Lompat ke konten
Home » Cara Mudah Membuat Roti Kukus Gula Merah, Ini Resepnya

Cara Mudah Membuat Roti Kukus Gula Merah, Ini Resepnya

Cara Membuat Roti Kukus Gula Merah

Roti kukus gula merah merupakan salah satu makanan yang digemari di Indonesia. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut. 

Warnanya juga sangat menggoda selera. Cara membuat roti kukus gula merah terbilang cukup mudah. Kita bisa membuatnya di rumah bersama keluarga kita. Berikut ini cara membuat roti kukus gula merah yang manis tersebut :
Apa Saja Bahan yang Perlu Disiapkan ?

Bahan-bahan:

  1. 125 gram tepung terigu
  2. 75 gram gula merah
  3. 50 ml minyak sayur
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 butir kuning telur
  7. 1/2 sdt soda kue
  8. 1/2 sdt baking powder
  9. 1/2 sdt garam
  10. air secukupnya
Baca Juga :  Resep Kue Lumpur Dengan Vla, Jajanan Pasar dengan Rasa Mantul, Ini Resepnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, kita siapkan dua mangkuk besar di atas meja. Selanjutnya, kita masukkan  tepung terigu, baking powder, baking soda, dan juga garam ke salah satu mangkuk besar tersebut. Kemudian kita aduk semua bahan kering tadi menggunakan sendok hingga tercampur merata.
  2. Kemudian, kita ayak campuran tepung tadi ke dalam mangkuk besar yang satunya hingga halus. Setelah itu, kita siapkan talenan di atas meja. Kita bisa mulai menyisir gula merah tipis-tips sampai habis.
  3. Selanjutnya, kita bisa menyiapkan panci di atas kompor. Kemudian, kita tuang air ke dalamnya. Kita panaskan sampai beruap banyak. Selanjutnya kita alasi tutup panci menggunakan kain supaya uang airnya tidak berjatuhan.
  4. Kemudian, kita bisa menyiapkan cetakan roti kukus yang sudah dialasi dengan baking paper yang berbentuk cup.
  5. Selanjutnya, kita pecahkan telur dan ambil yang bagian kuning saja. Kita letakkan ke dalam wadah. Setelah itu, kita masukkan larutan gula merah diikuti dengan campuran tepung terigu. Selanjutnya, kita aduk menggunakan mixer hingga tercampur rata. Kita bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.
  6. Kemudian, kita masukkan minyak sayur ke dalam adonan. Kita harus segera mengaduk adonan lagi biar bisa menyatu dengan mudah. Setelah itu, kita diamkan adonan kurang lebih sekitar 15 menit supaya lebih mengembang.
  7. Selanjutnya, kita masukkan adonan roti kukus ke dalam cetakan sampai penuh dan habis. Kita masukkan roti kukus ke dalam panci kukusan. Kita tata dengan rapi dan diberi jarak. Selanjutnya, kita tutup panci dan kukus kurang lebih selama 20-30 menit. Kita harus memastikan roti kukus mengembang secara sempurna.
  8. Kemudian, angkat roti kukus dan keluarkan dari cetakan bisa sudah dingin. Akhirnya, roti kukus gula merah siap disajikan.
Baca Juga :  Sawi Gulung Isi Ayam dengan Siraman Kuah Pedas, Bekal Suami Ngantor


Itulah cara membuat roti kukus gula merah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.
 

Sponsor topwisata.info