Minggu, 12 Juli 2020

Resep Jamur Krispy Kekinian, Renyah, Enak, dan Keriting

Resep Jamur Krispy


Sudah pernah mencoba memasak menu resep jamur krispy tapi teksturnya tetap tidak bisa renyah seperti yang dijual di pasaran? Saat ini sajian menu jamur crispy rasanya bukan makanan yang asing lagi. Bahkan menu ini termasuk salah satu makanan yang harganya terjangkau dan pas di kantong mahasiswa.

Untuk cita rasanya sendiri sangat nikmat. Meskipun saat membuatnya sendiri mungkin penampilannya tidak bisa keriting seperti yang dijual di pasaran dengan sempurna. Maka dari itu bila Anda ingin membuat jamur crispy yang benar-benar renyah, keriting, tanpa mengurangi cita rasanya, sebaiknya simak triknya berikut ini!

Untuk membuat jamur crispy istimewa yang renyah dan keriting, sebaiknya siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini:

Bahan:

Jamur tiram sebanyak 500 gr saja.

Bahan Pencelup:

Tepung terigu protein sedang sebanyak 100 gr.
Bawang putih 1 siung saja.
½ sdt garam.
½ sdt merica bubuk.
½ sdt baking soda.
200 ml air es.

Bahan Pelapis:

Tepung terigu protein sedang sebanyak 100 gr.
Tepung maizena atau tepung kanji sebanyak 50 gr.
½ sdt garam.
Minyak goreng secukupnya.

Bahan Pelengkap:

Saus sambal secukupnya.

Cara Membuat Jamur Crispy:

Supaya cita rasa menu resep jamur krispy ini semakin terasa nikmat, sebaiknya perhatikan tutorialnya di bawah ini agar rasanya semakin renyah dan teksturnya keriting seperti yang dijual di pasaran. Berikut ini adalah cara memasak jamur crispy dengan benar, antara lain:

  1. Potonglah jamur tiram di setiap kuntum lebarnya menjadi 1 suapan supaya ukurannya tidak terlalu besar di mulut. Sehingga Anda bisa menyantapnya lebih mudah ketika jamur crispy sudah siap disajikan.
  2. Untuk membuat adonan pencelup, haluskan bawang putih yang sudah disiapkan tadi. Campur menggunakan tepung terigu untuk pencelupan. Selanjutnya, masukkan ½ sdt garam, merica bubuk, dan baking soda. Aduk sampai tercampur rata, lalu sisihkan sebelum akhirnya dicampur dengan air es.
  3. Untuk membuat campuran tepung pelapisnya, campurkan tepung maizena atau tepung kanji, tepung terigu, dan garam ½ sdt saja ke dalam sebuah wadah. Aduk semuanya hingga tercampur rata. Lalu, sisihkan.
  4. Masukkan air es ke dalam adonan pencelup. Aduk sampai tidak ada gumpalan tepung. Kemudian, celupkan jamur tiram ke dalamnya satu-satu. Setelah itu, gulingkan kedalam tepung pelapisnya. Pastikan semua bagiannya telah diselimuti oleh lapisan tepung yang tebal.
  5. Kemudian, remas sedikit saja, pelan-pelan supaya ada gumpalan yang terbentuk pada permukaan jamur tersebut. Ini adalah cara termudah untuk membuat tekstur menu masakan resep jamur krispy supaya terlihat renyah dan keriting.
  6. Setelah itu, goreng jamur tiram ke dalam minyak panas hingga terendam semua bagiannya. Selagi digoreng, jangan lupa menyiram permukaan jamurnya menggunakan minyak panas.
  7. Bila sudah matang, angkat jamur tiramnya ke dalam penggorengan. Tapi, angkat jamurnya saat warnanya menjadi kuning kecoklatan. Sebelum disajikan, tiriskan dulu gorengan jamur crispy di atas kertas koran (kertas penyerap minyak). Dengan begitu jamur crispy benar-benar kering, renyah, bebas minyak.
  8. Nah, sekarang jamur crispy sudah siap disajikan bersama dengan sambalnya. Untuk sambalnya disini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bisa rasa ekstra pedas, pedas manis, atau sedang.
  9. Yang pasti sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan baking soda saat memasak menu resep jamur krispy di atas. Karena bila Anda terlalu banyak memakainya akan membuat cita rasa jamurnya getir. Itulah sebabnya gunakan baking soda secukupnya supaya rasa bumbunya tetap terasa nikmat.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments