Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mempraktikkan Tempe Penyet Sambal Kencur yang Mudah, Sederhana, dan Lezat

Mempraktikkan Tempe Penyet Sambal Kencur yang Mudah, Sederhana, dan Lezat

Tempe Penyet Sambal Kencur (1)

Resep tempe penyet sambal kencur

Resep tempe penyet sambal kencur mungkin sudah umum dijual di banyak warung atau rumah makan lesehan khususnya yang menjual kuliner penyetan.

Menu kuliner penyetan memang banyak disukai orang dari anak kecil hingga orang tua. Bukan hanya proteinnya saja yang dipenyet, seperti ayam, telur, tahu, tempe, atau yang lainnya.

Namun, sambal untuk penyetannya juga terasa pedas, sedap, dan mantap di lidah.

Salah satu yang menjadi favorit banyak orang, yaitu tempe penyet dengan sambal kencur. Meskipun hanya tempe goreng saja yang dipenyet, tetapi dikombinasikan dengan sambal kencur dengan rasa begitu khas terasa di lidah.

Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan-bahan sederhana. Anda sekalian yang ingin coba membuatnya di rumah silahkan membaca resep tempe penyet sambal kencur berikut.

Bahan-bahan

  1. 8 potong tempe segar
  2. 1 sendok teh garam
  3. Air hangat secukupnya
  4. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 5 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 3 cm kencur
  9. 5 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Rekomendasi Resep Petai Udang Kecap yang Mantul untuk Menu Makan Keluarga

Cara membuat tempe penyet sambal kencur

Setelah semua bahan diatas disiapkan Anda bisa segera mempraktikkan resep tempe penyet sambal kencur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan tempe yang ingin diolah. Jika Anda membeli tempe dalam bentuk papanan, silahkan memotongnya menjadi 8 atau sesuai selera masing-masing.
  2. Setelah itu, siapkan sebuah wadah baskom dan beri air hangat secukupnya dengan garam. Aduk sebentar, lalu masukkan satu per satu potongan tempe ke dalamnya untuk dimarinasi. Diamkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng tempe. Setelah minyak panas, masukkan potongan tempe satu per satu ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-balik tempe agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan tempe goreng. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, siapkan cobek untuk membuat sambal kencur. Letakkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, kencur, daun jeruk, dan beri kaldu bubuk. Setelah itu, beri tiga sendok minyak goreng panas bekas menggoreng tempe, lalu uleg kasar semua bahan.
  5. Setelah itu, letakkan tempe goreng diatas sambal dan penyet dengan ulegan pada sambalnya. Sedikit aduk-aduk agar tempe dan sambal menyatu rata. Tempe penyet sudah matang dan siap dihidangkan.
  6. Anda bisa menghidangkan langsung cobek beserta tempe penyet diatasnya. Atau mungkin, silahkan siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan semua tempe penyet diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Masakan Gyudon, Khas Negeri Jepang

Memang benar, mempraktikkan resep tempe penyet sambal kencur cukup mudah. Oleh karenanya, Anda bisa mencobanya sekarang juga untuk dijadikan menu makan siang atau makan malam. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info