Kamis, 17 September 2020

Resep Bakwan Jagung Crispy Kriuk Gurih dan Enak

Resep Bakwan Jagung



Sajian nikmat ala perkedel jagung atau populer disebut Bakwan Jagung memang sangat cocok untuk hidangan camilan dirumah sebagai pendamping waktu santai kalian ya. Karena hidangan yang satu ini terbilang ekonomis juga sangat mudah sekali dibuat.

Bakwan Jagung memiliki citarasa yang renyah, gurih dan empuk ya moms. Hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapat, kalian sudah bisa membuatnya dirumah saja.

Bakwan Jagung sendiri adalah olahan dari jagung sisir yang dipadukan dengan tepung terigu, dan telur. Disamping itu yang membuat enak juga dari bumbu-bumbu rempah Indonesia yang khas.

Mungkin kalian penasaran cara pembuatan Bakwan Jagung yang enak ini. Yuk, tanpa berlama-lama lagi kita coba buat Bakwan Jagung dirumah aja.

1. Membuat Bakwan Jagung Sederhana

Bahan Bakwan Jagung :

  1. 250 jagung segar, sisir
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 1 butir telur ayam
  4. 100 ml santan encer
  5. 1 buah cabai merah buang isi, iris tipis
  6. 1 sendok makan (sdm) daun seledri, iris
  7. 1 sdm gula pasir
  8. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :

  1. 2 sdm bawang merah iris
  2. 1 sdm bawang putih iris
  3. 1 sdt ketumbar
  4. 1 sdt garam

Cara membuat bakwan jagung :

  1. Langkah pertama untuk membuat Bakwan Jagung yang super enak adalah menghalukan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar dan garam.
  2. Kemudian menyiapkan wadah besar untuk memasukan beberapa bahan seperti Tepung Terigu, telur ayam, santan, cabai, seledri, gula pasir, bumbu halus dan jagung sisir.
  3. Panaskan Minyak dengan api sedang, kemudian cetak Bakwan Jagung dengan sendok sayur atau alat lain agar terbentuk lebih bulat dan menarik. Goreng sampai Bakwan berubah warna.
  4. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Bakwan Jagung siap dihidangkan untuk menghangatkan suasana berkumpul anda.

2. Membuat Bakwan Jagung Crispy

Untuk membuat bakwan crispy, bahan-bahan yang digunakan tidak jauh beda dengan Bakwan sederhana yang sudah kalian buat tadi. Namun yang membedakan cuma takaran tepung dan campuran telurnya.

Penggunaan tepung beras yang sedikit serta bagaimana cara kita memasaknya, akan membuat bakwan menjadi kriuk dan crispy ya moms.

Oke deh, kita lanjut membuat Bakwan Jagung Crispy yang enak dirumah aja.

Bahan-bahan Bakwan Jagung Crispy :

  1. 5 Sendok makan tepung terigu
  2. 3 Buah jagung manis disisir
  3. 3 Batang daun seledri dirajang halus
  4. 1 Batang daun bawang dirajang halus
  5. 1 Sendok makan tepung beras
  6. Garam secukupnya
  7. Gula secukupnya
  8. Air secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  1. 3 Butir bawang merah
  2. 2 Siung bawang putih

Cara membuat bakwan jagung crispy kriuk :

  1. Untuk membuat Bakwan Jagung Crispy yang enak, sebenarnya tidaklah sulit uleg kasar jagung sisir, moms bisa menggunakan chopper untuk menghasilkan jagung yang kasar merata.
  2. Siapkan wadah lainnya, Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan seperti Bawang merah dan bawang putih, kemudian tambahkan tepung, seledri, tepung beras dan jagung kasar. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan kenyal ( pastikan jangan sampai encer ). Tambahkan gula dan garam secukupnya.
  3. Cetak adonan Bakwan Jagung menggunakan sendok sayur, dan siapkan penggorengan serta minyak secukupnya. Goreng dengan api sedang sampai Bakwan Jagung berubah warna.
  4. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Bakwan Jagung Crispy siap dihidangkan. Lebih enak lagi kalau ditambahkan sambal petis atau cabai rawit.




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments