Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cireng Crispy, teman minum teh atau kopi

Resep Cireng Crispy, teman minum teh atau kopi

resep cireng crispy1

Resep Cireng Crispy, teman minum teh atau kopi

Recipe By siti
Course: resep cireng crispy Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. tepung tapioka

  3. bawang putih

  4. garam

  5. merica bubuk

  6. kaldu bubuk

  7. air

  8. minyak

  9. daun bawang cincang

  10. keju parut

  11. sosis cincang

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah

  2. Langkah 2

    Aduk rata semua bahan kering tersebut

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, tambahkan bahan tambahan seperti daun bawang atau keju parut, aduk rata

  5. Langkah 5

    Setelah adonan tercampur sempurna, bentuk adonan sesuai dengan selera, bisa bulat pipih atau lonjong

NOTES

    Agar cireng crispy yang Anda buat tetap renyah dan enak, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Pastikan adonan cireng tidak terlalu basah, karena hal ini akan membuat cireng sulit mengembang dan teksturnya tidak crispy. Selain itu, gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng cireng dan pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum menggoreng cireng. Jangan lupa juga untuk meniriskan cireng dengan tisu dapur agar tidak terlalu berminyak.

Siapa yang tidak suka camilan gurih dan renyah seperti cireng crispy? Camilan yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama untuk dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi. Cireng crispy memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam, membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuat cireng crispy di rumah, berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Baca Juga :  Resep Rahasia Tengkleng Khas Solo, Lezatnya Sangat Mengundang Selera

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat cireng crispy, Anda memerlukan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Bahan utama yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, air, serta minyak untuk menggoreng. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti daun bawang cincang, keju parut, atau sosis cincang untuk variasi rasa.

Langkah-Langkah Membuat Cireng Crispy

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan kering tersebut. Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Selanjutnya, tambahkan bahan tambahan seperti daun bawang atau keju parut, aduk rata. Setelah adonan tercampur sempurna, bentuk adonan sesuai dengan selera, bisa bulat pipih atau lonjong.

Cara Menggoreng Cireng

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak agar cireng bisa tenggelam dan matang secara merata. Goreng cireng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan teksturnya crispy. Setelah itu, angkat cireng dan tiriskan minyak dengan menggunakan tisu dapur. Cireng crispy siap disajikan selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan saus sambal atau saus keju sebagai pelengkapnya.

Baca Juga :  Resep Cah Kangkung ala Resto

Tips Agar Cireng Tetap Crispy

Agar cireng crispy yang Anda buat tetap renyah dan enak, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Pastikan adonan cireng tidak terlalu basah, karena hal ini akan membuat cireng sulit mengembang dan teksturnya tidak crispy. Selain itu, gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng cireng dan pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum menggoreng cireng. Jangan lupa juga untuk meniriskan cireng dengan tisu dapur agar tidak terlalu berminyak.

Kesimpulan

Cireng crispy adalah camilan yang sangat cocok untuk dinikmati kapan saja, baik sebagai cemilan di rumah maupun saat bersantai di warung kopi. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang sederhana, Anda bisa mencoba membuat cireng crispy sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah di atas dan tambahkan bahan tambahan sesuai selera untuk variasi rasa yang berbeda. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan tepung terigu biasa untuk membuat cireng crispy?

Ya, Anda bisa menggunakan tepung terigu biasa untuk membuat cireng crispy. Namun, tekstur cireng mungkin akan sedikit berbeda dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi.

Berapa lama cireng crispy bisa disimpan?

Cireng crispy bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau toples selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat agar tetap crispy.

Bisakah saya menggunakan minyak goreng biasa untuk menggoreng cireng crispy?

Baca Juga :  Resep Stroberi Youghurt Smoothies, Minuman Enak Sekaligus Menyehatkan Tubuh

Anda sebaiknya menggunakan minyak goreng yang tahan panas tinggi, seperti minyak kelapa atau minyak jagung, agar cireng crispy tidak terlalu berminyak.

Apakah saya bisa menggunakan air dingin untuk membuat adonan cireng crispy?

Lebih baik gunakan air suhu ruang atau hangat untuk membuat adonan cireng crispy agar adonan lebih mudah diuleni dan tekstur cireng lebih kenyal.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info