Skip to main content

Resep Sosis Solo Sederhana, Cocok bwt Jualan

Siti Komariyah

Resep Sosis Solo



Solo adalah salah satu kota wisata yang ada di Jawa Tengah dengan beragam kulinernya, jika mama berkunjung ke solo mama akan dengan mudah menjumpai makanan seperti :
  1. Tongseng Ayam khas Solo
  2. Serabi Solo
  3. Selat solo
  4. Sosis Solo
dan masih banyak lagi ya moms.

Nah, disini topwisata akan membuat resep salah satu makanan khas solo seperti Sosis Solo yang mempunyai citarasa Manis dan Gurih ini. Memang banyak orang beranggapan Sosis Solo ini seperti Sosis pada umumnya.

Namun itu sangat berbeda ya moms, Sosis solo ini adalah salah satu jajanan tradisional seperti gulungan lumpia. Didalamnya terdapat berbagai macam olahan cincang seperti daging, ayam.

Memakan Sosis Solo ini paling enak dengan cabe rawit hijau dan juga teh hangat, dimakan saat musim hujan gini pasti sangat enak ya moms.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Kita coba membuat Sosis Solo dirumah aja.

Bahan-bahan Sosis Solo :


Kulit:
  1. 5 butir telur ayam
  2. 100 ml santan
  3. 3 sdm air
  4. 1 sdm tepung terigu
  5. 1/2 sdt garam

Isian:
  1. 250 g daging sapi cincang
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 1 lembar daun salam
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. 100 ml santan
  6. 3 sdm kecap manis
  7. 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan air

Bumbu Halus:
  1. 3 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 sdt ketumbar
  4. 1/2 sdt jinten
  5. 1/2 sdt merica
  6. 1 sdt garam

Cara Membuat Sosis Solo :

  1. Langkah pertama untuk membuat Sosis solo adalah pembuatan kulitnya terlebih dahulu. Kocok telur hingga berbusa dan halus, kemudian campurkan dengan santan, air, tepung terigu dan garam. kocok-kocok lagi hingga merata.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api kecil. Tuang 1 sendok adonan kulit, kemudian ratakan. bolak balik sampai matang. Lakukan hal ini sampai adonan kulit yang mama buat habis.
  3. Langkah kedua adalah membuat isian sosis solo, tumis bumbu halus sampai tercium harum. kemudian tambahkan daun salam, jeruk dan serai. aduk-aduk lagi sampai merata dan harum.
  4. Masukan daging yang sudah mama cincang tadi ke dalam wajan, aduk-aduk sebentar. Kemudian tambahkan kecap dan santan. aduk-aduk lagi hingga merata. masak hingga daging kecoklatan sampai matang.
  5. Tuangkan tepung maizena yang sudah dilarutkan tadi ke dalam wajan, aduk-aduk sebentar hingga daging mengental. kemudian angkat dan dinginkan.
  6. Langkah ketiga adalah menggabungkan beberapa langkah diatas, ambil selembar kulit sosis solo yang tadi sudah mama buat tadi. taruh kulit ditempat rata, tuangkan adonan daging cincang, kemudian ratakan. gulung kulit sosis seperti mama menggulung lumpia. Lakukan hal ini sampai kulit dan isinya habis.
  7. Siapkan alat pengukus, tata sosis solo ke dalam pengukus sampai penuh. Kukus sebentar hingga kulitnya menyatu dengan daging. angkat dan sajikan. Selamat mencoba dan menikmati ya moms.
  8. Nah, jika mama tidak ingin mengukus, mama juga bisa menggorengnya kok. tinggal goreng sebentar, jadi deh sosis solonya.
  9. Siapkan Cabe Rawit hijau untuk menyantapnya ya mama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar