Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Greek Yoghurt untuk Camilan Diet Sehat

Membuat Greek Yoghurt untuk Camilan Diet Sehat

Greek Yoghurt (2)

Membuat Greek Yoghurt

Bahan-bahan

  1. 1 kotak susu UHT 1000 ml
  2. 4 sdm yogurt plain atau Greek yogurt

Proses pembuatan yogurt Greek

  1. Proses pembuatan yogurt Greek melibatkan proses filtrasi yang memisahkan cairan whey dari yogurt[1]. Proses penyaringan ini biasanya dilakukan 2 hingga 3 kali atau lebih, sehingga menghasilkan yogurt yang lebih kental dan kental dibandingkan yogurt biasa[1]. Tahap pertama pembuatan yogurt Greek mirip dengan yogurt biasa, yaitu susu dipanaskan dan dicampur dengan kultur starter [2]. Namun pada tahap kedua, yogurt disaring melalui saringan kain steril untuk menghilangkan wheynya [3]. Proses ini menghasilkan lebih banyak protein pada yogurt Greek dibandingkan yogurt biasa.
  2. Penghapusan whey dari yogurt Greek inilah yang memberikan tekstur dan rasa yang berbeda [5]. Proses pengeringan bisa memakan waktu beberapa jam, tergantung konsistensi yang diinginkan [6]. Namun proses penyaringan ini juga mengurangi volume yogurt yang dihasilkan [7]. Untuk membuat yogurt Greek dengan volume yang sama dengan yogurt biasa, mungkin diperlukan hingga 4 gelas susu[8]. Beberapa produsen menambahkan bahan pengental pada yoghurt Greek untuk meningkatkan volumenya. Meskipun demikian, yogurt Greek masih mengandung lebih banyak protein dibandingkan yogurt biasa[10].
  3. Yoghurt Greek adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan[11]. Ini dapat digunakan sebagai pengganti krim asam atau ditambahkan ke smoothie untuk meningkatkan protein[11]. Jika dibandingkan dengan yogurt biasa, yogurt Greek memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu pengelolaan berat badan dan pembentukan otot[12]. Selain itu, yogurt Greek memiliki tekstur lebih kental dan rasa tajam yang disukai banyak orang dibandingkan yogurt biasa. Secara keseluruhan, proses penyaringan yang dilakukan dalam pembuatan yogurt Greek menghasilkan yogurt yang lebih sehat dan kaya protein yang dapat dinikmati dengan berbagai cara.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Susu yang Tepat** – Saat membuat yogurt Greek, penting untuk memulai dengan susu berkualitas tinggi. Susu murni cenderung menghasilkan yogurt yang lebih kental, tetapi Anda juga bisa menggunakan susu 2% atau susu skim. Hindari penggunaan susu ultra-pasteurisasi karena dapat memengaruhi kemampuan yogurt untuk mengeras dengan baik.

Baca Juga :  Sandwich Buah Sehat, dan Lezat, Resepnya Mudah

**Pemanasan dan Pendinginan yang Tepat** – Panaskan susu hingga suhu sekitar 180°F (82°C) untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan dan mengubah sifat protein. Kemudian, dinginkan hingga suhu sekitar 110°F (43°C) sebelum menambahkan kultur yogurt. Kisaran suhu ini sangat penting agar kultur dapat berkembang dan agar yogurt dapat mengeras dengan benar.

**Memilih Budaya Pemula yang Tepat** – Gunakan kultur starter yogurt berkualitas tinggi atau sedikit yogurt Greek yang dibeli di toko dengan kultur hidup dan aktif sebagai starter. Carilah yogurt yang mengandung kultur Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus untuk hasil terbaik.

**Menekan untuk Menjadi Lembut** – Setelah yogurt mengeras, saring melalui kain tipis atau kain muslin untuk menghilangkan sisa whey. Proses ini membantu menciptakan tekstur kental dan lembut yang dikenal dengan yogurt Greek. Semakin lama Anda menyaring yoghurt, yoghurt akan menjadi semakin kental.

**Menyimpan dan Membumbui** – Simpan yogurt Greek yang sudah jadi dalam wadah kedap udara di lemari es. Jika Anda lebih menyukai yogurt beraroma, tambahkan pemanis atau buah setelah yogurt mengeras, karena menambahkan pemanis atau buah selama masa inkubasi dapat mengganggu kemampuan yogurt untuk mengental. Dengan mengikuti praktik terbaik ini, Anda dapat memastikan yogurt Greek buatan Anda menjadi lembut, lezat, dan konsisten setiap saat.

FAQ

Q: Apa itu yogurt Greek dan bagaimana proses pembuatannya? A: Yogurt Greek adalah jenis yogurt yang lebih kental dan kaya akan protein dibandingkan dengan yogurt biasa. Proses pembuatannya meliputi penyaringan yogurt untuk menghapus whey, cairan berwarna kuning yang terbentuk selama proses fermentasi. Proses ini membuat yogurt Greek memiliki tekstur yang lebih kental dan kaya rasa.

Baca Juga :  Resep Bingka Kentang Enak dan Pasti Anda Suka

Q: Apa yang dilakukan dalam proses penyaringan yogurt Greek? A: Proses penyaringan yogurt Greek melibatkan penyalutan yogurt dalam kain khusus atau penyaring yogurt untuk menghilangkan sebagian besar whey. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan tekstur yang lebih kental dan kaya protein.

Q: Mengapa penting untuk menghapus whey dalam pembuatan yogurt Greek? A: Menghapus whey merupakan langkah penting dalam pembuatan yogurt Greek karena hal ini yang membuat yogurt memiliki tekstur kental dan kaya protein. Whey mengandung sebagian besar cairan dan sedikit protein, sehingga menghilangkannya akan menghasilkan yogurt yang lebih kaya rasa dan nutrisi.

Q: Bagaimana perbandingan antara yogurt Greek dan yogurt biasa dalam proses pembuatannya? A: Perbedaan utama antara yogurt Greek dan yogurt biasa terletak pada proses penyaringan. Yogurt Greek mengalami proses penyaringan untuk menghapus whey, sedangkan yogurt biasa tidak melalui proses ini. Akibatnya tekstur dan kandungan protein keduanya berbeda, dengan yogurt Greek memiliki tekstur lebih kental dan kaya protein.

Q: Apakah ada cara lain untuk menghapus whey dalam pembuatan yogurt Greek selain proses penyaringan? A: Selain proses penyaringan menggunakan kain khusus atau penyaring yogurt, beberapa produsen yogurt Greek juga menggunakan proses pengeringan untuk menghapus whey. Teknik ini meliputi pemanasan yogurt untuk menghilangkan sebagian besar cairan, menghasilkan yogurt Greek dengan tekstur kental dan kaya protein.

Referensi : 

1.   Yogurt Biasa dan Greek Yogurt, Bedanya Apa Sih?.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari student-activity.binus.ac.id 

2.   Resep Homemade Greek yogurt oleh vivi.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/resep/5538778-homemade-greek-yogurt 

3.   Greek Yogurt Rendah Lemak Tekstur Kental Dua Bahan.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com 

4.   Beda Greek Yoghurt dengan Yogurt Biasa.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.cnnindonesia.com 

Baca Juga :  Resep Mokbang Jamur Enoki Pedas Yang Viral

5.   Why is whey removed from Greek yogurt?.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.quora.com/Why-is-whey-removed-from-Greek-yogurt 

6.   Cara Membuat Yoghurt Greek: 9 Langkah (dengan Gambar).  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari id.wikihow.com/Membuat-Yoghurt-Greek 

7.   Beda Greek Yoghurt dan Yoghurt Biasa. Mana Yang Lebih ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.femina.co.id 

8.   Perbedaan Greek Yoghurt dan Yoghurt Biasa yang Perlu ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.sayurbox.com/blog/6-perbedaan-greek-yoghurt 

9.   8 Manfaat Greek Yogurt bagi Kesehatan, Baik untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.merdeka.com 

10.   Perbandingan Greek Yogurt dengan Yogurt Biasa.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.medcom.id 

11.   Greek Yogurt: Wasting a-Whey.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari dirt-to-dinner.com/greek-yogurt-wasting-a-whey/ 

12.   Apa Perbedaan Greek Yogurt dengan Yogurt Biasa?.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info