Resep Membuat Ongol Ongol, Jajanan Tradisional yg Menggoda

Membuat Ongol Ongol


Pada umumnya Ongol-ongol diolah dari tepung sagu. Akan tetapi, ada yang membuat ongol-ongol menggunakan bahan singkong. Makanan tradisional ini adalah khas Jawa Barat biasanya dikasih taburan parutan kelapa. Dimana bisa menambah rasa gurih untuk penyajianya, anda dapat membuat ongol-ongol dengan banyak kreasi singkong seperti cokelat dimana Sedap untuk disajikan.

Resep Ongol-ongol


Bahan yang harus disiapkan adalah:

  1. 550 gr singkong yang sudah diparut, kemudian diperas ambil airnya  25 ml.
  2. 26 gr bubuk coklat
  3. 176 gr gula pasir
  4. 260 ml santan kental pakai 1 kelapa
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 1 sachet agar-agar bubuk

Untuk bahan yang dipakai untuk taburan:

  1. 210 gr kelapa yang sudah diparut kasar
  2. 2 lembar pandan
  3. 1/4 sendok teh garam

Langkah mengolah ongol-ongol:

  1. Berikan campur kelapa yang sudah diparut kemudian tambahkan daun pandan, juga garam.letakan di tempat, pengukusan sekitar 15 menit. Sisihkan. 
  2. Ongol-ongol diberi campuran coklat bubuk,  santan, garam, gula pasir, agar-agar. Aduk hingga rata. Tambah singkong yang sudah diparut. Campur lagi.
  3. Menyiapkan loyang 20x20x4 cm, diberi alas plastik. Tuang ongol-ongol ke cetakan. Kukus sekitar 40 menit, hingga matang.
  4. Iris ongol-ongol. Kemudian bolak balik seluruh ke kelapa parut. Siapkan ongol-ongol. Jajanan tradisional pas untuk dimakan ketika sarapan.
Namun karena perkembangan zaman, ongol- ongol sekarang banyak sekali dikreasikan dengan berbagai macam topping salah satunya rasa coklat, durian, selai kacang, strawberry, dan masih banyak topping lainnya. 

Bahkan sekarang ongol-ongol dikreasikan menggunakan tusuk sate ayam. Agar penyajiannya lebih menarik dan bagus. Bahkan sekarang ini ongol-ongol ada yang dijadikan makanan penutup di restoran. Ongol-ongol kini banyak digemari seseorang sebab pengolahannya dikelola dengan banyak kreasi dan rasa yang nikmat. 

Beda sekali dengan ongol-ongol jaman dulu. Sebabnya karena perkembangan zaman ini banyak bahan yang dapat dicampurkan ke ongol-ongol.  Selain itu harga ongol-ongol sangat terjangkau dan juga rasanya enak sekali. Ada cita rasa yang manis gurih yang dapat menjadi camilan.

Sumber referensi:kompas.com

Langganan Surel
Langganan