalam teflon. Terus aduk aduk sampai bengkoang tadi menyerap gula merah, setelah dirasa matang angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan teflon dan Masukkan mentega cair atau minyak secukupnya Panaskan dengan api kecil. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga tercium bau harum.
  4. Tambahkan telur dan tauge aduk aduk terus sampai tauge nya layu. setelah itu tambahkan garam secukupnya. Angkat dan sisihkan.
  5. Ambil kulit lumpia siap saji dan lumuri dengan adonan gula merah sebagai perekat yang kalian buat tadi.
  6. Masukkan isian lumpia seperti bengkoang dan tumisan tauge secukupnya sampai kulit lumpia penuh. Gulung dan lipat lumpia basah.
  7. Lumpia basah pedas manis siap di hidangkan selagi hangat. Selamat mencoba dan menikmati ya mama.
  8. Lumpia basah di atas lebih nendang dan enak jika kalian bikin super pedas. Sensasi pedas akan menambah nafsu makan. pastinya akan ingin Lagi Dan Lagi.

Disqus Comments