Resep Membuat Kue Serabi Sederhana

Membuat Kue Serabi Sederhana


Cara membuat kue serabi sederhana tidaklah sulit. Kue serabi merupakan jenis camilan tradisional. Walaupun demikian, ini tidak akan mengurangi tingkat populer kue serabi. Bahkan banyak tempat seperti restoran juga cafe yang menjual camilan ini untuk dihidangkan sebagai menu andalan di restoran dan juga cafe mereka.


Tanggapan baik diperoleh sebab kue serabi mempunyai rasa yang gurih enak dan cocok untuk semua lidah orang. Hal penting utama adalah kue serabi ini dijual dengan harga yang murah, jadi sangat terjangkau untuk semua pembeli.

Resep membuat kue serabi
Bahan yang diperlukan dalam membuat sajian kue serabi dapat dikatakan mudah dan sederhana serta bahan mudah didapat. Apabila Anda bermaksud membuat kue serabi di rumah sendiri, kami akan memberikan resep kue serabi sederhana yang enak dan mudah. Mari lihat bahan serta langkah membuat kue serabi seperti di bawah ini.

Bahan yang perlu anda persiapkan adalah:

  1. 210 gr tepung beras
  2. 160 gr kelapa agak tua, kemudian parut kasar
  3. 550 ml santan dari ½ butir kelapa
  4. 55 ml air perasan dari daun suji, yang terdiri dari 10 lembar daun suji dengan 55 ml air
  5. Garam halus sekitar ½ sdt

Bahan untuk kuah kinca adalah:

  1. 125 gula merah gr, sisir halus
  2. 100 ml santan kelapa
  3. 4 lembar daun pandan, potong 2 bagian
  4. ½ sdt garam halus
  5. 25 gr gula pasir

Proses cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal anda membuat dulu adonan kue serabi-nya. Lalu wadah disiapkan yang  sudah bersih dengan ukuran cukup besar, kemudian bahan-bahan dimasukkan terdiri dari tepung terigu, kelapa parut, dan garam.  Campur bahan sampai merata keseluruh bagian.
  2. Beri santan ke campuran bahan kering tadi secara bertahap jangan lupa diaduk-aduk.  Anda harus memastikan bahwa bahan-bahan yang dicampurkan menjadi adonan yang sudah cukup cair.
  3. Jika sudah tambah air perasan daun suji, lalu aduk-aduk lagi sampai semua bahan adonan berwarna hijau merata.
  4. Jika sudah Panaskan cetakan serabi, dengan api yang sedang dan apabila cetakan sudah dirasa panas, kecilkan api.
  5. Tuang 1 sendok sayur adonan serabi di cetakan, tutup dan masak hingga matang sekitar 2 hingga 3 menit. Lakukan terus hingga adonan habis kemudian disisihkan.
  6. Lalu untuk kuah kinca, panci bersih disiapkan dan masukan santan bersama daun pandan lalu masak sampai mendidih.
  7. Tambah irisan gula merah, gula pasir dan garam sedikit saja, aduk rata dan masak sampai larut. Matikan api biarkan dingin.
  8. Siapkan piring untuk menghidangkan, taruh kue serabi kemudian siram kuah kinca. Kue serabi sudah siap untuk dimakan bersama keluarga.

Sumber referensi: resepkuerenyah.com

Langganan Surel
Langganan