Cara Membuat Cilok Crispy Favorit Anak-anak

Membuat Cilok Crispy

Cilok crispy adalah makanan yang berasal dari jawa barat dimana cireng dan cilok sama-sama berasal dari sunda. Mari kita lihat bagaimana membuat cilok crispy dimana resepnya super simpel.

Resep Cilok Crispy


Cilok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang dibuat dari bahan tapioka yang kenyal dengan diberi tambahan bumbu pelengkap yaitu sambal kacang, kecap, juga saus. Bentuknya dari cilok sendiri adalah bulat seperti bakso, bedanya hanya dari bahan dasarnya. Anda bisa bisa membuat cilok Crispy dengan memakai 11 bahan juga 4 Langkah. Berikut dibawah ini cara untuk membuat cilok crispy.

Bahan yang perlu anda siapkan:

  1. 110 gram tepung tapioka
  2. 80 gram tepung terigu.
  3. 125 ml air yang mendidih
  4. 2 sendok teh bubuk kaldu ayam.
  5. 1/2 sendok teh garam.
  6. 2 daun bawang.
  7. 1/4 sendok teh merica.
  8. 3 bawang putih haluskan 
  9. 2 butir  telur ayam
  10. Tepung panir secukupnya
  11. Untuk Isian ( terdiri dari ayam cincang pedas dan keju)
Cilok adalah makanan yang disukai oleh masyarakat di indonesia. Untuk membuat cilok crispy ini bisa anda pelajari. Cara mengolah cilok crispy yakni menyiapkan tepung kanji kemudian dicampurkan dengan air panas. Cilok crispy merupakan salah satu camilan yang menjadi favorit anak-anak maupun dewasa karena rasanya yang gurih dan enak.

Proses cara memasaknya adalah:

  1. Pertama anda campur tepung terigu, tepung kanji, kaldu bubuk, garam, dan potongan daun bawang, merica, bawang putih. Campurkan hingga merata. Kemudian tambahkan air mendidih secara bertahap kemudian diaduk sampai sudah dirasa ulen. Uleni sampai kalis.
  2. Jika sudah bentuk bulat kemudian pipihkan lalu tambahkan isian. Seperti keju lalu ayam cincang pedas. Tutup kembali dengan bentuk bulat. Lakukan sampai semua adonan habis
  3. Kemudian telur dikocok kemudian siapkan tepung panir. Masukan cilok tadi kedalam telur setelah itu gulingkan ke tepung panir lalu di goreng sampai matang. Terus hingga adonan habis. Cilok dapat anda langsung dimakan bersama keluarga dengan dicocol saus. Dimakan ketika sedikit hangat karena lebih enak dan krispi.



Langganan Surel
Langganan